7 Permasalahan Bayi Prematur di Rumah Anda

7 Permasalahan Bayi Prematur di Rumah Anda
7 Permasalahan Bayi Prematur di Rumah Anda

Di dalam berumah tangga,anak merupakan dambaan setiap pasangan yang baru menikah. kelahiran bayi ada yang normal dan prematur. kelahiran prematur terkadang menimbulkan keresahan dan permasalahan pada  rumah tangga anda.  prematur di definisikan sebagai kelaahiran yang terjadi pada usia kehamilan dibawah 37 minggu (259 hari). kelahiran bayi yang umum biasanya antara 37 – 42 minggu (aterm). sekitar 8% bayi lahir prematur dan penyebabnya sendiri masih belum diketahui secara pasti, tetapi diduga berkaitan dengan kehamilan kembar, terkait kesehatan ibu calon bayi, aktifitas ibu yang berlebihan. serta factor-faktor resiko lainnya.
Bayi yang baru lahir premature akan menimbulkan beberapa masalah mulai dari tingkat kematian yang tinggi sampai keadaan  keadaan fisik yang berat. berat tidaknya masalah yang timbul pada bayi prematur bergantung dari usia kehamilan. semakin prematur bayi dilahirkan (misalnya di bawah 25 minggu kehamilan), maka semakin berat permasalahan yang akan timbul.

Bagaimana Yang disebut dengan bayi prematur?

Bayi prematur diklasifikasikan ke dalam beberapa kelompok  berdasarkan usia kehamilan saat bayi dilahirkan, yaitu :

  • Extremely Preterm Birth: usia kehamilan di bawah 25 minggu
  • Very Preterm Birth : usia kehamilan dibawah 32 minggu
  • Late Preterm Birth : usia kehamilan 34-37 minggu


Ada juga pengelompokan bayi prematur berdasarkan berat badan pada saat dilahirkan, yaitu :


  • Berat badan lahir rendah: bila berat badan saat lahir dibawah 2,5 kg
  • Berat badan lahir sangat rendah: bila berat adan saat lahir dibawah 1,5 Kg
  • Berat badan lahir Sangat-sangat rendah: bila berat badan saat lahir 1 Kg

Pengelompokan bayi prematur berdasarkan usia kehamilan dan berat bdan pada saat lahir ini dibuat untuk memperkirakan berat ringannya komplikasi. semakin muda usia kehamilan dan semakin ringannya komplikasi yang akan timbul nantinya.

Apa saja permasalahan yang timbul pada bayi prematur?

Bayi prematur cenderung mengalami beberapa kompliasi kesehatan seperti :
1.  Hipotermi (suhu tubuh dibawah 35 derajat Celcius), terjadi karena permukaan tubuh bayi prematur luas dan mengakibatkan banyaknya panas tubuh yang hilang
2.   Gangguan saluran cerna, bayi prematur umumnya akan mengalami kesulitan dalam hal minum.
3.   Kuning pada bayi
4.  Gangguan pernafasan seperti respiratory distress Syndrome (RDS). hal ini sering terjadi karena kurang matangnya paru-paru.
5. Gangguan jantung, pada bayi prematur sering didapatkan DAP (Dukus Arteriosus Paten).
6.   Rentan terhadap infeksi
7.   Komplikasi jangka panjang juga dapat terjadi seperti perkembangan yang terlambat, resiko palsi cerebral, gangguan penglihatan dan gangguan pendengaran

Apakah bayi prematur dapat hidup normal?

Dewasa ini perembangan teknologi kesehatan sudah maju sehingga anda tidak perlu khawatir.Bayi prematur diharapkan dapat hidup normal tanpa komplikasi, tentunya dengan bantuan dan pengawasan dari dokter anda. mungkin dalam beberapa bulan pertama kehidupannya, bayi akan diletakkan dalam incubator sampai nantinya dokter memutuskan bahwa bayi sudah dapat hidup normal tanpa bantuan alat apapun.

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan bagikan ke orang lain (share), berkomentar dan baca artikel lainnya… Atau anda bisa gabung di Blog Rumahku Istanaku dengan cara masukkan email anda untuk mendapatkan update gratis artikel terbaru di blog ini terima kasih…

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »