Wajib Baca!! Jika Ingin Rumput di Taman Terus Hijau

Wajib Baca!! Jika Ingin Rumput di Taman Terus Hijau
Wajib Baca!! Jika Ingin Rumput di Taman Terus Hijau

Sahabat Rumahku Istanaku, Jika taman di rumah anda ditumbuhi rumput yang hijau, sejuk rasanya ketika kita mengamatinya. Rumah jadi terlihat asri dan fresh. Ya, hamparan rumput di pekarangan rumah merupakan salah satu tempat favorit keluarga untuk relaksasi, tempat bermain anak, ataupun berpesta kecil-kecilan. Oleh Karena itu, penampilan taman haruslah dijaga supaya dapat tetap fresh dan menawan. Lantas bagaimakah cara mengaplikasikannya? Berikut beberapa tips untuk membuat rumput taman Anda terus hijau.

1.   Perhatikan Air dan Waktu Penyiraman

Sahabat Rumahku Istanaku, Tdk hanya manusia, air adalah elemen penting yang perlu diperhatikan untuk menjaga hijaunya rumput di taman rumah. Ada waktu di mana rumput tidak mendapatkan cukup air yang biasanya timbul di musim panas, sehingga diperlukan penyiraman yang lebih intensif di pagi dan sore hari. Tapi, intensitas air yang berlebih juga tidak baik untuk rumput di taman anda Sebab, hal tersebut akan mengakibatkan rumput menjadi busuk.

2.   Pakailah Alat Siram yang Pas

Sahabat rumahku istanaku, Anda bisa mempergunakan gembor dan sprayer. Dengan menggunakan kedua alat ini, air dapat di distribusikan secara halus dan merata ke tiap rumput yang ada di taman Rumah anda

3.   Perhatikan Pemupukan Tanah di sekitar Rumput

Pemupukan tanah adalah aktivitas penting yang perlu Anda lakukan setidaknya dalam kurun waktu 2-3 bulan sekali. Pakailah pupuk NPK dengan komposisi Nitrogen, Fosfor, dan Kalium 1:1:1. Dosis yang digunakan adalah 100gr/m2. Beri Campuran sedikit pasir halus pada pupuk agar penyebarannya lebih merata.

4.   Tambahkan Pupuk Organik juga, Ya!

Sahabat Rumahku Istanaku, Jangan lupa, proses pemupukan selingi dengan pemberian pupuk organik. pupuk organik dapat menjaga tanah tetap gembur dan diharapkan dapat mempercepat proses penyerapan makanan pada tanaman. Yang Perlu Anda ketahui, humus yang halus dan kering merupakan salah satu pupuk organik yang baik. Oleh Karena itu, sebarkan pupuk organik di atas permukaan tanah secara merata dengan dosis 1kg/m2.

5.   Bersihkan Secara Rutin Rumput dari Gulma Pengganggu

Bersihkan secara rutin rumput hias yang Anda rawat dari serangan gulma yang mengganggu rumput hias anda. Usahakan untuk mencabut gulma sampai ke akar-akarnya seminggu sekali, Anda juga bisa menggunakan pisau kebun untuk memudahkan pekerjaan.

6.   Pangkas Rumput Hias secara Rutin

Sahabat Rumahku Istanaku, Lakukan pemangkasan rumput minimal seminggu sekali. Semua itu agar rumput terlihat lebih rapi dan fresh dipandang mata tentunya. Ketika musim penghujan datang, terdapat sebuah pengecualian. Saat musim penghujan, umumnya rumput akan tumbuh lebih cepat dari biasanya. Nah, kondisi hujan seperti ini Anda Harus melakukan pemangkasan lebih sering.


7.   Pertahankan Tinggi Rumput Hias Taman Anda

Secara Teori, tinggi rumput hias yang baik ialah 2,5–3cm, agar rumput tumbuh bagus dan fresh. Karena anda berurusan dengan aktivitas pemangkasan, jangan sampai rumput hias anda terpangkas berlebihan. Sebab, hal ini dapat menimbulkan kekeringan pada bagian pangkal dan rumput terlihat botak dan bolong-bolong.

8.   Jangan Injak Rumput Hias Anda!

Sahabat Rumahku Istanaku, Rumput hias yang sering diinjak, tanahnya akan ikut mengeras. Hal ini akan berpengaruh pada pertumbuhan rumput hias. Rumput hias memerlukan udara untuk pertumbuhannya. Solusinya, Anda bisa menaruh pijakan setapak di sekitar taman Anda. Tujuannya untuk memudahkan Anda beraktivitas di taman anda tentunya.

Semoga bermanfaat… jangan lupa SHARE ya…semoga juga menjadi manfaat bagi kolega dan teman anda

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »