Wajib Baca!! 4 Cara Jitu Taksir Harga Rumah

Wajib Baca!! 4 Cara Jitu Taksir Harga Rumah
Wajib Baca!! 4 Cara Jitu Taksir Harga Rumah

Sahabat Rumahku Istanaku, Menaksir harga rumah bekas seringkali dibutuhkan, khususnya pada saat anda hendak membeli rumah ataupun saat menjual rumah. Dengan mengetahui berapa kisaran harga sebuah rumah bekas maka kita akan tahu membuat harga penawaran pada saat hendak melakukan pembelian, dan begitu juga ketika hendak melakukan penjualan, dengan mengetahui harga pasaran sebuah rumah maka kita juga akan tahu membuat berapa harga yang tepat untuk menjual rumah tersebut.
Berikut ini beberapa cara untuk menaksir harga rumah bekas yang sering digunakan oleh awam dan para apprasial

1. Menghitung harga rumah bekas berdasarkan nilai pasar

Sahabat Rumahku Istanaku, Cara paling umum dan paling sering dipergunakan untuk menaksir harga rumah adalah dengan cara menghitung berdasarkan nilai pasar yang berlaku. Adapun rumus simpel yang selalu digunakan adalah sebagai berikut ini.

Nilai Pasar = Harga Tanah + Nilai Bangunan Yang Ada

Berdasarkan rumus di atas tentu anda sudah bisa dengan mudah untuk melakukan penghitungan sendiri terhadap rumah yang akan anda lakukan penaksiran harganya. Untuk memperoleh berapa harga tanah per meternya di lokasi rumah anda, maka anda bisa melakukan survei langsung dengan mewawancarai ke beberapa tetangga yang berdekatan di lokasi rumah yang akan anda lakukan penaksiran harga.
Sahabat Rumahku Istanaku, Jika anda sudah menemukan hitungan harga pasaran tanah di lokasi yang anda incar, selanjutnya anda tinggal menghitung sendiri berapa meter tanah dari rumah yang anda taksir tersebut dan lakukan pengalian dengan harga tanah yang sudah anda dapatkan sebelumnya.
misalnya, jika luas tanah rumah yang anda lakukan penaksiran adalah 85 meter persegi dan harga tanah di lokasi tersebut sama dengan 4 juta untuk per meternya, maka nilai pasar tanah anda sama dengan 85m x 4 jt = 340 jt.
Lalu, untuk memperoleh  nilai pasar bangunan, anda bisa menanyakan kontraktor atau developer perumahan agar hasilnya lebih presisi. Untuk menghitung nilai bangunan biasanya akan dihitung berdasarkan harga rata-rata atas berbagai harga.
Misalnya, jika luas bangunan anda sama dengan 65 meter persegi dan nilai rata-rata bangunan rumah tersebut 2 juta permeternya, maka untuk mendapatkan nilai totalnya anda tinggal menghitung luas bangunan di kali harga nilai bangaunan tersebut yaitu 65m x 2 jt= 130 jt.
Terus untuk mendapatkan nilai dari sarana pelengkap tentu saja ini sangat tergantung dari apa saja fasilitas yang ada pada rumah yang anda lakukan penaksiran harga seperti tersedianya perabotan dan fasilitas lainnya
Sedangkan untuk mendapatkan nilainya anda tinggal melakukan penghitungan sendiri barang-barang perabotan itu sesuai dengan pasaran saat ini. Misalnya nilai total sarana pelengkap setelah di taksir sama dengan 50 juta.
Nah, apabila nilai ketiga variabel di atas sudah di dapat maka anda tinggal menjumlahkan untuk mendapatkan total, seperti dibawah ini
Total Nilai Pasar: 340jt + 130 jt + 50 jt = 520 juta
Nah, Jika sudah maka andapun sudah berhasil menaksir harga sebuah rumah seperti contoh perhitungan diatas yang berhasil ditaksir seharga Rp 520 juta.

2. Menaksir dengan membuat perbandingan harga pasar dari penjualan yang sudah ada

Sahabat Rumahku Istanaku, untuk mendapatkan kisaran harga rumah, maka anda bisa membandingkan harga rumah yang akan anda taksir dengan rumah yang mempunyai tipe yang hampir sama di lokasi rumah yang akan anda lakukan penaksiran tersebut.
Proses melakukan perbandingan harga pasar, langkah pertama anda bisa menanyakan langsung pada rumah yang berdekatan dengan rumah yang anda taksir tersebut, dan untuk perbandingan sebaiknya lakukan perbandingan harga pada beberapa rumah didekat lokasi untuk mendapatkan hasil yang lebih presisi.

3. Penaksiran berdasarkan NJOP rumah

Sahabat Rumahku Istanaku, Cara berikutnya untuk menaksir harga dari sebuah rumah dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) dari rumah tersebut. Disana akan di cantumkan berapa meter luas tanah bangunan anda, dan berapa harga per meternya dari rumah tersebut.
Tatapi nilai yang di dapat dari NJOP seringkali tidak sesuai dengan harga pasar yang berlaku. NJOP umumnya mempunyai harga yang jauh di bawah harga pasar sebenarnya, sehingga sangat tidak pas untuk menjadikannya sebagai parameter harga.

4. Penaksiran Harga dengan bantuan appraisal

Sahabat Rumahku Istanaku, cara lainnya untuk menaksir harga sebuah rumah bekas adalah dengan meminta bantuan dari appraisal independen. Appraisal bisa saja anda lakukan sendiri, namun jika kurang paham anda juga bisa menghubungi appraisal independen yang profesional seperti orang appraisal dari pihak bank atau appraisal pihak swasta.
Namun, Jika anda memanggil orang seperti pihak bank atau orang yang anda telah mengetahui kemampuan baik menilai harga rumah, maka biasanya anda akan membayar orang tersebut. fee penilaian yang harus anda bayar sangat relatif, namun untuk satu kali appraisal biasanya cukup murah yaitu hanya membayar sekitar 300 ribu atau 500 ribu dan sebagainya.
Hasil Penilaian Rumah atau tanah dari bantuan appraisal professional dan berpengalaman seperti di sebutkan di atas bisanya cukup akurat dan dibukukan dalam suatu laporan penilaian yang terperinci.

Like dan Share  postingan ini agar bermanfaat bagi semua orang, terima kasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »