Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

Inilah!! Tinggi Pagar Rumah Anda Yang Ideal


Sahabat Rumahku Istanaku yang berbahagia, Aturan resmi mengenai tinggi pagar rumah sebenarnya tidak ada, sehingganya kebanyakan kita merasa tidak yakin dalam menentukan tinggi pagar yang ideal untuk rumah kira. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menentukan tinggi pagar rumah sehingga pagar rumah dapat dikatakan ideal.
Dalam perencanaan pembuatan pagar rumah ada baiknya anda cari tahu dulu ketentuan atau regulasi Pemerintah setempat ataupun ketentuan yang dibuat oleh pengembang (jika Anda membeli rumah dari developer) tentang pagar rumah yang diperbolehkan atau aturan yang mengatur standarisasi tinggi pagar rumah pas atau ideal
Misalnya, ketika Anda bermukim di perumahan yang mempunyai konsep town house, di sini penggunaan pagar tinggi biasanya dilarang oleh developer. Lagipula ini tidak sesuai dengan konsep keramahan yang diusung oleh konsep townhouse.
Standar tinggi pagar rumah ideal harus juga disesuaikan dengan kebutuhan Anda sebagai pemilik rumah. Jika Anda ingin membangun pagar bertujuan untuk melindungi privasi di rumah, ketinggian pagar rumah anda tentunya harus lebih tinggi dari tinggi rata-rata orang dewasa, sekitar 1,7 meter sampai dengan 1,9 meter
Jika tujuan anda yang ingin mencegah orang yang berniat tidak baik masuk ke dalam rumah, tentunya pagar rumah anda bisa lebih tinggi lagi, berkisar antar 1,8 – 2,5 meter. Tentunya untuk tujuan ini, pagar tersebut perlu treatment tambahan agar lebih aman semisal diberi kawat berduri, listrik dengan tegangan yang tidak mematikan, pecahan kaca, dan lain-lain.
Jika tujuannya untuk mengurangi kebisingan dari arah jalan (seperti rumah di pinggir jalan raya) bukan hanya tingginya pagar rumah yang harus diperhatikan, ketebalan pagar harus juga diperhatikan. Untuk meredam suara, pagar rumah anda sebaiknya dibuat dengan tebal minimal 10 cm dengan ketinggian antara 1,8 meter sampai 2 meter.
Saran bagi Anda yang tinggal di lingkungan Kluster yang tingkat keamanan lingkungannya bagus, anda cukup membuat pagar dengan ketinggian 0,9 meter sampai 1,2 meter atau setara  pinggang orang dewasa. Tetapi saran dari seorang ahli perumahan, tinggi pagar sebaiknya tidak lebih dari 1,5 m ,yang ideal dan pas adalah 1,2 m. Hal lain yang juga perlu menjadi perhatian adalah jika lebar rumah Anda kurang dari 8 meter, maka tinggi pagar anda adalah 1,2 m. Namun, jika lebar rumah Anda di atas 8 m, maka anda bisa menggunakan pagar dengan tinggi hingga 1,5 m.
Nah, dengan tinggi pagar rumah tersebut, itu sudah cukup, karena disamping dapat memberi kenyamanan dan keamanan, namun tidak menghilangkan estetika dari rumah Anda. Coba Bayangkan jika Anda hanya memiliki rumah dengan lebar 8 meter, lalu membuat pagar dengan tinggi 2,5 meter (misalnya), mata orang yang melihat rumah anda benar-benar tidak merasa nyaman.

(sumber:disarikan dari www.archipost.com/tinggi-pagar-rumah-yang-ideal/)

Berikut contoh bentuk pagar rumah anda :
 
Inilah!! Tinggi Pagar Rumah Anda Yang Ideal
Pagar Kayu Tertutup

Inilah!! Tinggi Pagar Rumah Anda Yang Ideal
Pagar Kayu dan Besi Tinggi

Inilah!! Tinggi Pagar Rumah Anda Yang Ideal
Pagar Kayu Semi Terbuka


Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda… JANGAN LUPA!! silahkan bagikan ke orang lain (share), berkomentar dan baca artikel lainnya…semoga dengan anda membagikan artikel ini kepada orang lain anda mendapatkan manfaat dari itu.

Visitor