Wow !! 6 Solusi Jitu Mengatasi Rumah Gelap Jadi Terang


Wow !! 6 Solusi Jitu Mengatasi Rumah Gelap Jadi Terang
Wow !! 6 Solusi Jitu Mengatasi Rumah Gelap Jadi Terang

Sahabat Rumahku Istanaku, Kondisi rumah yang minim pencahayaan atau cenderung gelap akan membuat penghuni rumah tidak nyaman. Selain membuat rumah jadi suram, rumah yang gelap juga akan membuat sumpek dan mengganggu aktivitas penghuni rumah. Plus nya, dapat membuat tagihan listrik membengkak karena untuk membuat jadi terang harus menyalakan lampu selama 24 jam.
Keterbatasan lahan di daerah yang padat penduduk mengakibatkan rumah saling berdempetan antara satu dengan yang lainya. Resikonya pencahayaan dan penghawaan rumah menjadi kurang. Rumah jadi gelap dan terkesan pengap serta suram.
Mengubah desain rumah dan merenovasinya secara menyeluruh mungkin dapat menjadi solusi terbaik. Tetapi, solusi seperti ini tidak bisa diterapkan pada semua rumah. Jika Anda merasa bermasalah dengan rumah gelap, tak perlu cemas. artikel kali ini akan membahas 6 solusi untuk mengatasi rumah gelap jadi terang.

1.   Maksimalkan Ukuran Jendela Rumah Anda

Sahabat Rumahku Istanaku, Dalam sebuah ruang harus terdapat minimal 1 jendela untuk penghawaan dan pencahayaan, dengan ukuran minimal 1/3 dari luas bidang dinding terpanjang ruangan tersebut. Sebagai perbandingan , jika luas ruangan  Anda 3m x 4m, lebar jendela minimal adalah 1/3 x 4m = 1,33m. Sedangkan untuk tinggi menyesuaikan tinggi ruang, standarnya 1,2m. Jika intensitas cahaya berlebih, Anda bisa memakai pengurang cahaya seperti gorden, tirai dan sejenisnya.

2.   Pantulkan Cahaya Yang Masuk Rumah Lewat Media Cermin

apabila Anda tak punya sisa lahan untuk melakukan renovasi rumah, Anda bisa menyiasatinya dengan meletakkan cermin. Caranya dengan menempatkan cermin pada salah satu sisi dinding, di mana sumber cahaya masuk. Mengenai ukurannya, sesuaikan saja dengan luas ruangan yang Anda.

3.   Transparankan Rumah Anda

Sahabat Rumahku Istanaku, Jika Anda tidak ingin menghadirkan jendela dengan jumlah yang banyak, ada beberapa tips lain yakni dngan mentransparankan rumah. Maksudnya adalah membuat rumah bermandikan cahaya dengan material-material yang mudah ditembus sinar matahari, seperti memakai pintu kaca, mengaplikasikan skylight dan juga Anda bisa mempergunakan glassblock.

4.   Hindari Warna Gelap Pada Rumah Anda

Sahabat Rumahku Istanaku, jangan pakai warna gelap agar ruang tidak menjadi gelap. Sebaiknya anda mempergunakan warna-warna terang pada bagian dinding, lantai, maupun furniture rumah anda. Agar tak terkesan membosankan, Anda juga bisa menghadirkan warna-warna gelap sebagai suatu aksen di salah satu sisi bidang saja.

5.   Tepat Meletakkan Furnitur Rumah

Penempatan furnitur juga ada aturannya. Jangan sampai furnitur yang Anda letakkan malah menghalangi jalan masuknya cahaya. Untuk itu, Penataan yang pas adalah dari arah masuknya cahaya. Ketinggian furnitur adalah yang paling minimal dan terjauh dari sumber cahaya. Ketinggiannya harus yang paling optimal.

6.   Renovasi dan Tambahkan Inner Court Pada Rumah

Sahabat Rumahku Istanaku, Jika ingin mengatasi rumah gelap secara total dan memiliki pendanaan yang mencukupi, maka renovasi tata ruang dalam rumah menjadi cara yang paling ampuh. Buatlah taman di tengah ruangan atau disebut  juga inner court. Dengan adanya ruang terbuka di tengah rumah, maka cahaya matahari dapat masuk ke tengah ruangan anda, untuk kemudian disebarkan ke seluruh ruangan rumah.

Semoga bermanfaat…. silahkan di SHARE ya… moga-moga bermanfaat bagi teman dan kolega anda…

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »