Terlanjur Beli Rumah Jauh dari Tempat Kerja? Berikut Tipsnya!

Terlanjur Beli Rumah Jauh dari Tempat Kerja? Berikut Tipsnya!
Terlanjur Beli Rumah Jauh dari Tempat Kerja? Berikut Tipsnya!

Sahabat Rumahku Istanaku, Dewasa ini siapa yang tak mau punya rumah yang dekat dengan tempat kerja. Selain dapat memudahkan Anda untuk mengaksesnya, ada banyak manfaat keuntungan lain yang bisa didapatkan. misalnya, biaya pengeluaran untuk transportasi jadi lebih murah, efektivitas kerja tidak terganggu akibat perjalanan yang terlalu lama, tingkat stress perjalanan lebih kecil karena tidak perlu melewati jalanan yang macet, dan lain sebagainya.
bukan hanya itu, mengingat jaraknya dekat dengan rumah Anda, waktu berkumpul dengan keluarga di rumah pun lebih banyak. Selain itu, Anda tidak perlu bangun terlalu pagi atau pulang terlalu malam.
Tetapi, kebanyakan orang yang sulit mewujudkan ini. Kenyataannya, berapa banyak orang yang kerja di Jakarta, tetapi tempat tinggalnya di sekitaran Jakarta. misalnya, bekasi dan tangerang. Selain daripada itu jumlah rumah kian sedikit, harganya pun menjulang tinggi.
Nah, apabila Anda terpaksa membeli tempat tinggal yang jaraknya jauh dari tempat kerja anda, berikut ini yang harus Anda lakukan sebelumnya.

1. Cermati Lingkungan Perumahan Yang akan anda beli

Sahabat Rumahku Istanaku, Sebelum Anda menentukan apakah rumah tersebut akan jadi calon tempat tinggak anda, pastikan lingkungan perumahan tersebut baik untuk ditinggali dan tumbuh kembang anak. Tujuannya, agar Anda nyaman tinggal di sana. Perhatikan keadaan lingkungan dalam dan luar kompleks perumahan Anda.
a. Lingkungan Yang Ada Dalam Komplek
  • Lingkungan perumahan Bebas banjir.
  • Kondisi KDB (Koefisien Dasar Bangunan) dan KLB (Koefisien Lantai Bangunan) perumahan memiliki presentasi 60% berbanding 40%. KDB lebih kecil dari 60%, lebih baik.
  • Ketersediaan air bersih harus bagus.
  • Listrik dan fasum fasos perumahan kondisinya harus memadai.
  • Developer perumahan harus kredibel dan jelas
b. Lingkungan Yang Ada Di Luar Komplek Perumahan
Sahabat Rumahkuistanaku, apabila Anda bisa mendapatkan lingkungan komplek yang menyediakan fasilitas umum yang lengkap, itu sangat baik buat Anda. Bila tidak, Anda wajib melakukan survei di mana letak fasilitas umum tersebut berada. Tujuannya, agar Anda tahu di mana letak fasilitas umum yang nantinya Anda perlukan jika suatu saat membutuhkannya. Jika memungkinkan, carilah rumah yang memiliki fasilitas umum yang berdekatan dengan komplek perumahan Anda.

2. Perhatikan Akses di Sekitaran Perumahan

Bagi Anda yang mempergunakan kendaraan umum hal-hal yang perlu diperhatikan. Ketika anda dari dan menuju kantor, Anda tak naik-turun kendaraan lebih dari 3 kali oper. Perhatikan juga apakah kendaraan umum yang digunakan dapat beroprasi lebih dari jam 11 malam. Selain daripada itu, setidaknya ada 2 (dua) alternatif kendaraan umum lain. Jadi Anda tak terpaku untuk naik 1 (satu) moda transportasi  saja. Terakhir, ukur waktu tempuhnya. Jangan sampai memakan waktu tempuh lebih dari 2 (dua) jam lamanya.
Bagi Anda yang Naik kendaraan pribadi ke Kantor, inilah beberapa hal yang perlu dicermati. Pertama, akses dari dan menuju kantor anda mudah lalui (motor-motor). Kondisi jalan bagus, serta dekat dengan akses jalan utama. Ketiga, akses dari dan menuju kantor mempunyai akses atau jalan alternatif. apabila memungkinkan, aksesnya dapat ditempuh melalui jalur tol agar anda dapat mempercepat waktu tempuh ke kantor. Terakhir, waktu tempuh dari dan menuju kantor tak lebih dari 2 (dua) jam.
Semoga bermanfaat…. silahkan di bagikan ya.. semoga bermanfaat juga bagi teman dan kolega anda.

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »