Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

Waspada!! 8 Aspek Ini Dapat Membuat Kualitas Baja Ringan Rumah Anda Menurun

Waspada!! 8 Aspek Ini Dapat Membuat Kualitas Baja Ringan Rumah Anda Menurun
Waspada!! 8 Aspek Ini Dapat Membuat Kualitas Baja Ringan Rumah Anda Menurun


Sahabat rumahku istanaku, benar memang apabila rangka atap baja ringan memiliki banyak keunggulan. misalnya saja, baja ringan merupakan material yang ramah lingkungan karena mampu mengurangi eksploitasi penebangan kayu yang menyebabkan kerusakan lingkungan, memiliki mutu material yang konsisten, dan telah melalui proses sertifikasi  SNI.
bukan hanya itu, material baja ringan ini juga tahan terhadap karat dan lapuk, serta pemasangannya yang relatif lebih cepat sehingga Anda bisa mendapatkan efisiensi waktu dan dana. Dari semua kelebihannya, ternyata terdapat factor-faktor yang dapat memengaruhi hasil akhir bahkan membahayakan penghuni rumah.
Supaya hal-hal tak diinginkan tersebut tak menimpa Anda, berikut 8 aspek yang buat kualitas baja ringan menurun. Berikut uraiannya!

1.   Dudukan Rangka Baja Ringan Bermasalah

Secara tidak langsung dudukan rangka dapat memengaruhi kinerja atap dari bahan baja ringan. Jika dudukan baja ringan miring, lambat laun akan memengaruhi kekuatan konstruksi yang ada. Jika terjadi dalam waktu lama akan menimbulkan ketidakseimbangan, kemungkinan ambruk semakin besar.

2.   Pemasangan Baja Ringan Tidak Pas

Baja Ringan berkutat pada sistem, cara pemasangan atap dari bahan baja ringan haruslah dilakukan sesuai aturan pemasangan. Cara pemasangan material baja ringan menentukan berhasil atau tidaknya atap berdiri kokoh. Jika salah pemasangan, bahaya ambruk akan menjadi ancaman bagi Anda. Tak peduli apakah itu sudah didesain dengan rangka yang benar, melalui perhitungan dengan beban atap maksimal, dan memakai bahan berkualitas.

3.   Pemasangan Baja Ringan Tidak Dilakukan Oleh Ahlinya

Atap Rangka baja ringan tidak bisa dipasang sembarang orang ataupun tukang yang belum berpengalaman dalam pemasangannya. Hanya orang-orang terlatih dan bersertifikatlah yang bisa mengerjakan pemasangannya. Kalau pemasangannya tepat, tidak perlu ada yang dikhawatirkan di kemudian hari. Rangka Baja Ringan akan kuat menopang atap hingga berfungsi maksimal

4.   Kualitas Material Baja Ringan Rendah

Sahabat Rumahku Istanaku, bagian atap merupakan salah satu area penting, maka jangan main-main dengan kualitasnya. Pilih rangka baja ringan yang berkualitas. Caranya, pakailah merek-merek produsen ternama yang tentunya lebih bisa dipercaya. Selain itu, sebaiknya Anda juga pakai satu merek, termasuk sampai ke baut-bautnya.

5.   Beban Baja Ringan Berlebih

Ada baiknya Anda sudah merencanakan dari awal apa sajakah barang-barang yang akan diletakkan atau yang berhubungan dengan rangka atap. Jika tidak, dikhawatirkan rangka tidak kuat menahan beban dan mengakibatkan bahaya ambruk pada atap. Tentunya Anda tidak mau, kan?

6.   Jorok Saat Melakukan Pemasangan Genting

Sahabat rumahku istanaku, Usahakan dalam memasang genting dengan benar. Benar di sini maksudnya agar Anda berhati-hati untuk tidak sering melakukan benturan pada konstruksi baja ringan. Memang benar kalau baja ringan anti terhadap karat, tapi jika sering terjadi benturan saat pemasangan genting, hal tersebut dapat mengakibatkan lapisan antikaratnya terkikis. Nah, kalau sudah terkikis Anda bisa bayangkan sendiri bagaimana akibatnya di kemudian hari.

7.   Lokasi Mempengaruhi Ketahanan Baja Ringan

Lokasi kontur rumah sangat memengaruhi kualitas atap baja ringan. Orang yang berada di daerah gunung cenderung mempunai sedikit masalah jika dibandingkan dengan orang yang memakai baja ringan di daerah pantai. hal ini berhubungan dengan karat yang disebabkan air laut. Jika diasumsikan, bahan baja ringan di daerah pegunungan dapat berumur 20 tahun sedangkan bahan baja ringan di daerah pantai hanya bertahan 10 tahun.

8.   Bocor Pada Genting yang Lama Ditangani

Sahabat rumahku istanaku, Apabila di rumah Anda mengalami kebocoran, segera cari sumber bocornya dan tangani kebocorannya. Selain dapat mengganggu aktivitas di area bawah, bocor juga memberi kontribusi yang tidak baik untuk material bangunan yang terkena tetesan bocor. Termasuk konstruksi rangka baja ringan, karena lama kelamaan akan menyebabkan karat.


Semoga bermanfaat… Jangan Lupa Bagikan Ya… semoga dapat menjadi manfaat bagi teman dan kolega anda.

Visitor