5 Solusi Keamanan Rumah Anda


5 Solusi Keamanan Rumah Anda
5 Solusi Keamanan Rumah Anda
Sahabat Rumahku istanaku yang budiman, Tidak dapat dihindari, keamanan rumah menjadi hal penting yang harus diperhatikan semua orang agar tinggal lebih nyaman dan aman di dalam rumah. Lantas, bagaimana solusi rumah agar tetap aman?
Baru-baru ini, terjadi kasus kejahatan yang terjadi di rumah keluarga (Alm) Ir Dodi Triono, di Kawasan Pulomas, Jakarta Timur, bisa jadi bahan pembelajaran bagi anda terkait bagaimana tingkat keamanan rumah kita
Para Pelaku pembunuhan sadis dan perampokan yang sudah memiliki niat untuk melakukan aksi kejahatan, seakan dipermudah dengan kondisi pintu rumah yang lupa ditutup atau digembok. sehingga terjadilah kejadian tragis itu. semoga pihak berwajib dapat menuntaskan kasus tersebut. aamiin…
Hikmahnya untuk kita semua, agar kasus tersebut tidak terjadi lagi dan dapat diminimalkan berikut ini 5 solusi keamanan rumah yaitu:
1. Bagi Anda yang mempunyai rumah berhadapan langsung dengan jalan utama atau jalan raya, Anda wajib menambahkan elemen pagar pada area fasad yang berfungsi sebagai pengamanan rumah yang pertama.

Andy Rahman, seorang arsitek dan pemilik konsultan desain Andy Rahman Architect, memaparkan bahwa tinggi pagar ideal untuk rumah yang berbatasan dengan jalan utama minimalnya mempunyai ketinggian 180cm.

 “Tips Agar rumah semakin aman, desain pagarnya harus membuat orang sulit untuk naik atau loncat,” tambah Andy. Misalnya, meminimalisir lubang pada pagar yang dapat dipergunakan sebagai pegangan atau pijakan orang untuk melompat ke dalam rumah anda.


2. Setelah pagar rumah anda tingginya ideal, jangan lupakan untuk menambahkan gembok atau pengaman lainnya pada pintu pagar rumah anda. Ya, pagar yang bagus dan cantik akan hilang fungsi keamanannya jika tidak digembok atau gemboknya tidak difungsikan. Ini yang terjadi pada kasus Pulomas, Jakarta Timur yang lupa untuk digembok.

“Saya tak tahu alasannya tidak digembok. Tetapi, beberapa kasus yang saya temui, selain lalai, orang sengaja tak menggembok pintu karena mereka merasa direpotkan membawa kunci gembok yang banyak. Coba Anda bayangkan, satu gembok satu kunci. Jika Anda merasa begitu, Anda bisa memilih kunci master key,” ucap Ivan Widjaja, Product Manager Solid Gradino.


Agar tak merusak tampilan rumah, Anda bisa memilih gembok yang desainnya selaras dengan konsep rumah secara keseluruhan. Misal, jika rumahnya modern, pilih gembok berdesain terbaru dan moderen juga. “Jangan khawatir, apapun model rumahnya, desain gembok terkini, jenisnya sudah banyak dan bervariasi” ucap Ivan Widjaja.

3. Tambahkan CCTV (Circuit Closed Tele Vision)

Kapolri Jenderal Polisi, Tito Karnavian, sangat  mengapresiasi kinerja Polda Metro yang cepat menangkap pelaku perampokan di Pulomas karea rumah tersebut ada CCTV-nya. Dikutip dari kompas.com, untuk meningkatkan keamanan digital, Tito meminta agar seluruh daerah memasang alat CCTV yang tersambung dengan sistem pengamanan milik pemerintah.

CCTV di rumah ini bisa memantau aktivitas rumah baik Anda sedang berada di dalam rumah maupun di luar rumah. Tak hanya itu, CCTV juga bisa mendeteksi siapa saja yang masuk ke dalam rumah, seperti kasus Pulomas.
Untuk lokasinya, Anda bisa menaruh di tempat strategis, misal CCTV di depan pintu masuk pagar dan di area ruang tamu atau keluarga.


4. Tambahkan Lampu Pintar

Salah satu rumah yang paling sering diincar penjahat adalah kondisi umah yang sering mati lampu saat malam atau lampu menyala terus saat siang. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat mengubah lampu rumah Anda ke lampu pintar, seperti lampu pendeteksi cahaya atau lampu yang bisa diatur dari jarak jauh
 “Inovasi di bidang lampu tak hanya membuat tampilan rumah Anda jadi lebih berwarna karena pengaturan warna lampu, tetapi juga dapat memberi fungsi lain, seperti keamanan. Anda bisa menyalakan lampu dari manapun, baik luar kota maupun luar negeri. Walau ditinggal pergi, rumah Anda pun serasa berpenghuni,” ucap Astrid Ramli, Head of Marketing Communications PT Philips Indonesia.

5. Titipkanlah rumah anda kepada Tetangga

Jika Anda hendak pergi meninggalkan rumah anda dalam tempo singkat atau tempo yang lama, sebaiknya Anda menitipkannya dengan tetangga terdekat. Atau, Anda menitipkannya dengan petugas keamanan sekitar. Oleh karena itu, memiliki komunikasi yang baik dengan tetangga, menjadi sebuah kewajiban.

Semoga bermanfaat… jangan lupa SHARE ya.. Semoga anda menjadi manfaat bagi kolega dan teman anda… trims

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »