Penting!! Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memilih Genting Rumah

Penting!! Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memilih Genting Rumah
Penting!! Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Memilih Genting Rumah


Sahabat Rumahku Istanaku, Kalau umpama tubuh, penutup atap (genting) ibaratnya rambut yang punya fungsi melindungi kulit kepala dari rasa panas sekaligus mempercantik tampilan rumah. Kalau rambutnya tumbuh baik dan pemilihan modelnya tepat, sang empunya rambut akan tampak menarik.
Begitupun dengan genting rumah. Menurut John S.L Chang, General Manager Kanmuri, fungsi dasar genting memang untuk melindungi rumah di bawahnya dari terpaan hujan dan panas. Tapi ia juga punya fungsi estetika, yakni membuat tampilan rumah jadi menarik. Dua dasar inilah yang harus diperhatikan ketika memilih bahan genting.

Pelindung Rumah dari Panas dan Hujan

Sahabat Rumahku Istanaku, Berbeda dengan pemilihan genting di negara berikilim dingin, yang mementingkan kecepatan pemasangan dan kekuatan saja, pemilihan genting di Indonesia harus juga mempertimbangkan faktor iklim. Indonesia adalah negara tropis yang ditempa sinar matahari sepanjang tahun, diselingi dengan hujan dengan intensitas tinggi. Hal ini tentu berpengaruh pada pemilihan genting.
Panas matahari yang diterima oleh genting sebagian akan dipantulkan dan sebagian lagi akan disalurkan ke dalam ruangan. Nah, tiap bahan genting punya kemampuan berbeda menahan panas. Ini yang harus Anda lihat sebelum memutuskan membeli genting. Bahan metal memiliki kemampuan menyalurkan panas yang paling tinggi, sementara bahan tanah liat adalah bahan terbaik untuk menolak panas.
Perhatikan desain genting, apakah memungkinkan adanya celah untuk air masuk? Jika iya, hindari jenis itu karena sudah pasti rumah Anda akan bocor. Hujan juga akan berpengaruh terhadap keawetan genting. Ada sebagian bahan yang tidak tahan terhadap hujan sehingga mudah berlumut, ada yang tidak.

Tampilan Genteng juga Menentukan

Hal lain yang patut dipertimbangkan ketika memilih genting adalah faktor estetika. Ada genting yang kuat, tahan panas, tapi tak terlalu baik secara estetika. Sebaliknya, ada genting yang penampilannya bagus, namun akan membuat ruang di bawahnya menjadi panas.
Bentuk dan warna genting juga berbeda. Ada yang flat, ada yang bergelombang, ada yang berwarna, ada yang natural. Yang harus Anda pilih adalah genting yang sesuai dengan gaya rumah. Rumah yang modern tentu tak akan sesuai menggunakan genting berwarna cerah. Sebaliknya, rumah bergaya tradisional pastinya lebih cocok jika menggunakan genting keramik yang natural.

Jangan Lupakan Harga Genteng

Yang tak boleh Anda lupakan adalah harga. Pilih jenis genting sesuai dengan dana yang tersedia. Tapi,bukan berarti Anda harus memilih yang termurah. Jangan lupa, genting yang murah biasanya kualitasnya lebih rendah. Jangan sampai Anda memilih genting murah namun Anda harus sering menggantinya. Sama saja, kan, uang yang harus Anda keluarkan nantinya?
Harga per lembar atau per keping antara satu genting dengan genting lain terkadang tak jauh berbeda, namun jika dikalikan dengan luas total atap Anda, hasilnya bisa jadi besar. Karena itu, sebelum membeli genting, Anda harus mengira-ngira berapa luas total atap Anda.

Pilih Genteng Model Kepingan atau Lembaran?

Sekarang ini, ada dua jenis genting yang ada di pasaran. Yang pertama adalah genting berbentuk kepingan. Jenis genting ini sudah lama menghiasi atap rumah-rumah masyarakat Indonesia, namun sampai sekarang masih termasuk jenis genting yang dicari dan disukai. Yang termasuk genting jenis ini adalah genting beton, genting keramik, dan genting tradisional.

Yang kedua adalah genting lembaran. Seperti namanya, ia berbentuk lembaran besar. Jenis ini sebenarnya sudah ada dari dulu, namun sekarang mengalami perkembangan bahan. Dulu, kita mengenal genting asbes dan seng, sekarang ini ada genting metal dan genting bitumen. Memang, genting jenis ini kerap dikaitkan dengan ekonomi bawah karena harganya yang murah, namun tampilan yang makin menarik membuatnya mulai dilirik kalangan yang lebih mapan.

sahabat rumahku istanaku. Tentu saja, genting lembaran dan genting kepingan punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tiap bahan genting pun punya keunggulan dan kelemahan, yang harus Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Like dan Share  postingan ini agar bermanfaat bagi semua orang, terima kasih

(Sumber : www.rumahguide.id/tips/perhatikan-hal-ini-sebelum-memilih-genting/)

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »