Anda Seorang Freelancer? Berikut 6 Kiat Agar KPR Anda Cair

Anda Seorang Freelancer? Berikut 6 Kiat Agar KPR  Anda Cair
Anda Seorang Freelancer? Berikut 6 Kiat Agar KPR  Anda Cair

Sahabat rumahku istanaku, Punya rumah idaman merupakan  hak setiap manusia, tanpa terkecuali. Yang jadi permasalahan, ketika fulusnya tak mencukupi untuk membeli sebuah rumah idaman. Jangan khawatir, Anda dapat menikmati fasilitas KPR hampir di semua Bank di Indonesia.
Tetapi, mengajukan kredit ke bank untuk KPR bukanlah perkara yang mudah. Sebab, bank berhak menolak pengajuan KPR jika Anda diniliai tidak memiliki kemampuan bayar yang cukup. Apalagi jika peminjam seperti tidak memiliki penghasilan tetap. Itulah yang bikin tekad para pekerja paruh waktu atau freelancer kendur
Jangan patah semangat  jika Anda hanya seorang pekerja paruh waktu (freelancer) atau blogger sekalipun. Anda juga dapat melakukan peminjaman uang ke bank untuk Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Agar tidak menemui banyak hambatan, sebaiknya perhatikan 6 kiat berikut ini saat mengajukan KPR.

Lampirkan Perincian Pemasukan Anda Setiap Bulan

Meskipun anda sebagai pekerja paruh waktu atau freelancer tentu Anda mengetahui pendapatan bruto yang Anda miliki setiap bulannya. Jumlahkan per tahunnya dan sampaikan kepada pihak bank. Selain itu, lampirkan juga pendapatan yang Anda miliki dari pekerjaan sampingan lainnya. Misalnya jadi makelar tanah atau makelar mobil dll
Selain itu, Anda juga dapat melampirkan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) atau kartu BPJS Ketenagakerjaan (jika ada) untuk mengetahui bahwa pendapatan yang Anda dapat setiap bulan dapat dilacak dan sudah dipotong pajak.

Rincikan Pengeluaran Bulanan Anda

Saat ini pekerjaan paruh waktu yang sedang digemari adalah seorang supir dan ojek online. Oleh sebab itu, buktikan bahwa Anda adalah seorang pekerja aktif dan produktif. Jelaskan kepada pihak pemberi pinjaman tentang pengeluaran sewa dan biaya hidup Anda per bulan.
Selain itu, pastikan Anda tidak pernah telat membayar uang sewa di tiap bulannya. Bukan hanya itu, beritahu juga kepada pihak bank tentang kredit lain yang dimiliki seperti kartu kredit, kredit kendaraan dan premi asuransi jiwa. anda harus meyakinkan, bahwa Anda bisa membayar semua pengeluaran itu tepat waktu dan tidak ada kendala

Uang Muka Yang Cukup menurut pihak Bank

Jumlah DP (down payment)  merupakan salah satu pertimbangan bagi pemberi kredit. Karenanya, sangat penting untuk memenuhinya dengan baik, bahkan lmelebihi dari jumlah minimal yang mereka tetapkan merupakan nilai plus
Jika memiliki kemampuan untuk membayar DP dalam jumlah yang lebih besar, maka akan semakin baik di mata Bank. Hal ini akan membuat rasio hutang menjadi berkurang, termasuk besaran hutang bunga yang dikenakan pada KPR tersebut.

Memiliki Tabungan Cadangan Yang Cukup

Jika Kredit Anda ingin cepat mendapatkan persetujuan Bank, Anda harus memiliki uang tabungan cadangan. Sebaiknya, calon peminjam harus memiliki uang tabungan dengan nilai setara dengan minimal 2 (dua) bulan pengeluaran. Sebagai contoh, Anda memiliki pengeluaran biaya hidup rata-rata 3 juta per bulan, maka minimalnya Anda memiliki uang tabungan sebesar 6 juta lebih.
Tapi, alangkah lebih baik Anda juga memiliki kapasitas tabungan lebih dari itu agar lebih menyakinkan bank. Tentu semakin besar tabungan, semakin besar pula bank percaya dengan Anda untuk menyetujui KPR.

Pilih Rumah Sesuai Kemampuan

Jangan memaksakan diri untuk membeli rumah yang harganya jauh di luar kemampuan pembayaran anda. Sebab, biasanya bank akan menolak permohonan tersebut lantaran pemohon dinilai tidak kredibel
Pilih rumah idaman yang sesuai kemampuan anda. Artinya, jumlah penghasilan per bulan dapat membayar cicilan rumah tersebut, tanpa menimbulkan hutang baru atau tunggakan kredit. Selain itu, pastikan pembayaran cicilan tidak mengganggu finansial yang tersedia untuk keperluan Anda sehari-harinya.

Teruslah Berusaha Mencoba

Pantang patah semangat ketika mengajukan KPR  jika masih ditolak oleh Bank. Anggap sebagai pembelajaran. Terus berusaha sembari menambah dana saving Anda. Umumnya para pekerja paruh waktu atau freelancer yang baru bekerja dalam hitungan bulan masih dipertanyakan kredibilitas keuangannya oleh pihak bank.

Semoga bermanfaat… jangan lupa SHARE ya… semoga menjadi manfaat bagi teman dan kolega anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »