Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

Penting!! Solusi Sehat Pakai Piranti AC dan Kipas Angin di Rumah Anda

Penting!! Solusi Sehat Pakai Piranti AC dan Kipas Angin di Rumah Anda
Penting!! Solusi Sehat Pakai Piranti AC dan Kipas Angin di Rumah Anda

Sahabat Rumahku Istanaku, Pemakaian AC dan kipas angin di rumah jangan asal dingin. Tolong Perhatikan juga cara penggunaan kedua piranti tersebut agar kesehatan Anda terjaga.

Ketika Musim Kemarau melanda maka suhu akan menjadi sedikit lebih panas yang membuat kebanyakan anda menggunakan pendingin udara untuk rumah anda. yaitu menggunakan piranti AC ataupun kipas angin. Memang, kedua piranti ini secara langsung dapat membantu kita untuk mendinginkan udara di rumah anda serta suhu tubuh kita.

Disadari atau tidak, ketika berada di ruangan yang berudara sejuk otomatis tingkat kenyamanan terhadap suatu ruang akan meningkat dan secara tidak langsung membuat tingkat stress kita menjadi menurun.

Namun, tahukah Anda bahwa penggunaan AC dan kipas angin yang tidak Pas berbahaya bagi kesehatan tubuh? ketika hal itu terjadi, hal apa yang harus anda lakukan di rumah anda? berikut ini cara sehat menggunakan AC dan kipas angin di rumah anda.

Menggunakan Piranti Pendingin AC saat tidur malam Di Rumah

Ada baiknya, ketika matahari mulai terbit hingga pukul 10 pagi, matikan piranti AC rumah anda. Berikan kesempatan untuk udara di dalam rumah bersirkulasi. Caranya, yaitu dengan membuat sinar cahaya matahari pagi dan udara masuk melalui jendela dan pintu ruangan di rumah Anda. Cara ini dapat melancarkan sirkulasi udara dan membunuh kuman dalam yang mungkin ada di dalam rumah anda. dan juga piranti AC yang digunakan tingkat kedinginannya sesuai dengan lebar ruangan di dalam rumah anda.

Menggunakan Piranti Kipas angin Di Rumah

Berilah ruang udara di rumah anda dengan membuka jendela . apabila memiliki jendela yang saling berhadapan, letakkan satu kipas angina tau air cooler dengan arah menghadap ke luar di sisi ruangan yang lebih panas atau lebih banyak terpapar sinar matahari. Kemudian, letakkan kipas angin atau air cooler yang kedua di depan jendela yang lain, dengan posisi ke arah dalam. Letakkan kipas angin atau air cooler di jendela yang lebih sejuk  dengan ketinggian yang serendah mungkin.

Lakukan pembersihkan baik AC maupun kipas angin secara rutin

Sahabat Rumahku Istanaku, Kotoran dan debu yang menempel di kedua bagian piranti AC dan kipas angin tersebut dapat mereduksi kinerjanya. Selain dapat membuat kedua piranti AC dan kipas angin cepat rusak, pembersihan membuat agar udara yang dihasilkan piranti AC dan Kipas Angin ini benar-benar bersih.

 

Tempatkan tanaman hias di ruangan Rumah Anda.

Data empiris menyatakan, bahwa selain berfungsi sebagai penghias ruangan, saat ini banyak beredar tanaman yang memiliki fungsi sebagai penyaring udara kotor. Dengan begitu, udara kotor yang ada di ruangan Rumah Anda dapat terurai. Anda bisa menggunakan tanaman bonsai, beringin, palem-paleman, dan lain sebagainya.

Lakukan pembersihan ruangan mulai dari jendela, lantai, hingga meja kerja.

Kegiatan pembersihan dilakukan  agar bakteri, kuman bahkan penyakit tidak ada di rumah Anda. Jika mereka sudah hinggap, apalagi bagi Anda yang menggunakan AC, bakteri, dan kuman itu akan terus berputar di sirkulasi udara pada ruangan di Runag Anda. Tak mau kan? Tak lupa untuk membuang sampah pada tempatnya ya, untuk menghidari pertumbuhan kuman dan penyakit yang tak diinginkan.

Like dan Share Postingan ini ya…. Semoga bermanfaat bagi teman dan kolega anda. terima kasih…

Visitor