Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

5 Tips Jitu Memilih Properti Rumah Yang Mudah Dijual

5 Tips Jitu Memilih Properti Rumah Yang Mudah Dijual
5 Tips Jitu Memilih Properti Rumah Yang Mudah Dijual

Sahabat Rumahku Istanaku, Saat ini banyak pihak bermain dengan properti. Bisnis di dunia properti merupakan sebuah prospek yang menjanjikan untuk menambah jumlah rekening tabungan Anda. Namun, semua itu juga perlu taktik dan trik agar usaha Anda dapat sukses dan mendapatkan keuntungan.
Meskipun demikian, Anda sebagai pemain properti rumah tak boleh terlena oleh kabar-kabar menggiurkan dari bisnis properti ini. Ada beberapa faktor yang sebenarnya harus Anda perhatikan, bila ingin bergelut di bidang ini. Terutama bagi Anda yang masih memulainya.
Jika Anda “bermain” di bisnis properti ini, prinsipnya Anda cuma perlu memilih properti yang menguntungkan serta mudah dilakukan penjualan dan mudah laku. Lantas, bagaimanakah caranya? Berikut 5 Tips Jitunya

1.   Properti Harus Sudah  Mempunyai Berserfitikat IMB

Properti yang bersertifikat IMB (Izin Mendirikan Bangunan) merupakan syarat yang paling dasar memulai bisnis properti ini Sebagai pembeli, pastinya Anda ingin tahu apakah rumah yang Anda tempati memiliki izin bangunan atau tidak karena pembeli tidak mau repot dikemudian hari. Nah, maka dari itu mintalah salinan surat-surat kepemilikan tersebut sebelum melakukan penawaran kepada penjual.

2.   Properti Tidak dalam Keadaan Sengketa

Sebagai pembeli, tentu Anda akan malas bila properti yang akan dibeli sedang dalam kasus sengketa. Sama halnya ketika Anda menjadi seorang investor. Sebelum membeli properti, sebaiknya diperiksa terlebih dahulu apakah properti yang akan anda beli tersebut berada dalam kasus sengketa atau tidak. Memang agak sulit jika pemilik menutup-nutupi. Maka dari itu, kumpulkan informasi sebanyak mungkin terhadap properti yang akan anda beli untuk dijual kembali.

3.   Harga Beli Properti di Bawah Harga Pasaran

Terdapat beberapa cara yang dilakukan untuk menemukan properti yang dijual. Bisa informasi dari media massa, survei langsung, media social internet, broker, bank, notaris, dan lainnya. Kata kuncinya rumah dijual murah biasanya disertai dengan kata, bu cpt (butuh uang cepat), dijual di bawah NJOP, dijual berikut furniture di dalamnya, segera pindah LN (luar negeri), dan lain-lain.
Pokok dari bisnis ini sebenarnya sangatlah sederhana, Anda membeli properti yang murah dan legalitasnya jelas namun dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan harga pembeliannya. Maka dari itu, belilah properti yang di bawah harga pasaran.

4.   Lokasi Properti Strategis dan Kondisi Bangunan dalam Keadaan Baik

Tentu properti dengan kriteria seperti ini, harga jual properti akan tinggi. Siapa yang tak mau punya properti dengan lokasi yang strategis dan kondisi bangunan yang baik? Kendati demikian, jika Anda menemukan properti dengan kondisi bangunan jelek, tapi lokasinya strategis, maka properti itu bisa dilakukan pembelian. Karena, lokasi yang bagus akan meningkatkan harga sewa, hanya perlu perbaikan sedikit maka harga akan naik

5.   Properti  tidak dekat dengan SUTET, Makam, atau SPBU

Lokasi-lokasi di atas biasanya dijauhi oleh calon pembeli. Hal tersebut terkait dengan kenyamanan dan keamanan calon penghuni properti nantinya. Usahakan properti tersebut berada di dekat akses jalan besar. Atau setidaknya mobil bisa masuk di lokasi properti.
Semoga bermanfaat… jangan lupa SHARE ya… semoga juga menjadi manfaat bagi orang lain

Visitor