Wajib Tahu!! 2 Tips Memilih Kunci dan Gembok Rumah Anda Yang Susah Dibobol Maling

Wajib Tahu!! 2 Tips Memilih Kunci dan Gembok Rumah Anda Yang Susah Dibobol Maling
Wajib Tahu!! 2 Tips Memilih Kunci dan Gembok Rumah Anda Yang Susah Dibobol Maling

Sahabat Rumah, Faktanya, tidak semua kunci dan gembok memberikan keamanan maksimal di rumah anda. Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan. perhatikan artikel berikut ini!

Meninggalkan rumah dalam keadaan kosong ketika Anda bepergian seringkali menimbulkan rasa was-was yang berlebihan. Terlebih lagi ketika Anda melakukan aktivitas tahunan yakni mudik ke kampong halaman atau meninggalkan rumah lebih dari 3 (tiga) hari. Padahal, rumah ketika ditinggalkan sudah dikunci dan digembok secara rapat agar keamanan terjaga. Tetapi, seringkali rumah yang kosong menjadi intaian para “penjarah” untuk melakukan aksi kejahatannya..

Pemotongan dan perusakan kunci dang gembok merupakan cara “penjarah” membobol kunci dan gembok rumah, dan masuk ke dalam untuk mengambil barang-barang berharga Anda. Banyak orang mengatakan, kunci & gembok yang baik ialah yang sudah mempunyai merek dan mahal. kenyataannya, semua itu tidak semuanya benar. Lantas bagaimana cara memilih kunci & gembok yang benar-benar aman?

1. Kunci

a. Carilah Kunci Yang Sulit Untuk Dilakukan Duplikasi

Pilihlah kunci yang sudah merk dan terjamin kualitasnya. Memang, nantinya anda perlu merogoh kocek agak dalam untuk membelinya. tetapi hal tersebut sebanding dengan keamanan yang dijanjikannya. Selain daripada itu, lihat dan teliti anak dan badan kuncinya, semakin banyak pin di anak dan badan kunci, maka semakin aman dan terjaga pula kualitasnya.

Untuk memilih jenisnya, tidak usah bingung memikirkannya. Carilah dan pilih yang memiliki pin di kedua muka dan anak kunci gembok anda. Apabila dari bentuknya, pilih gerigi pin yang berbentuk miring, karena hal tersebut dapat membuat kunci jadi sulit untuk dilakukan duplikasi.

b. Cermati Material Pembentuknya

Ada 2 material kunci yang memiliki kualitas maksimal yang bisa Anda pilih, yakni kunci dari bahan baja dan bahan kuningan. Sebab, keduanya memiliki karakter yang paling kuat. Tak hanya kuat secara fisik, ternyata material material tersebut tahan terhadap korosif/karat. artinya, kunci jenis ini cocok di tempatkan daerah pantai yang mana udaranya mengandung garam dan dapat mempercepat timbulnya korosi.

2. Gembok

a. Carilah dan Pilih Gembok yang Anti Gunting

Siapa yang tak tahu alat pengaman yang bernama gembok ini? Ya, ini adalah alat pengaman tambahan yang sering digunakan setelah memilih kunci. Namun, untuk membuka pengamanan tersebut biasanya “penjahat” menggunting bagian penggantung (shackle) pada gembok tersebut. Untuk itu, sangat disarankan kepada anda untuk membeli gembok dengan shackle yang pendek, jadi hal tersebut akan menyulitkan orang yang tidak bertanggung jawab untuk mengguntingnya. Semakin kecil lubang yang tersisa antara shackle dengan badan gembok, semakin baik gembok tersebut.

b. Perhatikan Juga Material Gembok

Sahabat rumah, sama halnya dengan kunci, material pembentuk gembok juga harus diperhatikan. Untuk itu, pilih material pembentuk gembok yang terbuat dari bahan baja dan bahan kuningan. Material-material tersebut kuat dan membuat gembok susah untuk dipotong. Selain itu, kedua bahan tersebut lebih tahan terhadap faktor lingkungan dan cuaca. Mengingat gembok biasa diaplikasikan di area luar rumah dan terkena panas-hujan secara terus menerus.

Semoga bermanfaat….bagikan atau share kepada teman dan kolega anda melalui sarana media social anda. semoga bermanfaat bagi teman dan kolega anda.
Jika anda ingin mengetahui tentang seluk beluk rumah maka silahkan baca artikel-artikel dibawah ini…

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »