Penting!! 5 Tips Menata Ruang Ramah Untuk Buah Hati Anda di Rumah

Penting!! 5 Tips Menata Ruang Ramah Untuk Buah Hati Anda di Rumah
Penting!! 5 Tips Menata Ruang Ramah Untuk Buah Hati Anda di Rumah

Sahabat Rumahku Istanaku, Bermain di dalam rumah tidak memberikan jaminan anak Anda aman. Anda sebagai orang tuanya yang baik, sebaiknya Anda selalu menjaga keamanan anak agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. 

Anda sebagai orang tua, sudah seharusnya menjaga keamanan dan kenyamanan anak anda. Tidak hanya ruangan di luar rumah, ketika di ruangan yang terdapat di dalam rumah pun juga penting untuk diperhatikan. terlebih lagi bagi Anda yang masih memilik anak yang masih dibawah lima tahun.

Seperti yang Anda tahu, anak balita umumnya mempunyai rasa ingin tahu yang sangat besar. Anak anda yang masih kecil seringkali menyentuh benda apapun yang berada dalam jangkauannya. Bahkan termasuk benda-benda yang dapat membahayakan keselamatannya.

Coba anda  bayangkan ketika anak anda yang kecil luput dari perhatian Anda? Sebenarnya, Anda sebagai orang tua dapat  menata ruang di rumah agar aman untuk buah hati anda. Berikut beberapa tips menata ruang agar rumah menjadi lebih aman bagi Anda yang masih memiliki bayi dibawah lima tahun.

1.  Lakukan Pemasangan Kunci 

Sahabat Rumahku Istanaku, Usahakan lemari yang digunakan untuk menyimpan perlengkapan dilengkapi dengan kunci. Biasanya, almari yang ukurannya mungil tidak dilengkapi oleh kunci. Solusinya, Anda dapay membeli kunci yang banyak di jual di toko peralatan di dekat rumah Anda.

2.  Lakukan Penguncian Seluruh Laci 

Sahabat Rumahku Istanaku, Anak yang baru belajar merangkak akan menggapai-gapai sesuatu yang ada di depan mereka untuk digunakan sebagai pegangan, tidak terkecuali laci. oleh karena itu, untuk menghindari buah hati anda tertimpa akibat laci jatuh, sebaiknya Anda mengunci seluruh laci di dalam rumah.

3.  Pindahkan Barang Pecah Belah di Area Bermain Anak

Barang dari bahan kaca ini bisa seperti guci, vas bunga dan pajangan yang terbuat dari kaca merupakan barang yang cepat pecah. Daripada nantinya terjadi hal yang tidak anda inginkan apalagi sampai mengancam keselamatan buah hati anda, alangkah lebih baik untuk menyimpan barang-barang tersebut di gudang. Intinya, jauhkan barang-barang tersebut dari area di mana buah hati anda sering main.

4.  Tempatkan Penghalang pada Tangga

Tangga Rumah merupakan komponen yang utama apabila Anda memiliki rumah berlantai dua. karena rasa penasaran yang tinggi, membuat buah hati anda ingin mondar-mandir dan bermain di area tangga. Dengan Perkembangan motorik yang masih berkembang, bisa jadi hal tersebut dapat membuatnya terluka. Siasati saja dengan membuat pintu yang berfungsi sebagai penghalang. Tingginya minimal sekitar 80cm agarbuah hati anda tidak bisa melewatinya.
Bahannya dapat menggunakan material railing tangga dan ukuran yang disesuaikan dengan lebar tangga rumah anda. Tempatkan engsel di sisi kanan pintu dan tambahan besi yang direkatkan di tembok, sehingga bisa dilakukan buka tutup.

5.  Tutup Stop Kontak 

Sahabat Rumahku Istanaku, Salah satu bagian rumah yang rawan untuk dijangkau anak-anak adalah stop kontak listrik. Biasanya stop kontak berada di bagian yang rendah dan tak tertutup apapun. Untuk menghindari hal-hal yang tidak anda inginkan, langkah untuk menyembunyikannya di balik almari, sofa dan tempat tidur. Lebih bagusnya lagi, gantilah stop kontak lama Anda dengan model yang ada penutupnya.

Like dan Share Postingan ini ya… semoga dapat bermanfaat bagi teman dan kolega anda. terima kasih

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »