8 Solusi Rumah Anda Sejuk Tanpa Menggunakan Pendingin Ruangan AC

8 Solusi Rumah Anda Sejuk Tanpa Menggunakan Pendingin Ruangan AC
8 Solusi Rumah Anda Sejuk Tanpa Menggunakan Pendingin Ruangan AC

Sahabat Rumah, Pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) merupakan cara cepat membuat ruangan yang ada di rumah menjadi sejuk. Tetapi, bagaimana Cara membuat rumah sejuk tanpa menggunakan pendingin ruangan AC?

Di saat teriknya matahari yang mengancam hawa sejuk yang ada di rumah Anda, menyalakan Pendingin ruangan atau AC merupakan cara tercepat untuk mengatasinya. Memang, piranti elektronik ini sudah banyak dipilih lantaran penggunaannya yang cepat dan simpel. namun, penggunaan listrik untuk menyalakan satu pendingin ruangan atau AC aja tidak dapat dibilang kecil.

Terlebih lagi, jika Anda menggunakan pendingin ruangan dari AC dalam jumlah banyak dan dinyalakan selama 24jam tanpa berhenti. Anda dapat membayangkan berapa biaya yang Anda harus keluarkan untuk membayar kebutuhan listrik saja, belum lagi biaya kebutuhan lainnya. Jika anda dapat menyiasatinya, kenapa tidak? Biaya yang berlebih itu, bisa Anda alihkan untuk kebutuhan lain bukan?

Sahabat Rumah, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan agar rumah tetap sejuk tanpa memakai Pendingin ruangan atau Air Conditioner. Berikut ini cara-cara sederhananya, silahkan disimak!


  1. Pertama, Tutuplah jendela dan gorden rapat-rapat pada pagi hari ketika udara masih sejuk. Fungsinya, supaya udara sejuk betah tinggal di ruangan Anda, sebelum cuaca panas pada siang hari menyelimuti rumah Anda. Jika begitu, Anda tetap dapat merasakan sejuk walaupun tanpa pendingin ruangan atau AC bukan?
  2. Kedua, Bukalah jendela rumah dan gorden lebar-lebar saat matahari terbenam. langkah tersebut mempunyai kegunaan untuk membuang udara panas yang ada di rumah saat siang hari tiba. Ganti udara panas tersebut menggunakan bantuan kipas angin. Kipas angin bisa membantu Anda mendorong udara panas terbuang dan menggantikannya dengan udara sejuk saat malam hari tiba.
  3. Ketiga, Matikan lampu yang tidak terpakai dan alat elektronik yang tak perlu pada siang hari. Kenapa? karena piranti tersebut dapat menghasilkan energi panas pada ruangan di rumah anda. Usahakan juga untuk memasak pada pagi dan malam hari.
  4. Keempat, Gunakan kipas angin yang diletakkan pada langit-langit rumah anda. harga kipas angin jenis ini memang tidaklah murah, Akan tetapi kipas angin ini lebih efektif dalam membantu sirkulasi udara ke seluruh ruang dibandingkan kipas angin putar horizontal.
  5. Kelima, tanamilah pekarangan rumah Anda dengan tumbuh-tumbuhan dan pepohonan. Tumbuhan dan pepohonan dapat menghasilkan oksigen di siang hari, yang berguna membuat sirkulasi udara bersih baik dan menimbulkan kesan teduh. Selain daripada itu, pohon yang daunnya lebat sangat efektif menghalau sorotan sinar matahari di siang hari. Jika memungkinkan, tanamlah tumbuhan dan pepohonan tersebut menghadap ke barat ya.
  6. Keenam, Secara logika, udara panas akan selalu naik ke atas. Nah, apabila sudah begitu anda harus menyiasati dengan memasang ventilasi pada atap rumah. Hal tersebut dapat membantu Anda membuang udara panas yang ada dan menggantikan udara panas dengan udara sejuk.
  7. ketujuh, Lakukan pelapisan kaca jendela dengan kaca film. Kaca film selain bisa melindungi privasi serta keamanan rumah yang Anda huni, ternyata kaca film dapat menangkal panas matahari yang masuk ke dalam rumah anda. tetapi, anda tidak perlu risaudengan gelap, karena sinar matahari tetap dapat menjangkau ruangan di rumah anda dan tidak akan membuat ruangan jadi gerah.
  8. Kedelapan, Pakailah dinding yang terbuat dari styrofoam. Memang, biasanya Styrofoam dipergunakan sebagai peredam di studio musik. Namun kenyataannya, Anda dapat mengaplikasikan Styrofoam untuk dinding rumah Anda lantaran Styrofoam merupakan isolator yang baik.
Begitulah 8 (delapan) solusi rumah anda sejuk tanpa menggunakan pendingin ruangan elektronik. Semoga bermanfaat…silahkan di SHARE YA.. semoga juga menjadi manfaat bagi teman dan kolega anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »