Wajib Tahu!! Hal Penting Dalam Perencanaan Rumah Minimalis

Wajib Tahu!! Hal Penting Dalam Perencanaan Rumah Minimalis
Wajib Tahu!! Hal Penting Dalam Perencanaan Rumah Minimalis

Sahabat Rumahku Istanaku, Rumah bukan hanya sekedar untuk menghindarkan hujan dan panas,melainkan rumah telah mampu memberikan ketenangan, kesenangan, bahkankenangan akan segala peristiwa hidupnya.Nah sekarang, bagaimana caranya untuk memulai mendesain rumah?? Disinikita harus mengetahui situasi dan kondisi setempat,  baik secara alamiatau secara formal akibat adanya peraturan dan persyaratan yangberlaku pada wilayah itu.

Jika suatu perencanaan tidak memperhatikan situasi dan kondisi sertaperaturan/persyaratan yang berlaku, maka besar kemungkinan justru akanmenyimpang dari tujuan pokok pembangunan rumah sebagai sarana
kehidupan yang memerlukan suasana nyaman, tenang, indah, sehat danaman.

Dalam perencanaan rumah minimalis ini memiliki nilai kepraktisan ,fungsi, hemat dan efisien, sehingga lahirlah karya desain ,atau gagasan perencana arsitektur sesuai keinginan masing-masing, apa itu gaya minimalis, klasik, dan lain sebagainya.

Hal awal yang kita lakukan ialah, mulailah dari melakukan survey lahan tanah kemudian cobalah mensketsa denah sesuai dengan selera anda sehingga kita bisa memulai mendesain rumah.Untuk tata ruang terlebih dahulu kita harus mengetahui fungsi dan sifat dasar ruangan, ruang rumah dibagi atas 3 (tiga) kelompok berdasarkan fungsi dan sifat yang sejenis yang selanjutnya disebutarea :

1.       Area pemukiman (living area)
2.       Area  peristirahatan (sleeping area)
3.       Area pelayanan (service area)

Ketiga kelompok diatas dapat di bagi lagi dalam bentuk fungsi dankegunaan masing-masing :

1. Area pemukiman (living area) terdiri dari :
-    Ruang Tamu
-    Ruang makan
-    Ruang keluarga
-    Ruang belajar/kerja

2. Area  peristirahatan (sleeping area) terdiri dari:
-  Kamar tidur
-  Kamar mandi

Yang dimaksud adalah area yang digunakan untuk beristirahat penuh. Jadi, bukan sekedar istirahat santai sejenak atau santai seperti fungsi ruang keluarga. Area untuk istirahat terdiri dari kamar tidur dan ruang-ruang pelengkap lainnya, contohnya kamar mandi/ WC, ruang penyimpanan barang pribadi.

3.  Area pelayanan Rumah (service area)
-    Ruang Memasak
-    Ruang untuk Gudang
-    Ruang Garasi Penyimpanan Kendaraan

Setelah semua rincian diatas telah anda penuhi maka anda akan lebih mudah untuk merancang rumah idaman anda, disini kita menggunakan software Autocad, salah satu program desain gambar  yang biasadimanfaatkan untuk mendesain rancangan bangunan. Aplikasi yang praktis, mudah, dan cepat ini, juga bisa berkolaborasi dengan software3D Max. Pada perkembangannya aplikasi Autocad dimanfaatkan pula oleh para pengembang perumahan, tak terkecuali untuk mendesain rumah minimalis.


Belajarlah untuk menambah wawasan anda tentang desain rumah dengan melihat desain – desain rumah yang ada, atau dari buku – buku perancangan rumah agar anda tidak jenuh untuk memulainya.

Dan sebagai tips untuk mendesain rumah minimalis atau model rumah yang anda impikan, berikut beberapa tips tentang perencanaan rumah minimalis :
1.    Berikan sirkulasi udara yang bagus ke dalam ruangan untuk
2.    mengurangi panas dan lembab, penyinaran matahari langsung ke dalam ruangan minimal satu jam dalam sehari untuk kesehatan, dan dapat dilengkapi dengan teritis atap yang cukup untuk perlindungan bangunan terhadap panas matahari dan dari hujan di musim penghujan
3.    Agar rumah lebih terkesan hidup buatlah pekarangan di mukarumah sebagai pertanaman yang diperlukan  untuk penghijauan,kesegaran, keindahan, dan keserasian rumah.
4.    Perhatikan tentang keadaan lokasi tanah aman atau tidaknyadari banjir, sehingga kita dapat menentukan tinggi lantai bangunandari permukaan tanah.
5.    Dalam menetapkan jumlah dan ukuran ruang terlebih dahulu diadakan inventarisasi seperti, jumlah anggota keluarga, adat dankebiasaan, hobi dan selera, ukuran tanah dan dana yang tersediah
6.    Desainlah ruangan rumah yang mampu memberikan nilai tambahbagi kehidupan dan gaya hidup si pemiliknya atau anda sendiri. Bagi yang suka baca, sebaiknya disediakan semacam tempat baca dirumahnya, juga bagi yang ingin membuka kantor dirumah atau yang pekerja keras (berjiwa entreprenurship, suka kerja lembur dirumah, kalangan profesional kreatif, dan sebagainya) bisa
7.    dibuatkan ruangan kerja tersendiri dirumah, hal ini mampu memberikannilai tambah (plus) tersendiri bagi si pemiliknya.

Like dan Share  postingan ini agar bermanfaat bagi semua orang, terima kasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »