Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

Penting!! 7 Hal yang Harus Anda Lakukan, Jika Terjadi Kebakaran Di Rumah Anda

Penting!! 7 Hal yang Harus Anda Lakukan, Jika Terjadi Kebakaran Di Rumah Anda
Penting!! 7 Hal yang Harus Anda Lakukan, Jika Terjadi Kebakaran Di Rumah Anda

Sahabat Rumahku Istanaku, Kebakaran bisa terjadi di mana saja dan kapan saja.Siapa yang ingin terkena musibah kebakaran? Pasti, semua dari anda tidak menginginkannya. Walaupun begitu, kenyataannya musibah ini bisa menimpa siapa saja. Oleh Karena itu, Anda harus siap menghadapi musibah ini jika menimpa. Jangan sampai, ketidaktahuan Anda dalam menghadapi musibah kebakaran berbuntut masalah yang lebih besar. Tidak hanya harta benda, tetapi bisa lebih dari itu.

 
Ini 7 hal Penting yang harus Anda lakukan jika terjadi musibah kebakaran.

1. Jangan Bersikap Panik

Sahabat Rumahku Istanaku, Perasaan panik akan membuat situasi lebih rumit. Coba Tenangkan diri Anda jika musibah ini terjadi agar Anda masih bisa berpikir jernih dan tidak tergesa-gesa. Jika masih kecil, Anda bisa mematikan api secara mandiri, tetapi jika api sudah besar segera keluar.

2. Lebih Utamakan Nyawa Anda, Bukan Harta Anda

Keselamatan diri anda dan keluarga harus menjadi prioritas jika terjadi kebakaran di rumah. Jangan sekali-kali berpikir mencoba menyelamatkan barang atau harta terlebih dahulu. Ingat, barang masih bisa dibeli lagi, tetapi tidak dengan keselamatan anda dan keluarga anda

3. Pergunakan Handuk Basah

Sahabat Rumahku Istanaku, Matikan api jika kondisinya masih kecil dengan menggunakan air atau handuk yang basah. Jangan sekali-kali mematikan api dengan kain kering karena berpotensi untuk terbakar juga. Jika Anda merasa tidak memungkinkan dan Anda tak bisa menangani, segera cari jalan keluar Rumah Anda.

4. Berikut Barang Yang Boleh Diselamatkan

Sahabat, Apabila kejadian kebakaran ini terjadi di rumah Anda, salah satu barang yang bisa menjadi prioritas untuk diselamatkan adalah surat-surat berharga. misalnya Sertipikat Rumah. Syaratnya, apabila kondisinya memungkinkan. Jangan memaksakan diri anda jika apinya sudah membesar. Untuk lebih amannya lagi, surat-surat ini sebaiknya ditaruh di bank dalam safe deposit box  dan tidak disimpan di rumah.

5. Jauhkan Barang-Barang Berikut Ini

Sahabat, barang-barang seperti Tabung gas, minyak tanah, dan berbagai sumber yang dapat memperbesar api lainnya dari bangunan Anda.  maka jauhkan barang-barang ini dari sumber api.Ini untuk mencegah barang-barang ini lebih besar.

6. Segera Cari Tempat Yang Aman

hal penting lainnya yang harus Anda laksanakan jika terjadi kebakaran adalah cari tempat yang aman. Apabila anda di dalam gedung, segera masuk ke dalam tangga kebakaran. Usahakan juga segera keluar gedung atau bangunan dan berkumpul di tempat aman dan terbuka. Apabila terjadi di bangunan tingkat tinggi, Anda bisa mencari lokasi balkon agar terlihat tim evakuasi dari Dinas Kebakaran.

7. Lakukan Pemanggilan Petugas Pemadam Kebakaran

Sahabat Rumahku Istanaku, Segera panggil petugas pemadam kebakaran terdekat dari tempat kejadian Anda. Semakin cepat, semakin baik. Ini untuk mencegah adanya korban jiwa dan kerugian material yang sangat banyak.

Like dan share postingan ini, semoga bermanfaat bagi teman dan kolega anda.

Visitor