Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

Rumah Hadap Barat, Siapa Takut?!

Rumah Hadap Barat, Siapa Takut?!
Rumah Hadap Barat, Siapa Takut?!
Sahabat Rumahku Istanaku, Rumah menghadap ke Barat kerap mendatangkan beberapa  Problem. Kendati demikian, Tidak berarti tidak terdapat solusi terhadap Rumah Hadap Barat.
Di Negara Indonesia, rumah dengan arah menghadap ke selatan menjadi sebuah kiblat mendasar bagi pakar arsitekur Indonesia. Alasannya simpel, yakni pencahayaan yang teduh serta sirkulasi aliran angin yang cukup. Dengan menghadap ke selatan, pencahayaan matahari tetap bisa kita nikmati namun panasnya tidak masuk secara langsung ke dalam rumah.
Nah, semua itu berkebalikan jika Anda mempunyai rumah yang menghadap ke arah barat. Rumah menghadap ke arah barat biasanya jauh lebih panas. Bagi Anda yang mempunyai rumah menghadap ke arah barat, tidak usah takut dan berkecil hati. Berikut beberapa masalah yang sering muncul dan juga solusi mengatasinya

Hembusan Angin Tak Mau Masuk ke Ruangan di dalam Rumah

Sahabat Rumahku Istanaku, Salah satu cara yang bisa Anda dilakukan adalah membuat penghalang-penghalang di sekitar rumah. Dengan kehadiran penghalang tersebut  dapat mengarahkan angin supaya hembusan angin dapat masuk ke dalam rumah. Tanaman adalah penghalang yang paling tepat, karena selain bisa menjadi pengarah angin, daun-daunnya juga bisa mengurangi suhu panas yang dibawa oleh hembusan angin.

Fasade Rumah Menghadap Arah Barat

Sahabat Rumahku Istanaku, Masalah yang seringkali menghinggapi penghuni ketika rumahnya berfasad menghadap ke arah barat adalah hawa panas yang berlebihan. Cahaya matahari benar-benar langsung mengenai rumah Anda. Akhirnya, hal tersebut akan membuat rumah terasa panas
Ketika hal itu terjadi, Menghadirkan kisi-kisi dapat dijadikan salah satu solusi untuk mengurangi intensitas panas matahari berlebih yang masuk ke dalam rumah. Fungsi kisi-kisi adalah sebagai secondary skin. Kisi-kisi itu akan  menghalangi panas matahari  yang berlebihan menerobos masuk ke rumah Anda. Selain berfungsi sebagai secondary skin, peletakan kisi-kisi yang tepat dapat menambah estetika rumah anda.

Kolam Renang Rumah di Posisi Barat

Sahabat Rumahku Istanaku, Jika Anda memiliki kolam renang di rumah dan berdampingan dengan dinding kaca yang menghadap ke arah barat, pastinya hal tersebut akan menimbulkan masalah. Pada siang hari, posisi kolam renang seperti itu akan membuat sinar matahari langsung mengenai permukaan air kolam, maka cahayanya akan dipantulkan dan masuk ke dalam ruangan melalui dinding kaca. Akibatnya, akan membuat rumah menjadi panas
Solusi yang bisa diambil adalah memasang sun screen di depan dinding kaca Anda. Sun screen berupa bilah-bilah kayu atau logam yang disusun berbaris secara mendatar Fungsinya adalah untuk menahan pantulan cahaya matahari yang datang dari permukaan air kolam maupun Cahaya matahari langsung.
Like dan Share  postingan ini agar bermanfaat bagi semua orang, terima kasih

Visitor