4 Solusi Pembersih Alami Perabotan Rumah

4 Solusi Pembersih Alami Perabotan Rumah
4 Solusi Pembersih Alami Perabotan Rumah


Sahabat rumah perabotan rumah sangat penting untubak menjaga kesehatan penghuni rumah. tetapi, banyak penghuni rumah  yang tidak menggunakan bahan bahan pembersih alami perabotan rumah. Banyak yang masih menggunakan bahan-bahan kimia
Padahal, berdasarkan penelitian dari Environmental Working Group di Amerika, 53% produk pembersih diduga memiliki bahan kimia yang bisa merusak paru-paru.
Selain itu, bahan kimia tersebut ada pula yang mengandung karsinogen (zat pemicu kanker, seperti formaldehyde dan chloroform. Sesuai dengan pepatah “Lebih baik mencegah daripada mengobati”, sebaiknya Anda mulai menggunakan bahan-bahan alami sebagai pembersih dari perabot rumah tangga. Bahan-bahan alami tersebut sangat mudah ditemukan di dapur Anda, kok. Silakan mencoba!

Bahan Cuka

Anda dapat menggunakan cuka sebagai bahan pembersih untuk lantai dan berbagai perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu. Walaupun memiliki aroma yang tak sedap, tapi cuka dapat menjadi pembersih alami yang aman untuk perabot. Berikut ini perabot yang dapat dibersihkan dengan cuka dan caranya.
  • Campurkan setengah cangkir cuka dengan air panas. Bila Anda tak suka aroma cuka yang menyengat, campurkan juga dengan perasan lemon. Campuran ini dapat digunakan sebagai pembersih lantai dan membuat lantai rumah Anda cemerlang seketika.
  • Masukkan cuka ke dalam botol spray. Kemudian, campurkan dengan air, perbandingannya 3 (air) : 1 (cuka). Semprotan ini dapat Anda gunakan untuk membersihkan meja, jendela, atau pajangan.
  • Untuk menghilangkan noda pada karpet, siram area yang terkena noda dengan cuka. Kemudian, tempelkan handuk yang telah dibasahkan dengan air di atas permukaan yang kotor. Tekan-tekan perlahan agar noda dan cuka terserap ke handuk. Lakukan beebrapa kali sampai noda memudar. Lalu, bersihkan dengan menggunakan sabun.

Buah Lemon


Buah ini seringkali menjadi bahan utama atau campuran untuk pembersih perabotan. Selain ampuh untuk membersihkan, lemon juga dapat membunuh bakteri, dan meninggalkan aroma citrus yang segar. Lemon dapat digunakan untuk membersihkan perabot dapur, seperti sink, kompor gas, atau piring. Caranya, campurkan beberapa tetes air lemon dengan 1 liter air, lalu kocok hingga tercampur. Gunakan spons atau lap kering saat menggunakannya.

Garam Dapur


Selain dapat meluluhkan minyak dan lemak pada oven, garam juga dapat merontokkan kerak yang membandel sekalipun. Caranya, basahi permukaan perabotan yang akan dibersihkan, lalu taburkan garam di atas noda. Diamkan beberapa saat hingga garam menjadi basah. Lalu, bersihkan dengan lap atau sikat halus.  Semakin membandel kotoran yang lengket pada perabotan, semakin lama juga Anda harus mendiamkan garam sebelum dilap. Waktu yang diperlukan biasanya 10—15 menit.

Bahan Teh

Gunakan teh untuk membersihkan perabotan yang berkarat. Caranya, seduh beberapa kantong teh dalam satu liter air panas, atau sesuaikan dengan kebutuhan. Biarkan beberapa saat hingga dingin. Ambil kain lap lembut, celupkan ke dalam larutan teh dan peras. Gunakan kain lap tersebut untuk membersihkan permukaan perabot yang kotor. Lalu, keringkan dengan menggunakan lap kering.
Demikian 4 Solusi bahan pembersih alami perabotan rumah anda. semoga bermanfaat…jangan lupa SHARE YA…
(sumber: disarikan dari http:// rumahguide.id/tips/ini-bahan-bahan-alami-pembersih-perabotan-dari-cuka-sampai-teh/)

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »