Wajib Baca!! Sebelum Pondasi Rumah

Wajib Baca!! Sebelum Pondasi Rumah
Wajib Baca!! Sebelum Pondasi Rumah


Sahabat Rumahku Istanaku, Terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika merencanakan fondasi rumah supaya menjadi rumah yang aman, sehat dan tak bermasalah. Pondasi rumah sebagai elemen paling penting sebuah bangunan rumah tentunya tidak boleh dibuat dengan tanpa perhitungan. Elemen Pondasi ini sangat menentukan proses selanjutnya dan salah satu penentu keamanan bangunan.
Faktor Jenis dan kontur Tanah termasuk salah satu yang menjadi hal penting pembangunan Pondasi. Berikut ini hal yang patut diperhatikan ketika membangun Pondasi dari sebuah rumah.

1. Perhatikan Lokasi dari Tanah dimana bangunan akan dibangun

Lokasi Tanah yang di dekat pantai dengan tanah yang berlokasi di dataran tinggi tentunya memiliki perbedaan dalam hal perancangan jenis pondasi. Sifat kelenturan tanah ini harus diukur secara presisi. Tanah lempung ataupun tanah yang lebih lembek tentunya tidak akan bisa membangun Pondasi yang kuat.
Jenis Tanah di daerah pantai cenderung memiliki kandungan air yang lebih besar. Bila perlu, jangan ragu untuk menimbun dengan jenis tanah yang agak keras. Jika tidak, akan ada kemungkinan bangunan lama-kelamaan akan semakin miring dan membahayakan anda
Pemilihan site atau tapak bangunan rumah harus terbebas dari gangguan geobiologis, yakni aliran air bawah tanah, medan magnet dan medan listrik buatan, atau patahan geologi. Pemberian lapisan kedap air (trasraam) dapat dilakukan untuk mencegah merembesnya air tanah ke atas bangunan. Penggunaan material bangunan yang tidak tepat dan rancangan yang tidak klop akan membuat Anda terpaksa mengganti material bangunan atau merombak rancangan awal.

2. Tentukan Ketinggian Rumah yang Pas untuk Bangunan Anda

Tips berikutnya menyangkut jumlah lantai. Agar berfungsi dengan baik, kekuatan pondasi rumah harus bisa menopang rumah yang akan berdiri di atasnya. Hitung kebutuhan kekuatan pondasi rumah didasarkan ketinggian bangunan rumah yang diinginkan dan pilih material pondasi yang tidak mencemari lingkungan.Untuk Mendapatkan sebuah bangunan rumah yang memenuhi kriteria yang sehat, Anda perlu melihat aspek-aspek pondasi rumahsejak rumah dirancang.

3. Perhatikan Saat Proses Pengerjaan Pondasi Rumah

Jangan sampai pondasi rumah Anda memiliki pori-pori yang besar (porous), karena jika mimiliki pori pori yang besar maka air dapat masuk dengan mudah. Jika kondisi ini yang terjadi, maka kerapatan pondasi harus lebih rapat, agar air tidak dapat masuk ke sela-sela pondasi yang dapat menyebabkan Pondasi menjadi lemah.

Semoga bermanfaat… silahkan Bagikan Ya… Semoga juga bermanfaat bagi teman dan kolega anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »