3 Syarat Penting KPR Rumah Bagi Wiraswasta

3 Syarat Penting KPR Rumah Bagi Wiraswasta
3 Syarat Penting KPR Rumah Bagi Wiraswasta


Sahabat Rumahku Istanaku yang baik, anda perlu tahu bahwa KPR tidak hanya untuk orang yang punya penghasilan tetap, Wiraswasta yang penghasilannya fluktuatif pun bisa kok mengambil KPR Rumah. perhatikan syarat-syarat pentingnya. Memiliki rumah sendiri merupakan kebutuhan setiap orang. Memang, saat ini tak murah untuk memiliki rumah milik sendiri. Apalagi, Anda harus membayar tunai uang muka di depan dengan jumlah yang cukup besar.
Berat rasanya jika harus membeli rumah secara cash. Untungmya, semua bank baik bank BUMN maupun Bank Swasta membuka Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sehingga dapat membantu mereka mewujudkan mimpi setiap orang untuk memiliki rumah.
Namun, bagi Anda yang berprofesi sebagai wiraswasta, membeli rumah dengan skim KPR Rumah  tidak semudah dibandingkan dengan mereka yang bekerja di instansi-instansi pemerintah atau perusahaan swasta. Bahkan, banyak orang yang merasa kesulitan membeli rumah karena salah satu persyaratan KPR harus menyertakan slip gaji bulanan.
Kini, Anda tidak perlu khawatir. Ada KPR rumah yang diperuntukkan bagi Anda yang bekerja sebagai berpenghasilan tidak tetap atau wiraswasta. pengajuannya mudah, satu hal yang harus diperhatikan adalah kondisi pendapatan Anda haruslah stabil minimal tingkat fluktuasinya tidak terlalu tajam. Lalu bagaimana dengan profesi wiraswasta yang pendapatannya tak stabil?
  • Penuhi Persyaratan Umum Yang Diminta Bank

Calon Debitur yang mengajukan KPR Rumah haruslah WNI yang memiliki batas usia minimum yakni 21 tahun. Selain itu, syarat umum lain seperti fotokopi KTP beserta pasangan anda jika Anda sudah menikah, fotokopi Kartu Keluarga, salinan surat nikah ataupun surat cerai bila Anda sudah berpisah, salinan fotokopi buku tabungan 3 bulan terakhir, serta pas foto pemohon & pasangan anda.
Jangan lupa, lampirkan juga surat-surat rumah, seperti Surat Hak Guna Bangun (SHGB), Surat Hak Milik (SHM), dan terakhir Izin Mendirikan Bangunan (IMB) terutama bagi Anda yang membeli rumah second. Sebenarnya hal apa yang Anda harus sertakan di atas berlaku untuk semua pemohon KPR, dari profesional pegawai, hingga wiraswasta.
  • Penuhi Juga Syarat Khusus yang diminta Bank

Jika mempunyai profesi sebagai pegawai, umumnya bank akan meminta slip gaji 3 bulanan terakhir Anda. Namun berbeda dengan wiraswasta, bank akan meminta laporan keuangan usaha anda. Selain itu, laporan keuangannta harus melampirkan laporan neraca laba-rugi usaha. Selain berkutat kepada laporan keuangan, ada surat-surat yang berkaitan usaha yang dijalankan juga harus dilampirkan.
Beberapa aspek legalitas usaha yang harus ada ketika mengajukan KPR Rumah antara lain.
1. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
Yakni surat izin yang dikeluarkan dinas perijinan setempat terkait izin untuk seseorang atau sebuah badan agar dapat melaksanakan usaha perdagangan.
2. Tanda Daftar Perusahaan Kecil dan Besar (TDP)
TDP merupakan bukti sebuah badan usaha yang Anda kelola telah terdaftar sesuai dengan UU No. 3 Tahun 1982 tentang wajib daftar perusahaan. Semua bentuk usaha wajib memiliki TDP, kecuali bagi usaha kecil yang mana pegawainya adalah anggota keluarga sendiri atau usaha yang tidak lebih dari 5 orang.
3. Akta Pendirian Perusahaan jika berbentuk CV atau PT
Akta Pendirian ini berisikan tentang kesepakatan tertulis yang berisi profil perusahaan yang dibuat oleh pendiri perusahaan dengan notaris, dan disertai saksi-saksi. Gunanya, untuk memberikan status kepemilikan perusahaan, agar ke depannya tak terjadi hal yang tak diinginkan.
4. Surat Izin tempat Usaha Perdagangan (SITU)
SITU merupakan surat yang menjelaskan badan usaha yang Anda kelola tidak menimbulkan bahaya, gangguan, atau bahkan kerusakan lingkungan.
  • Faktor penting lainnya adalah Umur Usaha

Faktor lain diluar pemenuhan persayaratan umum dan khusus yang diminta bank kepada Anda. Faktor lain yang dilihat adalah umur usaha yang Anda kelola. Beberapa bank menentukan batas minimum untuk mengajukan KPR Rumah ketika umur usaha yang dikelola sudah berdiri 1 tahun. Ada juga bank yang memiliki batas minimum pengajuan KPR Rumah ketika badan usaha berumur 2 tahun.
KPR Rumah akan mudah cair asalkan persyaratan terlah terpenuhi, surat izin dan laporan keuangan lengkap, Jika sudah terpenuhi, bukan hal yang mustahil bagi wiraswata untuk memiliki rumah impian anda.

Semoga bermanfaat… jangan lupa Share ya…  semoga anda menjadi manfaat bagi teman dan kolega anda.

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »