4 Solusi Ketika Gempa Bumi Terjadi Saat Berada di Dalam Rumah

4 Solusi Ketika Gempa Bumi Terjadi Saat Berada di Dalam Rumah
4 Solusi Ketika Gempa Bumi Terjadi Saat Berada di Dalam Rumah

Sahabat Rumahku Istanaku yang budiman. Gempa Bumi saat ini sering melanda Negara Kita, Karena Negara kita berada pada lempeng Pasifik.Berbeda dari banjir atau badai, gempa bumi pada  terjadi tanpa adanya peringatan dan disusul dengan sejumlah gempa susulan yang lebih lemah getarannya dari gempa utama. Oleh Karena itu, tak mengherankan jika banyak penghuni rumah tidak sigap dan tidak siap menghadapi gempa ketika ia sedang berada di dalam rumah.
Untuk menghadapi gempa bumi, sesungguhnya ada 4 solusi atau cara yang dapat Anda lakukan. Terlebih ketika Anda sedang berada di dalam rumah. Berikut solusinya !

1. Segera Cari Tempat Perlindungan

Gempa bumi kecil dapat berubah menjadi gempa bumi besar dalam hitungan seken. Oleh karena itu, jangan tunda segera cari tempat perlindungan yang aman, seperti di bawah meja yang kokoh atau kasur. Anda tidak dianjurkan untuk berlindung di tempat yang dekat dengan piranti bahan kaca, kaca jendela, pintu, dinding, ataupun benda yang tergantung di atas plafon karena rawan pecah dan kejatuhan barang-barang tersebut

Apabila Anda tidak mempunyai kesempatan berlindung di tempat seperti kriteria di atas, tutupi wajah dan kepala dengan kedua lengan dan meringkuklah di sudut dalam bangunan dan menjauhlah dari pintu.

2. Rendahkanlah Badan Anda dan Berlutut

Ketika gempa bumi terjadi, segeralah berlutut dan merendahkan badan Anda. Metode ini dianjurkan oleh Federal Emergency Management Agency (FEMA) dan Palang Merah Amerika ketika menghadapi gempa bumi di dalam ruangan.

3. Tetaplah berada di Dalam Ruangan hingga Guncangan Berhenti

Menurut penelitian yang ada, umumnya penghuni rumah cidera akibat berusaha pindah ke tempat lain di dalam bangunan atau mencoba keluar saat gempa terjadi. Apalagi ia tinggal di tempat umum, seperti apartemen contohnya.

Jika kondisi sudah memungkinkan, berjalanlah keluar jangan berlari. Berkumpul di tempat yang jauh dari kabel listrik, bangunan, atau rekahan tanah. Jika Anda mempunyai kesempatan, usahakan untuk menggunakan tangga darurat daripada lift. Sebab, umumnya listrik akan otomatis padam dan membuat Anda terjebak di dalam lift.

3. Saat Gempa Terjadi Anda Berada di Tempat Tidur, Tetaplah di Sana

Jika anda di tmpat tidur saat gempa terjadi, Berpegangan dan lindungilah kepala Anda menggunakan bantal ataupun guling. Terkecuali apabila Anda berada di bawah benda-benda yang rawan ambrol, seperti lampu gantung dan sebagainya. Jika demikian, pindahlah ke tempat lebih aman yang terdekat. Misalnya, berlindung di bawah tempat tidur dan menutupi kepala Anda dengan bantal/guling sebagai proteksi tambahan pada kepala anda.

4 (empat) Cara ini dapat harus dilakukan ketika menghadapi gempa bumi. Paling tidak, cara ini akan meminimalisir kemungkinan cidera bagi Anda. Semoga bermanfaat!

(sumber: disarikan dari www.rumahguide.id/tips/ini-cara-menghadapi-gempa-bumi-ketika-berada-di-dalam-rumah/)

Semoga Bermanfaat bagi anda…jangan lupa SHARE ya..
untuk dapat update dari kami klik suka halaman di Fanspage Desain Rumah Minimallis

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »