Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

Wajib Baca!! 5 Hal Penting Ketika Kali Pertama Menyewa Rumah

Wajib Baca!! 5 Hal Penting Ketika Kali Pertama Menyewa Rumah
Wajib Baca!! 5 Hal Penting Ketika Kali Pertama Menyewa Rumah


Sahabat Rumahku Istanaku, Menyewa atau kontrak rumah adalah salah satu pilihan simpel yang banyak diambil masyarakat Indonesia. Biasanya, pilihan ini dipilih lantaran calon penghuni rumah belum memiliki dana yang cukup untuk membeli sebuah rumah idamannya.
Meskipun begitu, menyewa atau kontrak rumah juga Anda manfaatnya, lho! antara lain, enggak perlu pusing atau ribet soal maintenance nya, Anda bisa dengan mudah berpindah lokasi kapan saja, dan Anda pun bisa memilih rumah sewa yang sesuai dengan kantong, tempat kerja, ataupun kriteria lainnya.
Tapi, sebaiknya Anda memperhatikan panduan di bawah ini apabila Anda baru kali pertama menyewa rumah.

1.   Sesuaikan Budgeting Anda

sahabat rumahku istanaku, pastikan biaya yang harus dibayarkan setiap bulan atau pertahunnya tidak membuat uang di tabungan Anda ludes semua. Umumnya, biaya sewa itu tidak melebih 35 % dari pendapatan kotor Anda (gaji sebelum pajak atau potongan lainnya).
Contohnya, Anda memiliki pendapatan 7 juta tiap bulannya. Nah, pastikan cicilannya tidak lebih dari 35 % di tiap bulannya, yakni sebesar 2,45 juta rupiah.

2.   Gunakan Jasa Pihak Ketiga

jangan heran jika Anda akan buta segala sesuatunya ketika baru kali pertama menyewa rumah. contohnya, buta akan lokasi strategis, buta dengan rumah sewa yang dekat dengan fasilitas pendukung, dan lain sebagainya. Jadi, sebaiknya gunakan jasa pihak ketiga seperti penghubung properti untuk memudahkan Anda.

3.   Teliti Sebelum Menyewa Rumah

Sahabat  Rumahku Istanaku, Jangan mudah tertipu dengan kamuflase rumah yang cantik, bersih, dan rapi. Memang, hal itu adalah beberapa hal yang mungkin bisa jadi kriteria saat mencari hunian. Tetapi, telitilah terhadap hal-hal yang penting, seperti apakah rumah sewa Anda dekat dengan tempat kerja, apakah lokasinya strategis, apakah tidak rawan kebanjiran, hingga mengecek kondisi sekitar rumah. Ketika semua tak ada masalah, barulah Anda bisa memutuskan untuk menyewanya.

4.   Baca dan Pahami Surat Perjanjian secara Teliti

Sahabat Rumahku Istanaku, Untuk beberapa kasus, pemilik rumah asli akan menerapkan beberapa peraturan yang tercantum dalam surat perjanjian sewa. Oleh sebab itu, Anda harus membacanya secara teliti dan mendetail, agar tidak terjadi kesalahpahaman di hari mendatang. Biasanya, bacalah poin-poin penting seperti seperti biaya pindah, kenaikan biaya sewa per tahunnya, sampai pemberitahuan tanggal kadaluarsa sewa sangat penting untuk anda ketahui

5.   Lakukan Survei Lokasi Rumah

Jika anda mau menyewa atau mengontrak rumah, Jangan sekadar survei via internet atau telepon saja, tapi Anda juga wajib datang ke lokasi langsung untuk melihat kenyataannya. Jangan sampai Anda tertipu dengan gambar atau kata-kata manis dari marketing atau pemilik rumah.
Selain menghindari adanya penyesalan di kemudian hari, Anda juga bisa segera meminta perbaikan ke pemilik rumah jika kondisi rumah kurang baik. Selain dinding dan lantai, perhatikan juga instalasi fasilitas air dan fasilitas listrik yang perlu dipasang dengan baik, ya!

Semoga bermanfaat… silahkan di Share YA… Moga-moga bermanfaat juga bagi teman dan kolega anda

Visitor