Penting!! Trik Jitu Kamar Mandi Rumah Anda Sehat dan Ideal


Sahabat Rumah, apabila Dibandingkan dengan ruang lainnya di rumah anda, kamar mandi mempunyai tingkat kelembaban yang paling tinggi. Hal apa saja yang perlu diperhatikan dari desain kamar mandi rumah anda?

Menurut Soleh Hadiyana, praktisi arsitek sekaligus desainer interior dari Delta Putra Jaya menyatakan bahwa desain kamar mandi rumah yang ideal adalah yang sehat dan bersih, serta harus mempunyai kelengkapan fasilitas sesuai dengan kebutuhan penghuni rumah anda.

Sahabat rumah, Kamar mandi rumah pun sudah mengalami perluasan fungsi. Pada awalnya, kamar mandi hanya berfungsi sebagai ruang untuk membersihkan diri, saat ini berubah fungsi ruang relaksasi dan personalisasi sang pemilik rumah.

Hal yang serupa disampaikan Andry Mulyono, Manager Showroom Kohler Design Center. “Saat ini, ruang kamar mandi bukan hanya tempat membersihkan diri, tapi juga merupakan tempat untuk diri sendiri,” kata Andry Mulyono.

Sahabat Rumah, Besar kecilnya ruangan kamar mandi di dalam rumahanda tergantung dari ukuran lahan yang tersedia. anda perlu menyesuaikan ukuran kamar mandi dengan kebutuhan seluruh anggota keluarga. lengkapi fasilitas perlengkapan sanitasi (kloset, bidet, bathtub, shower, wastafel, keran) yang sesuai dan memiliki standar kualitas yang ditentukan dengan dimensi luasan kamar mandi yang anda miliki.

Sahabat Rumah, Kemiringan lantai dari tempat tinggi menuju lubang drainase minimal 2cm. Jangan lupakan jendela (minimal 60cm x 90cm) dan lubang udara (minimal 30cm x 40cm) di dalam ruang kamar mandi. Sirkulasi udara yang ideal di kamar mandi adalah 30% dari luas kamar mandi. Buatkan zoning antar area yang basah dan kering dengan menggunakan sekat kaca transparan atau gorden dari bahan plastic yang tahan air.

Sahabat Rumah, Sistem sanitasi ruang kamar mandi merupakan hal yang wajib ada di area ini. Sistem sanitasi ini akan membantu untuk pemenuhan aktivitas yang dilakukan di kamar mandi dalam rumah anda. Perlengkapan sanitasi termasuk kloset, bak mandi, shower, shower tray, lemari, floor drain. Sistem perpipaan yang baik akan mempengaruhi sistem sanitasi di ruang kamar mandi.
Sahabat Rumah, anda harus memastikan sistem perpipaan pas dan benar sehingga tidak menimbulkan kebocoran di masa mendatang. Sistem sanitasi yang digunakan pun sebaiknya disesuaikan dengan keperluan dan diatur berdasarkan durasi pemakaian sehingga memudahkan aktifitas di kamar mandi rumah anda.

menggunakan shower air ternyata dapat menghemat air sebanyak 30%, sedangkan bak mandi dapat menguras penggunaan air sebanyak 70%.

Menurut Naning Adiwoso, sebagai Ketua Asosiasi Toilet Indonesia memberi solusi bahwa bak mandi di kamar mandi sebaiknya dibuat hanya dengan ketinggian 30cm karena para angota rumah tangga hanya menggunakan air pada bagian atas, sedangkan air bersih yang sudah di bagian bawah cenderung tidak terpakai dan dibuang begitu saja.

Last but least, anda harus memastikan instalasi listrik disesuaikan dengan tata letak sanitasi, agar ruangan kamar mandi rumah anda tidak terlalu terang atau gelap.

berikut bentuk kamar mandi yang bisa menjadi inspirasi anda
Penting!! Trik Jitu Kamar Mandi Rumah Anda Sehat dan Ideal
Kamar Mandi Menawan 1

Penting!! Trik Jitu Kamar Mandi Rumah Anda Sehat dan Ideal
Kamar Mandi Menawan 2

Penting!! Trik Jitu Kamar Mandi Rumah Anda Sehat dan Ideal
Kamar Mandi Menawan 3

Penting!! Trik Jitu Kamar Mandi Rumah Anda Sehat dan Ideal
Kamar Mandi Menawan 4

Penting!! Trik Jitu Kamar Mandi Rumah Anda Sehat dan Ideal
Kamar Mandi menawan 5

Semoga Bermanfaat… Jangan lupa SHARE YA…

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »