Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

Bingung Beli Karpet Rumah? Pertimbangkan 4 Hal Ini!

Bingung Beli Karpet Rumah? Pertimbangkan 4 Hal Ini!
Bingung Beli Karpet Rumah? Pertimbangkan 4 Hal Ini!

Sahabat Rumahku IStanaku, Karpet adalah  salah satu aksesori rumah yang saat  ini banyak dipergunakan. Pada Awalnya, karpet yang diletakkan sebagai penutup lantai berfungsi untuk memberi kenyamanan saat duduk agar pakaian tetep bersih tidak terpapar debu lantai. Selain daripada itu, karpet juga digunakan sebagai alas kaki agar tidak langsung merasakan dinginnya lantai rumah anda.

Dewasa ini, kehadiran karpet atau permadani tidak lagi sekedar menjadi penutup lantai. Karpet juga dapat memberikan warna tersendiri bagi ruangan anda. Dengan pilihan motif dan warna yang mencolok, karpet bisa digunakan sebagai aksen. Bahan karpet yang lembut, juga bisa memberikan kenyamanan sehingga menjadikan suasana rumah terasa kian hangat.
Sahabat Rumahku Istanaku, Agar kehadiran karpet bisa memberi efek seperti yang anda diinginkan, maka memilih dan menata karpet tidak boleh dilakukan asal-asalan. Jika pemilihannya tidak pas, Adanya Karpet malahan berdampak negatif pada ruangan. Oleh Karena itu, agar kehadirannya bisa membuat ruangan tampil menarik dan mampu menghangatkan suasana rumah, pemilihan dan penataannya harus pas. karena, karpet yang ada di pasaran saat ini memiliki banyak model, mulai dari jenis bahan, panjang benang, ukuran, warna, dan lain sebagainya. harganya juga bervariasi.

Berikut setidaknya ada 4 hal yang perlu diperhatikan dalam memilih karpet. Inilah hal-hal tersebut.

1.   Tema Ruangan

Sahabat Rumahku Istanaku, Jenis karpet sebaiknya disesuaikan dengan tema atau konsep ruangan yang Anda ciptakan. Jika Anda menentukan tema ruangan tema klasik, karpet dari Persia dan mirip dengan karpet persia akan menjadi pilihan yang pas. Tetapi apabila Anda ingin menampilkan kesan klasik modern, pilihlah karpet berpola yang dari Eropa karena tidak terdapat banyak detail.

Untuk tema ruangan modern nuansa minimalis, Anda dapat memakai karpet dengan warna lembut dan bermotif, misalnya motif bergaris atau motif kotak-kotak. Tema ruang berkaitan dengan pilihan bentuk, warna, dan motif karpet. contohnya, apabila Anda menginginkan penataan bergaya klasik, sebaiknya pilih karpet bertema klasik.

2.   Ukuran Ruangan

Ukuran ruangan anda berpengaruh terhadap ukuran karpet yang akan dipasang. Perbandingan ukuran yang kebesaran atau kekecilan dapat memberi kesan tidak seimbang
Ole Karena itu, seandainya Anda memiliki ruang keluarga berukuran 4m x 5m misalnya, dapat menggunakan karpet yang memiliki ukuran  160cm x 230cm. Jika ukuran ruang lebih sempit dari itu, maka pergunakan karpet yang memiliki ukuran 120cm x 170cm.

3.   Fungsi Ruang

Pertimbangkan, dimana karpet akan diaplikasikan, apakah di ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, atau kamar tidur. Biasanya, untuk ruangan yang intensitas orang yang berlalu lalangnya tidak banyak, seperti kamar tidur anda, Anda bisa menggunaan karpet berbahan lembut dan lux atau mewah. Sedangkan ruangan lain yang sering dilewati orang, misalnya ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan, maka anda dapat menggunakan karpet yang mudah dibersihkan, seperti karpet dari bahan polyprophylene.
Lebih spesifik untuk ruang tamu, hal lain yang perlu diperhatikan adalah ukurannya. Ukurannya ada 2 pilihan yaitu karpet berukuran  besar, yang bisa muat untuk semua furniture set (kursi dan meja), atau yang berukuran lebih kecil untuk meng-highlight hanya satu furnitur, misalnya karpet kecil di bawah meja pajangan. hal itu terserah anda sesuai tujuan anda terhadap ruang tamu.

Adapun untuk ruang keluarga, pilihannya bisa menghadirkan karpet tipe benang panjang (shaggy rugs). Jenis karpet yang lebih tebal ini bisa memberi kenyamanan dan suasana hangat dan intim saat digunakan untuk duduk dan bercengkerama dengan anggota keluarga.
Apabila Anda mempunyai ruang bayi, karpet bisa dimasukkan ke dalam ruangan karena fungsinya bisa memberikan kenyamanan telapak kaki orangtua si bayi atau pengasuhnya ketika sedang menggendong bayi. Ketika bayi sudah agak besar, kehadiran karpet bisa menjadi area bermain bagi bayi. oleh karena itu, pilih jenis yang aman untuk bayi bermain.

4.   Furnitur Pengisi Ruang

Sahabat Rumahku Istanaku, Pengisi ruangan ini memiliki ukuran dan warna, yang berpengaruh terhadap ukuran dan warna karpet. Contohnya, untuk ruang keluarga dengan sofa tiga dudukan, bisa menggunakan karpet yang mempunyai ukuran 160cm x 230cm. Untuk ukuran furnitur lebih kecil, pilihlah yang mempunyai ukuran 120cm x 170cm.

Soal warna, pilihlah yang warnanya selaras dengan warna furnitur atau sengaja memberi kesan kontras. Jadi, pilihan warna yang tepat tergantung dari konsep penataan ruang. Untuk rumah klasik dengan nuansa warna hijau misalnya, akan lebih cocok anda pasangkan dengan karpet berwarna hijau dengan aksen merah. akan menciptakan tema yang harmonis.. Ruangan yang penuh dengan furnitur terasa kurang pas jika mempergunakan karpet bermotif penuh warna dan gambar.

Share / Bagikan Postingan ini ya…. semoga juga bisa menjadi manfaat bagi teman, keluarga dan kolega anda. terima kasih

Visitor