Penting!! 5 Trik Jitu Melindungi Televisi Rumah Anda dari Kerusakan Akibat Sambaran Petir

Penting!! 5 Trik Jitu Melindungi Televisi Rumah Anda dari Kerusakan Akibat Sambaran Petir
Piranti Televisi Di Rumah Anda


Sahabat Rumah, Televisi atau TV merupakan barang elektronik di Rumah Anda yang gampang mengalamai kerusakan apabila terkena petir. Untuk mencegah kerusakan ini, Anda bisa mengikuti panduan agar Televisi di rumah anda tidak langsung mengalami kerusakan saat ada petir yang menyambar. apalagi saat musim hujan tiba
Ada benarnya, saat musim hujan, Televisi rentan terkena masalah khususnya karena adanya petir. Tetapi, tahukah Anda dengan 5 trik jitu ini, dapat meminimalisir kerusakan TV karena cuaca. Ini dia tipsnya.

Cegah kerusakan TV dengan alat penetral listrik

Sahabat Rumah, Kondisi Listrik yang tidak stabil dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, terutama saat hujan disertai petir. Tidak hanya televisi, piranti elektronik lainnya juga rentan mengalami kerusakan apabila listrik rumah Anda tidak stabil. Voltase terlalu rendah bisa mengurangi kinerja elektronik, sedangkan voltase terlalu tinggi bisa memperpendek usia pakai elektronik.
Lakukan Pemasangan alat penetral listrik (stabilizer) sebelum daya listrik disalurkan ke berbagai piranti elektronik. Pasanglah di dekat MCB (sekering), sehingga daya yang masuk akan lebih stabil dan terkontrol sebelum disalurkan ke berbagai area di rumah.

Jauhkan dari kebocoran dan lembap

Sahabar Rumah, pada  musim penghujan, apapun bisa terjadi. Bocor yang telat terdeteksi dan udara yang terlalu lembap adalah dua faktor yang bisa merusak televise rumah anda. Uap air yang menempel pada komponen televisi dapat menyebabkan korsleting saat televisi dinyalakan sehingga akan merusak televise rumah anda. Pastikan plafon di atas televisi aman dari bocor. Letakkan televisi pada area yang kering dan jauh dari sumber air, seperti kolam, sehingga uap air tak mudah menempel ke dalam komponen didalam televisi.

Matikan … dan cabut aliran Listrik TV Anda Jika Petir Melanda

Sahabat Rumah, Kilatan petir terdiri dari muatan listrik yang luar biasa besar dayanya, sehingga dapat mengganggu kinerja televise rumah anda. Sinyal televisi bisa terganggu dan gambar kurang jernih. Efek beratnya, terjadi korsleting bahkan kebakaran dalam sekali sambaran petir. Jika televise di rumah anda Anda tak memiliki komponen penangkal petir, jalan termudah mencegah sambaran petir adalah memutus aliran listrik saat terjad hujan lebat disertai petir. Jangan lupa untuk mencabut stop kontaknya juga.

Pilih dan Pasang antenna TV berpenangkal petir

Sahabat Rumah, secara umum, televisi yang menggunakan antena dalam akan lebih aman dari sambaran petir dibandingkan antena luar. Pastikan Anda memilih antena luar yang berada di atap rumah berpenangkal petir dengan bahan logam yang tersambung langsung dengan kabel grounding di dalam tanah, sehingga energi listrik dari petir yang sangat besar ini dapat langsung dialirkan ke tanah tanpa sempat menyambar piranti elektronik.

Membuat instalasi grounding di Tanah

Saabahat Rumah, Grounding merupakan bentuk instalasi listrik untuk mengurangi energi potensial yang berlebihan dengan cara menyalurkannya ke dalam tanah. Instalasi grounding tertanam di dalam tanah yang mengandung air dan dipasang dengan jarak minimal 5 meter dari permukaan tanah. Ketika energi listrik yang berlebihan dialihkan ke instalasi grounding, air akan segera menyebarkan kelebihan energi ini ke tanah untuk dinetralisir.
Semoga Bermanfaat… silahkan di bagikan… terima kasih

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »