6 Solusi Baking Soda Untuk Peralatan Rumah Anda

6 Solusi Baking Soda Untuk Peralatan Rumah Anda
6 Solusi Baking Soda Untuk Peralatan Rumah Anda

Peralatan dapur merupakan piranti rumah anda yang sering mengalami masalah kebersihan. peralatan dapur yang sering dipakai lalu meninggalkan noda bekas, bahkan bau yang tidak segera hilang. tentu hal ini membuat kepala pening karena peralatan dapur tersebut ketika akan kita gunakan lagi menjadi tidak enak dan tidak sedap dipandang. namun, kita tidak perlu khawatir, karena ada cara yang sederhana yang dapat dilakukan untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan baking soda. Baking soda biasa digunakan dalam campuran adonan kue. berikut 6 (enam) solusi baking soda untuk permasalahan kebersihan peralatan  rumah anda.

1.   Kerak Pada Setrika

Cara menyetrika yang tidak tepat bisa mengakibatkan bagian dasar setrika menjadi gosong. selain itu, kerak ini juga dapat membuat sterika tidak licin dan lengket. Untuk mengatasi hal ini anda dapat menggunakan baking soda
Caranya, Campurkan bubuk baking soda dengan membuat adonan menjadi pasta. lalu lakukan pembubuhan di bagian dasar setrika yang mengalami kerak. tunggu hingga 1 jam, lalu lap dengan kain lembab setelahnya. permukaan setrika pun menjadi licin kembali.

2.   Bau Pada Kotak Makanan

Mencuci kotak makanan jika tidak benar-benar bersih sering kali meninggalkan bau yang tidak sedap di dalamnya. kadang juga sudah dicuci berkali-kali masih saja ada bekas minyak yang tertinggal. masalah ini juga dapat diatasi dengan baking soda.
Caranya, Ambil 3 sendok bubuk baking soda, lalu campurkan dengan air panas dan tutup selama 30 menit. setelah itu kocoklah perlahan dan tunggu kembali hingga 30 menit dan bau pun akan hilang seketika.

3.   Noda Teh Pada Gelas

Teh yang berwarna pekat dapat meninggalkan noda membandel pada cangkir atau gelas. bercak yang tertinggal akan membuat gelas menjadi kusam dan tidak lagi bersih.
Cara Mengatasinya, buat campuran baking soda dengan air, lalu sikat pada noda menggunakan sikat gigi yang berbulu lembut. cara lainnya yaitu dengan mencampur 50 gram baking soda dan 1 liter air, lalu rendam gelas yang bernoda semalaman. noda teh pada gelas pun akang hilang dengan sendirinya.

4.   Panci dan Wajan Menghitam

Peralatan dapur seperti panci dan wajan seringkali menjadi gosong dan bernoda hitam yang sulit dihilangkan.
Cara menghilangkannya, Rendam alat masak menggunakan air yang telah dicampuri bubuk baking soda. jika noda yang tertinggal sangat membandel, anda dapat memanaskan air dengan campuran 2 sendok bubuk baking soda di dalam wajannya selama 15 menit. Bagian bawah panci dan wajan yang menghitam akan kembali mengkilap.

5.   Bau Rokok

Bau rokok di dalam mobil biasanya lama hilangnya. hal ini akan membuat kabin mobil akan menjadi pengap dengan bau rokok yang tertinggal di dalam kabin mobil. hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan jika terhirup terus menerus.
Cara Mengatasinya, Taburkan bubuk baking soda pada bagian dalam mobil lakukan secara berkala sampai bau benar-benar hilang. anda dapat melakukan cara ini selama 2 hari. jangan lupa membersihkan sisa-sisa baking soda setelah bau rokok hilang menggunakan vacuum cleaner.

6.   Noda Pada Microwave

Banyaknya jenis makanan yang kita panaskan dalam microwave bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. bercak noda yang tertinggal pun kadang sulit untuk dihilangkan
Cara mengatasinya, Tuangkan satu sendok bubuk baking soda pada sebuah wadah, lalu campurkan dengan air, kemudian masukkan ke dalam microwave, panaskan selama ± 1- 2 menit. setelah itu, menggunakan spons yang halus, gosok bagian dalam microwave dengan perlahan. microwave akan seperti baru lagi.

Artikel Terkait :

Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… silahkan bagikan ke orang lain (share), berkomentar dan baca artikel lainnya… Atau anda bisa gabung di Blog Rumahku Istanaku dengan cara masukkan email anda untuk mendapatkan update gratis artikel terbaru di bagian paling bawah blog ini terima kasih…

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »