Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

Wajib Baca!! 4 Tips Merawat Piranti Akuarium Rumah Anda

Tips Merawat Piranti Akuarium Rumah
Piranti Akuarium Rumah

Sahabat Rumah, Ketika Anda Memandangi ikan yang berenang ke sana – ke mari dalam piranti akuarium umumnya bisa jadi salah satu obat alternatif penghilang penat. Selain daripada ikan, Adanya suara gemericik air juga dipercayai bisa jadi obat relaksasi diri dan pikiran setelah seharian beraktivitas. Maka tidak mengherankan apabila sebagian besar pemilik rumah yang mempunyai akuarium di dalam rumahnya.
Meskipun demikian, apabila Anda memelihara ikan, wajib hukumnya untuk melakukan perawatan medianya yaitu akuarium. Pasti terlihat menyesakkan pandangan apabila akuarium yang Anda pandangi keruh lantaran sudah tumbuh lumut atau kotoran di dalamnya. Benarkan?
Oleh sebab itu, perawatan piranti akuarium di dalam rumah harus dilakukan secara rutin, agar air dan makhluk hidup yang ada di dalamnya terjaga kesehatannya. Berikut ini 4 tips merawat akuarium Anda dengan cara yang mudah dan relatif murah.

1.   Peliharalah Hewan Pembersih di dalam Piranti Akuarium

Tempatkan ikan atau hewan pembersih yang bisa membersihkan akuarium Rumah Anda. Misalnyanya, ikan sapu-sapu atau keong turbo. Kedua hewan ini mampu membersihkan kotoran dan lumut yang terdapat di dalam akuarium.
Karena, kotoran, lumut, dan sisa-sisa makanan ikan adalah makan alami dari kedua hewan tersebut. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan hewan atau tumbuhan lain yang memiliki manfaat sama dengan kedua hewan di atas kepada toko ikan langganan Anda.

2.   Pakailah Filter Air Piranti Akuarium yang Tepat

Untuk membantu kebersihan piranti akuarium di dalam rumah, Anda juga perlu menghadirkan filter. kegunaannya, agar air kolam tidak keruh dan terjaga kesehatannya. Minimal, pilihlah filter yang mempunyai kemampuan menyedot dan menyaring air kotor, sehingga air di dalam akuarium bersih kembali. Dengan begitu, Anda hanya cukup melakukan penggantian kapas filternya saja.
ada beberapa merk antara lain Aquila P9000, Jebo 501/502, dan lain sebagainya. Semakin hebat fitur yang diberikan filter air, maka semakin mahal pula harganya. Jadi, sesuaikan dengan kebutuhan anda saja.

3.   Tempatkan Arang Aktif Pada Akuarium Anda

Tempatkan arang aktif yang mempunyai kemampuan untuk menyaring,menghilangkan warna, penghilangan bau dan rasa, pemurnian air, menghilangkan ammonia, nitrit, penol, dan logam berat. Arang aktif sendiri biasanya sudah banyak tersedia di toko-toko ikan langganan anda, harga pun relatif murah. Jika membeli arang aktif, pastikan Anda membelinya dalam keadaan kemasan yang masih tertutup. Setelah itu, Anda bisa menempatkan arang aktif tersebut di bawah busa filter piranti akuarium rumah anda.

4.   Lakukan Penggantian Air Akuarium Secara Rutin

Lakukan penggantian air akuarium secara berkala. Saat penggantian jangan langsung dibuang begitu saja. Air bekas akuarium bisa Anda pergunakan untuk menyiram tanaman di rumah Anda. Sebab, air bekas akuarium mempunyai kandungan vitamin, mineral, klorin dan bebas dari zat kimia, sehingga aman dimanfaatkan untuk menyiram tanaman.
Terimakasih telah membaca artikel ini… dan silahkan baca artikel-artikel lainnya di dalam blog ini. semoga bermanfaat… terima kasih…

Visitor