Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

5 Solusi Bijak Penghematan Air di Rumah Anda

5 Solusi Bijak Penghematan Air di Rumah Anda
5 Solusi Bijak Penghematan Air di Rumah Anda

Sahabat Rumahku istanaku yang budiman ada pepatah “Air adalah sumber kehidupan” benar adanya. Bayangkan saja jika kita mengalami krisis penyediaan air. Anda tidak bisa mandi, mencuci, memasak, menyiram tanaman, dan beragam aktivitas lainnya. Mengerikan, bukan?
bukan hanya itu, kebutuhan air juga diperlukan oleh tubuh kita. Jika tidak, kita akan mengalami dehidrasi dan lama-kelamaan bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Kendati demikian, keberadaan air seringkali dimanfaatkan sesuka kita Padahal suatu saat, air khususnya air bersih, bisa menjadi langka, jika kita tidak melakukan penghematan terhadap penggunaannya.
Untuk penghematan air bersih, tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Lewat hal kecil dan mudah, yang bisa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, kita bisa berkontribusi untuk ketersediaan air hingga masa mendatang.
Nah, berikut 5 solusi penghematan air yang bisa Anda terapkan di rumah anda.

Gunakan Kembali Air Bekas untuk Menyiram tanaman

Air limpasan dari bak cuci piring, mesin cuci dan kamar mandi disebut juga air bekas (grey water). Air limpasan tersebut dapat Anda olah sehingga dapat digunakan kembali untuk menyiram tanaman di taman. Tanah berfungsi sebagai sistem saringan alami untuk bahan-bahan pencemar yang berukuran kecil.

Pikirkan Lagi Sebelum Melakukan Penyiraman Tanaman

Untuk cuaca saat ini, Jakarta dan sekitarnya khususnya dan daerah di Indoneia pada umumnya seringkali diterpa hujan. Bila sudah begitu, Anda tak perlu menyiram tanaman lagi. Tunda dahulu atau kurangi aktivitas tersebut saat musim hujan datang.

Bijaksana dalam hal cuci mencuci

Untuk menghemat air dan juga hemat dalm pemakaian listrik, jangan operasikan mesin cuci dengan muatan cucian yang sedikit. Sebaiknya kumpulkan dahulu pakaian yang akan dicuci hingga mencapai jumlah maksimal muatan mesin cuci.  Setelah itu, lakukan proses pencucian.

Batasi Air dalam Tangki Kloset

Kebanyakan kloset akan tersiram secara efektif walaupun dengan menggunakan sedikit air. Dengan meletakkan batu kerikil atau botol yang diisi air ke dalam tangki kloset, Anda akan membatasi jumlah air siraman. Ini akan membuat Anda melakukan penghematan air yang cukup signifikan

Cek Keran atau ada pipa yang Bocor

Lakukan pemeriksaan keran air  dan pipa air di rumah Anda, jangan sampai terjadi kebocoran di sana. Kebocoran pada keran umumnya terjadi akibat cincin karetnya sudah mengeras dan retak. Bila sudah begitu, lakukan pembelian cincin karet yang baru. Anda tidak perlu khawatir ini akan menguras dompet Anda, karena harganya tidak mahal dan pemasangannya pun terbilang mudah.

 (sumber : www.rumahguide.id/tips/5-langkah-bijak-menghemat-air-di-rumah/)

Semoga bermanfaat…. jangan Lupa Share ya….

Visitor