6 Tips Jitu Agar KPR Rumah Anda Disetujui Bank

6 Tips Jitu Agar KPR Rumah Anda Disetujui Bank
6 Tips Jitu Agar KPR Rumah Anda Disetujui Bank


Sahabat rumahku istanaku yang berbahagia, biasanya ketika kita mengajukan KPR tidak selamanya berjalan mulus. Sebelum bank menyetujui pengajuan KPR, Anda harus melewati beberapa tahap. Ini tips agar KPR Anda disetujui.
Tahap on the spot bank salah satunya. Umumnya, pengajuan KPR yang ditolak oleh bank karena bank menilai calon peminjam atau calon debitur tersebut belum siap secara kemampuan bayar. Nah agar hal tersebut tidak terjadi, ini dia beberapa 6 (enam) tips yang bisa Anda gunakan agar pengajuan KPR disetujui oleh bank.

1. Lengkapi Persyaratan dokumen yang diminta Bank

Umumnya, pihak bank akan meminta Calon debitur untuk melengkapi dokumen-dokumen yang akan menunjukkan kondisi keuangannya. Dokumen tersebut mulai dari slip gaji atau rincian penghasilan per bulan, catatan rekening koran, NPWP, hingga identitas pribadi seperti KTP yang berlaku.

2. Sesuaikan dengan Kemampuan Bayar Anda

Meskipun sistem KPR memudahkan dalam proses pembayaran, ada baiknya Anda memperhatikan kemampuan keuangan Anda untuk membayar kredit yang anda ajkan. Siapkan uang muka yang berkisar 20-30% dari harga jual properti yang akan diajukan KPR. Umumnya, beberapa bank pun memberlakukan peraturan, bahwa jumlah penghasilan Anda lebih besar 3 kali lipat dari cicilan yang harus Anda bayar per bulannya. Jangan sampai keuangan Anda mepet karena harus membayar cicilan rutin.

3. Perbaiki kondisi financial anda

Sebaiknya, sebelum mengajukan KPR dengan jumlah besar, Anda melunasi hutang-hutang yang Anda miliki, khususnya yang tercatat di system Bank Indonesia. Tak hanya itu, sebisa mungkin, bila Anda sedang dalam proses kredit barang lain, jangan sampai Anda menunggak membayarnya karena saat ini Bank dapat menarik data calon debiturnya untuk melihat record pembayarannya di Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia. pinjaman yang tercatat di SID Bank Indonesia adalah pinjaman Bank dan pinjaman di leasing

4. Lakukan Pengajuan KPR ke beberapa bank

Untuk memperbesar kemungkinan permohonan KPR disetujui, sebaiknya Anda mengajukan KPR ke beberapa bank yang Anda anggap paling sesuai. Bila nanti seluruh pengajuan KPR Anda disetujui, Anda bisa memilih bank penyedia kredit terbaik, dari sudut pandang Anda. baik dari sisi biaya dan kemudahan system pembayaran Namun, konsekuensinya, Anda harus membayarkan sejumlah uang untuk biaya appraisal atau biaya penilaian agunan.

5. Pilihlah Timing Yang Tepat

Timing Waktu pun bisa berpengaruh penting pada proses pengajuan KPR Anda. Misalnya, minggu-minggu terakhir dalam setiap bulannya merupakan waktu terbaik untuk pengajuan KPR, mengingat pihak bank tengah mengejar target. Pertimbangkan juga bila ingin mengajukan KPR di bulan Desember. karena bank biasanya sibuk proses tutup buku maka proses persetujuan KPR bisa lebih lama.

6. Jaga kepercayaan bank dengan membayar pinjaman secara rutin

Ketika permohonan kredit Anda sudah disetujui, Anda harus menjaga kepercayaan pihak bank. Bayarlah cicilan KPR tepat waktu, jangan sampai terjadi tunggakan yang bisa mengakibatkan reputasi anda di dunia perbankan menjadi buruk dan fatalnya rumah anda yang anda jadikan agunan bisa diproses lelang oleh Bank.

Semoga bermanfaat… jangan lupa SHARE ya…  semoga anda menjadi manfaat bagi teman dan kolega anda.

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »