Wajib Baca!! Kenali Jenis Cat Interior dan Ekterior Rumah Anda

Wajib Baca!! Kenali Jenis Cat Interior dan Ekterior Rumah Anda
Wajib Baca!! Kenali Jenis Cat Interior dan Ekterior Rumah Anda


Sahabat Rumahku Istanaku, jenis cat yang dijual di pasaran sangat beragam. Kenali perbedaan bahan cat dan kegunaannya agar tak salah saat mengaplikasikannya.

Membicarakan tentang cat, tahukah Anda bahwa material cat ini mempunyai komposisi bahan yang sangat beragam? Bahkan, untuk satu jenis cat saja, contohnya cat interior, komposisi bahan dari satu merek dengan merek lainnya memiliki banyak perbedaan.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir. Beberapa cat sudah dilengkapi dengan beberapa tulisan dan gambar untuk kegunaannya. Tetapi, apabila anda masih kurang yakin, coba Anda lihat bahan dasar utama dari cat tersebut. Secara umum, berikut ini bahan dasar cat yang banyak tersedia di pasaran dan banyak diaplikasikan pada rumah.

1. Cat Rumah Jenis Alkyd syntetic

Bahan Cat Jenis ini lebih banyak diaplikasikan untuk cat eksterior rumah dan interior rumah. Jika dilihat, cat jenis Alkyd Syntetic  mempunyai tampilan yang mengkilat yang tinggi. Catnya juga terbilang tahan terhadap cuaca dan jamur.

2. Cat Rumah Jenis emulsi styrene acrylic

Bahan Cat jenis ini mempunyai aplikasi yang mirip dengan cat berbahan dasar alkyd syntetic. Aplikasinya pun cocok untuk interior rumah dan eksterior rumah Anda. Hanya saja, berbeda dengan alkyd syntetic yang cocok dipergunakan untuk permukaan yang halus, cat emulsi ini bisa digunakan untuk permukaan yang lebih kasar untuk bahan plesteran, beton, batako, asbes, dan tripleks.

3. Cat Rumah Jenis zinc chromate primer

Sahabat Rumahku Istanaku, Dilihat dari bahannya yang terbuat dari zinc chromate, cat jenis ini khusus ditujukan untuk material keras seperti besi dan logam. Tetapi Cat ini dapat juga dipergunakan untuk pengecatan seng, dan logam lainnya. Cat jenis ini dapat melindungi material dari karat dan meminimalisir terjadinya korosi dari udara laut yang membawa unsur garam.

4. Cat Rumah Jenis thermoplastic

Sahabat Rumahku IStanaku, bahan dasar Jenis cat ini umumnya diergunakan untuk aplikasi pengecatan marka jalan, untuk pengarah atau penunjuk jalan, dan membantu pengguna mobil agar berada di koridor yang benar hingga kecelakaan bisa diminimalisir. Ini dapat disebabkan apabila terkena lampu atau cahaya, cat jenis thermoplastic ini tampak seperti mengeluarkan cahaya. Padahal, itu hanya efek pantulan cahaya.

5. Cat Rumah Jenis Duco

Bahan Cat ini umumnya dipergunakan sebagai  cat dasar penutup permukaan kayu ataupun logam sehingga didapatkan permukaan yang lebih rapat. Yang paling terkenal, cat jenis ini diaplikasi untuk furnitur interior berbahan kayu.

6. Cat Rumah Jenis Epoxy

Bahan Cat ini Seringkali digunakan sebagai cat dasar di dinding interior, yaitu untuk melapisi permukaan sebelum dilakukan proses pengecatan, karena cat jenis ini mempunyai daya ikat yang kuat. Akan tetapi, dengan berkembangnya teknologi membuat cat jenis ini sudah digunakan sebagai cat dasar untuk besi dan logam juga.

7. Cat Rumah Jenis Polyurethane

Sahabat Rumahku Istanaku Cat jenis ini bisa dijadikan sebagai alat untuk mengekpos material dasar antara lain serat kayu karena warnanya transparan. Apabila dilihat, material cat ini lebih banyak yang berwarna mengkilap dibanding yang tidak mengkilap.

Like dan Share Postingan ini…semoga bermanfaat bagi teman dan kolega anda. terima kasih telah membaca artikel ini

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 komentar

komentar