4 Solusi Masalah Material Bangunan Untuk Pembangunan Rumah

4 Solusi Masalah Material Bangunan Untuk Pembangunan Rumah
4 Solusi Masalah Material Bangunan Untuk Pembangunan Rumah

Sahabat Rumahku Istanaku, Material Bangunan merupakan salah satu komponen utama yang harus dipikirkan selain komponen tukang ketika proses pembangunan rumah. Umumnya, ada 4 masalah yang seringkali ditemui saat membangun rumah.
Saat ini, kebanyakan orang masih menganggap enteng perihal material bangunan. Padahal, sudah banyak masalah pada pembangunan rumah yang diakibatkan dari kesalahan dalam perihal material bangunan. Oleh karenanya, sebaiknya Anda sudah lebih mencermati masalah yang sudah ada sebelumnya.
Agar  anda tidak memiliki masalah yang sama, terdapat beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan terkait material, yaitu pemilihan jenis dan ukuran material bangunan, perhitungan secara mendetail, sistem pembeliannya, serta penyimpanan yang aman material-material bangunan. Untuk lebih jelasnya, Anda berikut solusi dan masalah tentang material bangunan

Memilih Jenis dan Ukuran Material Bangunan

Masalah yang seringkali ditemui kala membangun rumah adalah ketika menetapkan jenis serta ukuran material bangunan. Hal tersebut terjadi ketika pemilihan jenis dan ukuran material yang tidak sesuai dengan perkiraan semula. Umumnya, hal tersebut terjadi lantaran ketersediaan stok material dan belum tersedia atau material yang Anda perlukan jarang dipakai atau awam.
Solusinya, lakukan perencanaan material secara mendetail harus dilakukan sebelum proses pembangunan dilakukan. Agar kejadian-kejadian di atas tak menerpa Anda. sebaiknya dalam perencanaan tersebut anda didampingi oleh ahli bangunan

Perhitungkan Material Bangunan secara Mendetail

Dalam proses pembangunan rumah, hal-hal yang tak diinginkan terjadi dan membuat pembiayaan yang Anda sudah hitung sebelumnya membengkak dari yang sudah diperkirakan. Ketika menyusun rencana anggaran biaya (RAB), ada baiknya biaya tak terduga tetap dicantumkan dalam nominal perkiraan, guna meminimalisir kemungkinan penambahan biaya material.
Solusinya, Perbanyaklah referensi harga dari banyak toko bangunan untuk mendapatkan perbandingan harga dan kualitas yang beragam. Hal ini bertujuan agar Anda bisa menyesuaikannya dengan material bawaan konsep desain yang telah dirancang sebelumnya.

Sistem Pembelian Material

Kebanyakan Anda bingung menentukan sistem pembelian material. Apakah harus beli grosir ataukah eceran? Nah, membeli material bangunan secara menyeluruh, karena sudah terbentuk dalam paket-paket tersendiri, alangkah baiknya menggunakan sistem grosir. Dengan begitu, harga material yang Anda peroleh pun jauh lebih murah. Selain itu, efisiensi waktu pun bisa Anda dapatkan dari sistempembelian ini. Sebaliknya, apabila material bangunan yang Anda pilih tidak berbentuk paket ataupun material-material yang jarang digunakan, Anda baiknya Anda menggunakan sistem eceran per material bangunan.

Penyimpanan Material Bangunan

Jika anda pernah melakukan renovasi rumah, Anda mungkin pernah mengalami kehilangan material kala proses renovasi atau pembangunan. Kehilangan material bangunan tandanya Anda rugi baik dari struktur konstruksi, lama pengerjaan, ataupun biaya pembangunan. Kasus ini pun dapat menimbulkan kecurigaan kepada tetangga sekitar
Solusinya, Anda perlu memberikan tempat penyimpanan material bangunan yang khusus. Misalnya, luangkan di salah satu pojokan rumah untuk jadi tempat penyimpanan. Material Bangunan tersebut dapat Anda letakkan di pojokan lahan yang tersembunyi itu. Untuk meningkatkan keamanan, Anda juga bisa menutupi area penyimpanan material tersebut dengan triplek ataupun material sejenis lainnya.

Semoga bermanfaat… silahkan di bagikan ya… semoga menjadi manfaat juga bagi orang lain.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »