Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

4 Tips Jitu Beli Rumah Sesuai Kebutuhan

4 Tips Jitu Beli Rumah Sesuai Kebutuhan
4 Tips Jitu Beli Rumah Sesuai Kebutuhan

Sahabat Rumahku Istanaku, apabila Anda merencanakan pembelian rumah, pasti Anda akan dihadapkan banyak pilihan macam rumah. Menentukan rumah pilihan yang tepat untuk Anda tentu bukan sesuatu yang gampang. Perlu melakukan berbagai pertimbangan sebelum akhirnya membeli rumah idaman anda. Salah satu pertimbangan yang diperlukan adalah mempertimbangkan kebutuhan anda. Anda harus bertanya pada diri maupun keluarga Anda, rumah seperti apa yang dibutuhkan?
Pembelian rumah yang sesuai kebutuhan tentu akan memudahkan Anda baik saat ini maupun di masa yang akan datang untuk menghuni atau merenovasinya. Membeli rumah yang sesuai kebutuhan juga akan mengurangi beban biaya yang dibutuhkan. contoh, jika Anda mengetahui jumlah kamar yang Anda butuhkan, maka Anda tidak butuh melakukan perubahan di masa mendatang. Jadi, ini dia ada 4 Tips pertimbangan yang perlu Anda pikirkan sebelum melakukan pembelian rumah.
  • Anggaran Dana Pembelian

Ketersediaan Anggaran Dana tentu jadi pertimbangan yang utama sebelum melakukan pembelian rumah. Jangan sampai harga rumah impian yang hendak Anda beli terlampau jauh dari jumlah anggaran yang Anda siapkan. Meski membeli dengan cara cicilan atau KPR, perhitungkan juga besaran cicilan yang harus Anda bayarkan. Bandingkan dengan pendapatan Anda. Jangan sampai besar pasak daripada tiang!
  • Jumlah Anggota Keluarga Anda

Rumah merupakan tempat berkumpulnya anggota keluarga. makin banyak anggota keluarga maka idealnya makin besar juga luas rumah yang anda butuhkan. Bila Anda pasangan baru tanpa anak, rumah dengan 1 sampai 2 kamar tentu ideal. Tapi bila Anda sudah memiliki anak lebih dari 2, maka pertimbangkan untuk membeli rumah dengan kamar yang lebih dari 2 atau setidaknya mempunyai lahan kosong yang cukup membangun kamar lagi. Untuk mensiasatinya, Anda bisa memilih rumah dengan lokasi yang agak mlipir dari pusat keramaian. Rumah di daerah sub urban umumnya memiliki lahan yang lebih luas namun dengan harga yang lebih bisa dijangkau dengan anggaran anda.
  • Perhatikan Fasilitas Sekitar Rumah Anda

Sebelum melakukan pembelian rumah, Anda harus memperhatikan fasilitas yang tersedia di sekitar rumah yang hendak Anda beli. Jika Anda sudah memiliki anak, pertimbangkan apakah di sekitar rumah anda terdapat sekolah yang sesuai. Fasilitas ini juga mencakup ketersediaan transportasi dari rumah dan menuju rumah Anda. Jika Anda tidak memiliki kendaraan sendiri, maka ketersediaan angkutan umum sangat perlu dipertimbangkan.
  • Perhatikan Rencana Jangka Panjang Anda Terhadap Rumah Anda

Anda dan keluarga anda tentu sudah memiliki rencana jangka panjang terkait rumah yang akan dibeli. Bila Anda memiliki pekerjaan yang mengikat sewaktu-waktu anda harus pindah ke luar daerah, maka rencanakan lah sejak awal. Rencana ini bisa dilakukan dengan membeli rumah di daerah yang berkembang di masa mendatang, sehingga saat Anda memang harus pindah, Anda bisa dengan mudah menjual rumah tersebut atau menyewakannya kepada orang lain dengan harga yang pantas.

Semoga bermanfaat… silahkan di Share ya… Semoga juga bermanfaat bagi teman dan kolega anda

Visitor