Penting!! Langkah Mencegah Rumah Anda Dari Kebocoran

Penting!! Langkah Mencegah Rumah Anda Dari Kebocoran
Penting!! Langkah Mencegah Rumah Anda Dari Kebocoran

Sahabat Rumah, khawatir rumah Anda menjadi bocor saat musim hujan? Perhatikan beberapa hal berikut agar kejadian bocor pada atap rumah dapat diminimalisir.

Rumah merupakan pelindung bagi penghuni yang ada di dalamnya dari segala pengaruh cuaca baik cuaca hujan maupun cuaca panas. Langkah pertama adalah perencanaan desain yang tepat untuk rumah. Hal-hal Berikut ini merupakan poin-poin yang perlu diperhatikan.

Bukaan Rumah

Sahabat Rumah, Bukaan yang ada di rumah dirancang dengan mempertimbangkan fungsi dan estetika. Bukaan dalam rumah juga berpotensi membawa air masuk ke dalam rumah karena terbawa tekanan angin. Harus diperhatikan posisi penempatan bukaan, bentuk, penempatan dengan memperhatikan orientasi rumah dan pemasangannya agar terhindar dari limpasan air hujan

Dinding Rumah

Sahabat Rumah, Berkaitan dengan air hujan, masalah pokok yang biasa terjadi pada dinding adalah rembesan air. Penyerapan air pada dinding dapat terjadi karena adanya kerusakan pada dinding rumah, pilihan material yang tidak tepat, dan faktor perawatan dinding yang diabaikan.

Taman Rumah

Sahabat Rumah, Curah hujan yang cukup tinggi membutuhkan saluran limpasan air hujan yang tepat. Prinsipnya, air hujan yang jatuh dari atap harus cepat melimpas sampai ke tanah.

Lantai Rumah

Sahabat Rumah, Selain faktor teknis dalam pembuatan dan pemasangan lantai rumah, perencanaan aliran buangan air yang turun ke tanah harus diperhatikan. Sistem resapan dan pembuatan saluran air limpasan harus direncanakan dengan baik dan benar.

Atap Rumah

Sahabat Rumah, Atap rumah miring paling cocok untuk merespon air hujan karena air hujan yang turun dapat dengan mudah mengalir ke saluran limpasan air hujan. Masalah utama pada atap rumah yang berhubungan air hujan adalah bentuk atap yang tidak tepat dan pilihan jenis penutup atap dan pemasangan atap yang tidak sempurna.

Teritisan Rumah Penahan Air Hujan

Sahabat Rumah, Kemiringan minimum untuk atap adalah 30˚. Sedangkan untuk teritisan rumah yang berbentuk datar, panjang minimumnya 1–1,2 m. Teritisan rumah yang lebih panjang (mendekati 1,5m) lebih baik, karena air hujan yang turun di daerah tropis kemiringannya bisa mendekati 80˚-90˚.

Bagian yang mempunai potensi kemasukan air adalah pertemuan beberapa elemen bangunan (misalnya: dinding rumah dan atap rumah, dinding rumah dan bukaannya, dinding rumah dan lantai rumah), perbedaan level bangunan rumah, dan perpaduan bahan yang berbeda dan juga penanganan yang tidak pas.

Semoga Bermanfaat… jangan lupa SHARE YA…

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »