3 Solusi Masalah Pokok Saat Renovasi Rumah Anda

3 Solusi Masalah Pokok Saat Renovasi Rumah Anda
3 Solusi Masalah Pokok Saat Renovasi Rumah Anda

Sahabat rumahku istanaku, Secara umum, ada 3 (tiga) masalah pokok yang sering muncul saat proses renovasi rumah. Apa sajakah itu dan bagaimana solusi terhadap masalah tersebut?.Rencanakan proses renovasi rumah Anda secara presisi dan cermat. kesalahan walau kecil dapat membuat masalah saat proses renovasi rumah Anda, sehingga dapat menyebabkan biaya mengalami pembengkakan, lebih banyak dari perkiraan biaya awal.

Ada lagi, masalah yang seringkali dihadapi saat proses renovasi rumah adalah salah memilih tukang yang mengerjakan renovasi rumah anda. Selain pembengkakan biaya, kesalahan memilih tukang juga berpotensi membuat proses renovasi tidak bisa dilanjutkan. Jika dibiarkan, ada banyak kerugian yang dapat Anda alami sebagai pemilik rumah, mulai dari biaya membengkak, kenyamanan hidup terganggu, hingga kehidupan sosial yang terusik.

Berikut 3 (tiga) masalah pokok yang sering muncul saat proses renovasi berserta solusinya.

1. Persoalan dengan Tetangga dekat rumah saat renovasi berlangsung

Pengerjaan renovasi rumah tidak hanya mengganggu kenyamanan Anda sendiri dan keluarga, tetangga sekitar pun dapat merasakan hal yang sama. Biasanya, ini terjadi karena faktor kebisingan, peletakan material yang sembarangan, serta debu yang bertebaran di mana-mana saat proses pengerjaan renovasi berlangsing. Tak mengherankan, bila hal ini menimbulkan komplain tetangga.
Solusinya, Anda bisa melakukan pemberitahuan terlebih dahulu ke tetangga sekitar Anda bahwa akan ada kegiatan renovasi rumah di rumah anda. Biasanya, pemberitahuan itu disampaikan kepada Rukun Tetangga (RT) ataupun Rukun Warga (RW) untuk diteruskan ke tetangga sekitar.
Pengerjaan renovasi yang memunculkan kebisingan, usahakan hal tersebut dikerjakan pada pagi dan siang hari. ada lagi, ada baiknya apabila Anda mulai membuat tempat penyimpanan material bangunan, sehingga tidak mengganggu aksessibilitas tetangga sekitar.

2. Terusiknya Kenyamanan Menghuni

Bila proses pengerjaan renovasi sudah mulai dilakukan, Anda akan terganggu dalam beberapa waktu. Pasalnya, pengerjaan renovasi  rumah akan membuat rumah menjadi kotor, bising, berantakan, dan lain sebagainya.
Supaya Anda dan keluarga tetap memperoleh kenyamanan, solusinya adalah pindah sementara ke rumah sewaan atau rumah orang tua. Memang hal tersebut akan mengembalikan kenyamanan sementara untuk tinggal di rumah. Kekurangannya, hal tersebut menuntut Anda mengeluarkan dana berlebih untuk melakukan pindahan sementara
Adapun demikian, sebenarnya ada cara lain yang dapat Anda lakukan. Pilihannya adalah Anda dapat melakukan proses pengerjaan renovasi rumah secara bertahap, sehingga Anda masih memiliki ruang-ruang lain di dalam rumah untuk tetap bisa dihuni.

3. Pemilihan Tukang yang profesional

Pemilihan tukang yang benar dapat menentukan hasil akhir dari proses pengerjaan renovasi rumah yang Anda jalani. Bila Anda salah memilih tukang, pekerjaan renovasi rumah akan berakhir tidak memuaskan, entah dari segi kualitas ataupun dari segi pembengkakan biaya. Agar tak terjadi hal demikian, upayakan teliti saat akan mempekerjakan tukang.
Anda sebagai pemilik pekerjaan renovasi rumah dapat membuat kontrak yang tegas dan jelas dengan para tukang, terutama yang berkaitan dengan upah, waktu, kecepatan kerja, dan kualitas dari hasil yang dikerjakan. Lebih bagusnya lagi, Anda ikut terjun langsung mengawasi kinerja tukang agar semua berjalan sesuai dengan keinginan  Anda.

Semoga bermanfaat…. jangan lupa share ya… semoga anda menjadi manfaat bagi teman dan kolega anda..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »