5 Solusi Furnitur Kayu Rumah Anda Awet

5 Solusi Furnitur Kayu Rumah Anda Awet
5 Solusi Furnitur Kayu Rumah Anda Awet

Sahabat Rumah Istanaku, perawatan material dari alam seperti kayu tentu saja tidak semudah merawat furnitur dari bahan buatan manusia seperti plastik. Namun tak usah cemas, 5 solusi berikut ini bisa buat furnitur kayu rumah anda menjadi awet. Agar furnitur kayu anda tetap tampil menarik seperti baru, sayangilah furnitur kayu di rumah Anda. Perawatan furniture rumah, terutama yang mempunyai bahan kayu, sebenarnya gampang-gampang susah. Tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga dan biaya. Ikuti saja 5 solusi di bawah ini.

Pertama. Ingatlah selalu di benak Anda bahwa air adalah pantangan furnitur kayu. Jika ada air yang tumpah di atasnya, segera lakukan pembersihan. Jika tidak bisa segera dikeringkan, dapat  menimbulkan noda seperti putih-putih. Apalagi jika air sudah mencapai lapisan kayunya, bisa membuat kayu melengkung dan mengelupas yang akhirnya membikin furniture anda tidak tahan lama.

Untuk mencegah kejadian terkena air, beri tatakan di bawah barang-barang yang basah seperti gelas atau vas bunga. Jika ada cairan yang tercecer, segera serap dengan tisu atau lap kering (tapi jangan digosok).

Kedua. Hindari menggunakan air  atau cairan untuk membersihkan furnitur dari kayu Karena  bisa mengikis pelapis kayu. Untuk perawatan sehari-hari, cukup bersihkan perabot menggunakan spons atau kain lap lembut. Jangan menggunakan kain lap yang sangat kering atau lap bulu ayam karena kedua alat itu bisa menggores furniture anda.

Ketiga. Agar lay out tetap terjaga, usahakan 2-3 hari hari sekali untuk membersihkan furniture kayu anda. Anda bisa menggunakan bahan pembersih furniture kayu yang banyak tersedia di pasaran.

bahan pembersih ini ini tersedia dalam berbagai jenis. Ada yang khusus untuk  yang mengkilap dan ada pula yang diberi lapisan anti-Ultra Violet untuk furnitur yang diletakkan di luar ruangan misalnya di teras. Nah, belilah sesuai kebutuhan Anda.

Keempat. Tentukan finishing sesuai dengan tempat Anda meletakkan furnitur. Perlu Anda ketahui bahwa kebanyakan finishing furnitur tidak tahan bila terkena sinar matahari secara langsung. Bila ia terkena sinar matahari langsung, furnitur bisa terlihat buram dan warnanya lebih kusam. 

Kelima. Sebaiknya, untuk meminimalisir terkena tetesan air letakkan furnitur jauh dari sumber yang bisa menimbulkan dingin atau panas, seperti pemanas dan Air Conditioner.  Selain itu, jangan meletakkan benda-benda yang terlalu panas atau pun terlalu dingin di atas furniture rumah Anda. Perbedaan kelembapan yang terlalu tinggi untuk waktu lama bisa membuat retak atau mengelupas dan perubahan bentuk pada bagian tertentu.

Semoga bermanfaat.. silahkan di SHARE ya… semoga anda menjadi manfaat bagi teman dan kolega anda

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »