Cool !! Lampu ini Bisa Menyala Tanpa Perlu Listrik Rumah

Cool !! Lampu Grand Solar Bisa Menyala Tanpa Perlu Listrik Rumah
Cool !! Lampu Grand Solar Bisa Menyala Tanpa Perlu Listrik Rumah

Sahabat Rumah, salah satu upaya melakukan penghematan pemakaian listrik di rumah adalah dengan menggunakan lampu dengan sumber listrik tenaga matahari. berikut pilihannya!

Krisis energi listrik di Indonesia masih menjadi topik pembicaraan hangat. Cadangan listrik dan bahan bakar pembangkit listrik yang semakin berkurang memaksa PLN untuk melakukan pemadaman bergilir pada beberapa wilayah. Masalah ini sudah mulai dirasakan oleh sebagian besar masyarakat di beberapa daerah. Krisis kelistrikan Tidak hanya di daerah terpencil tetapi sudah mulai merambah ke kota-kota besar.

Dengan keterbatasan sumber listrik dari minyak bumu ini, ada tiga hal yang dapat dilakukan. Pertama, belajar untuk selalu bijak dalam pemakaian. Kedua, mengaplikasian lampu hemat energi. Dan yang ketiga, mengaplikasikan sumber energi alternatif dalam bentuk yang lain

Sahabat Rumah, Solusi pertama dan kedua, sifatnya hanya mengurangi pemakaian saja. Ketergantungan terhadap energi listrik masih tetap terlihat. Sedangkan mengenai langkah ketiga, bersifat menghilangkan ketergantungan terhadap energi listrik kepada energy lainnya.

Sahabat Rumah, Penggunaan energi alternatif adalah solusi yang terbaik untuk memecahkan masalah semakin berkurangnya pasokan listrik dari PLN. Melimpahnya energi di sekitar Anda yang bisa didapatkan gratis bisa dimaksimalkan untuk mendapatkan energi listrik dalam bentuk lain.

Sahabat Rumah, sinar matahari merupakan sumber energi yang bisa diubah menjadi energy listrik. Sudah banyak bentuk pemanfaatan sinar matahari untuk menghasilkan listrik. contoh nyatanya adalah lampu yang memanfaatkan sumber daya matahari sebagai energi utama untuk menyalakan lampu. Samapai saat ini, lampu yang menggunakan sinar matahari banyak digunakan sebagai lampu penerangan jalan atau lampu lalu lintas jalan. Untuk skala perumahan, dewasa ini sudah tersedia lampu taman yang menggunakan sinar matahari. Di pasaran produk tersebut diberi label merk lampu grand solar.

Berdasarkan keterangan Rasyariel D. Margiaty, Marketing Manager PT Grand Battery Technologies Indonesia (penjual lampu grand solar), lampu taman grand solar dibuat khusus dapat mengubah energi berlimpah dari matahari menjadi energy listrik. Di Indonesia lampu jenis ini termasuk hal yang baru. Peredaran lampu grand solar di pasaran mulai beredar sekitar akhir bulan Maret 2009.

Komponen Utama Lampu Grand Solar

Sahabat Rumah, Lampu Grand Solar ini memanfaatkan perangkat solar panel yang biasanya dipakai pada piranti heater. Piranti ini adalah komponen utama lampu grand solar karena dari piranti ini, energi sinar matahari bisa ditangkap dan disimpan di dalam baterai.

Umumnya, lampu taman grand solar ini terdiri dari 3 komponen utama. Pertama, kaki lampu grand solar yang berbentuk runcing. Komponen ini mempunyai fungsi untuk menancapkan lampu ke dalam tanah. Kedua, tiang lampu. Komponen ini mempunyai ukuran panjang yang bervariasi. Untuk saat ini ukuran ketinggian maksimal yang ada di pasaran sekitar 60 cm. Dan ketiga adalah rumah/kepala lampu grand solar.

Sahabat Rumah, Bagian terpenting dari produk ini di dalamnya terdapat solar panel, lampu LED yang merupakan sumber penerangan lampu, lampu indikator, dan baterai sebagai tempat menyimpan energi listrik.
Untuk bahan lampu grand solar, bagian kaki dan tiang lampu terdiri atas 2 jenis bahan, yaitu bahan plastik dan bahan yang terbuat dari stainless steel. Sedang untuk bagian kepala lampu, bahannya beragam sebab pada bagian ini terdapat bermacam-macam komponen, mulai dari bahan stainless stell atau bahan plastik untuk bagian rumah lampu dan kaca atau mika tembus pandang sebagai bahan pelindung solar panel yang terletak di bagian atas kepala lampu grand solar.

Sistem Kerjanya Menyimpan Energi Matahari

Sahabat Rumah, Prinsip utama kerja lampu ini adalah menangkap energi matahari dan menyimpan energi tersebut di dalam baterai yang ada di dalam komponen lampu. Ketika siang hari, solar panel yang berada di bagian atas lampu menangkap cahaya atau sinar matahari. Tidak hanya sinar matahari yang ditangkap tetapi juga sinar UV pada saat matahari tidak bersinar terang juga bisa ditangkap oleh piranti lampu solar panel. Dengan demikian, dalam kondisi cuaca mendung atau berawan, solar panel masih bisa menjalankan fungsinya untuk menangkap energi. Hal ini berbeda jika tidak ada sinar matahari seperti ketika malam hari, maka solar panel tidak bisa memperoleh energi.

Sahat Rumah Sinar atau energi matahari yang ditangkap lalu dirubah menjadi energi listrik melalui  proses photovoltaic. Listrik yang dihasilkan oleh solar panel langsung disimpan di dalam baterai solar panel. ketika solar panel bekerja, lampu indikator yang berwarna merah akan menyala. Jika proses pengisian energi dari solar panel ke baterai sudah penuh, lampu indikator akan secara otomatis mati.

Listrik yang sudah tersimpan di dalam baterai, dapat menyalurkan energi listrik. Tinggal geser tuas saklar pada rumah lampu, lampu pun menyala. ketika kondisi baterai penuh, lampu akan menyala selama lebih kurang 12 jam.
Sahabat Rumah, Guna mendapatkan baterai penuh, hanya diperlukan cahaya matahari minimal selama 4 jam dan sinar matahari bersinar tanpa ada mendung. Dalam kondisi berawan atau mendung, lampu ini tetap bisa menyimpan energy matahari. Tetapi, sinar lampunya tidak terang dan waktu menyalanya juga berkurang bila tidak mendapatkan energi penuh. Lampu solar panel yang hanya mendapatkan energi sedikit dari matahari hanya sanggup menyala lebih kurang 6-8 jam.

Desain Lampu Grand Solar Yang Ringkas

Jenis Lampu grand solar ini dibuat mudah dalam pemakaiannya. Pemasangan lampu grand solar pun sangat mudah. Cukup dengan menancapkannya di anah. sedangkan model gantung, lampu tinggal dipasang di permukaan dinding. Hanya saja, untuk rumah yang tidak berpagar lampu yang ditancapkan di tanah sebaiknya dibaut atau ditanam di dalam blok beton supaya tidak mudah diambil tangan yang tidak bertanggung jawab
Sahabat Rumah, macam lampu grand solar dibedakan berdasarkan bahan lampu, ukuran, dan luasan penampang piranti solar panel. Keanekaragaman lampu solar panel ini juga menentukan harga jualnya. sedangkan lampu dari bahan stainless stell harganya lebih mahal dibandingkan lampu dari bahan plastik. untuk perbandingan, untuk lampu dari bahan plastik harganya berkisar antara Rp110 ribu–Rp200 ribu.

Jenis lampu grand solar juga dibebakan dari warna lampu LED-nya. Ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna kuning. Namun, warna lampu tidak mempengaruhi perbedaan harganya.

Dengan pemakaian lampu seperti ini, energi listrik di rumah bisa dihemat menjadi 10%. Tagihan listrik pun bisa berkurang setiap bulannya. CUkup Hemat bukan?

Semoga Bermanfaat... Jangan Lupa Share Ya...
(sumber : www. rumah.grid.id/tips/grand-solar-si-lampu-taman-tanpa-listrik/)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »