Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

3 Solusi Menekan Biaya Renovasi Rumah

3 Solusi Menekan Biaya Renovasi Rumah
3 Solusi Menekan Biaya Renovasi Rumah


Sahabat Rumah, Supaya biaya renovasi rumah dapat diminimalkan atau minimal sesuai perencanaan, inilah beberapa solusi yang harus Anda lakukan.
Fakta empiris mengatakan,“Jika anda bangun rumah, itu kelihatan prosesnya. Tapi kalau anda merenovasi rumah, tidak sepenuhnya terlihat. contohnya, proses pembongkaran. Itu sih yang enggak disadari oleh kebanyakan orang hingga pada akhirnya memunculkan pertanyaan. Mengapa bisa membengkak (biayanya)?” tutur Wahyudi, developer perumahan PT Selaras Bangun Persada.
Memang, kebanyakan orang yang berpikir bahwa proses renovasi rumah itu lebih murah dibangun bangun rumah. Tidak sepenuhnya anggapan itu benar. Kesalahan dalam perencanaan dan pengerjaan renovasi rumah dapat membuat biaya renovasi rumah Anda membengkak.
Untuk meminimalisir hal tersebut, ini dia beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

1. Tentukan Skala Prioritas Renovasi Rumah

Sahabat Rumah, Skala prioritas ini lebih berkaitan dengan kebutuhan ruang atau renovasi seperti apa yang Anda butuhkan. Contoh, karena anak Anda mulai tumbuh besar dan butuh kamar tidur yang baru, serta butuh ruang tidur untuk tamu. Maka, renovasi rumah yang harus Anda lakukan adalah menambah dua ruang untuk tidur. Apabila memungkinkan, Anda tambah satu buah kamar mandi juga.
Untuk itu, yang perlu Anda lakukan adalah bagaimana merealisasikan ruang ini. Utamanya, apabila harus dikaitkan dengan dana Anda yang terbatas. apabila setelah dihitung dan ada dana yang lebih, baru Anda dapat berpikir menambah ruang lain. Intinya jangan memaksakan menambah banyak ruang dan pilih lah yang paling penting atau urgent. Semakin luas ruangan yang ingin direalisasikan,  maka semakin besar dana yang akan Anda keluarkan.

2. Manfaatkan Kondisi Eksisting Rumah Awal

Sahabat Rumah, Ada banyak faktor yang perlu dicermati saat menyusun denah ruang, mulai sirkulasi udara, pencahayaan ruang, kondisi lingkungan sekitar, penempatan ruang yang digunakan untuk ruang terbuka hijau, dan banyak hal lainnya. Cermati juga kondisi bangunan. kalo bisa, manfaatkanlah ruang-ruang yang sudah ada, sehingga tidak perlu ada pembongkaran yang terlalu banyak. Makin banyak pembongkaran dan pengubahan letak ruang, makin besar pula biaya renovasi rumah anda.

3.  Konsisten dengan Perencanaan Awal Renovasi

kuncinya Konsisten, ada baiknya tidak terjadi perubahan desain, terutama jika perubahan desain itu terjadi saat proses renovasi. Sedikit perubahan akan berpengaruh banyak terhadap biaya yang harus anda cadangkan. Perubahan struktur bangunan akan memakan lebih banyak biaya pembangunan. Apabila belum direncanakan, pembengkakan biaya yang besar akan menjadi kenyataan.

Visitor