Wajib Tahu!! 3 Bagian Rumah yang Harus Diperbaiki Setelah Kebanjiran

Wajib Tahu!! 3 Bagian Rumah yang Harus Diperbaiki Setelah Kebanjiran
Wajib Tahu!! 3 Bagian Rumah yang Harus Diperbaiki Setelah Kebanjiran

Sahabat Rumah, Musim penghujan mulai berlalu. Saatnya untuk memeriksa keadaan rumah bagi rumah-rumah yang kebanjiran. Banjir yang menyapu rumah umumnya meninggalkan bekas dan kerusakan pada beberapa bagian dari rumah anda.

Oleh Sebab Itu, yang harus Anda lakukan setelah banjir usai, tidak sekadar membersihkan rumah dari bekas lumpur atau air kotor. bahkan, bisa jadi Anda harus melakukan beberapa perbaikan utama.

Setidaknya ada 3 (tiga) bagian utama  yang harus Anda perbaiki setelah banjir melanda rumah anda.

Kerusakan Pada Dinding Rumah

Sahabart Rumah, pasca banjir umumnya dinding rumah mengalami kerusakan yang lumayan parah. Dinding yang terendam banjir akan terlihat berkerak cokelat dan rentan ditumbuhi jamur karena kondisi dinding rumah yang lembab.

Jika tidak dilakukan penanganan, kerak cokelat dan jamur dapat menyebar ke seluruh dinidng. Selain daripada itu dinding yang lembap akan mengalami kerapuhan. Untuk memperbaikinya pergunakan semprotan air bertekanan tinggi dalam membersihkan kerak cokelat.

Trus, lakukan pengecatan ulang dengan mengerok cat eksisting dan ampelaslah dinding sebelum dilakukan pengecatan. Untuk mengurangi kelembaban di dalam rumah maka bukalah semua ventilasi di siang hari agar sirkulasi udara lancar dan sinar matahari dapat masuk ke dalam rumah sehingga kelembaban udara dapat dikurangi.

Titik-Titik Elektrikal Di Dalam Rumah

Sahabat Rumah, Komponen Listrik merupakan komponen penting dalam sebuah rumah. Pasca banjir lakukan pemeriksaan pada titik utama elektrik yang ada di rumah Anda. hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir terjadinya korsleting. Apalagi jika sebelumnya rumah tergenang banjir dengan ketinggian yang lumayan.

Lakukan pemeriksaan secara  cermat apakah terdapat rembesan air di titik elektrik rumah, apakah ada kabel-kabel yang mengelupas dan sebagainya. Apabila terdapat kerusakan pada listrik maka lakukan perbaikan dengan segera.

Agar merasa lebih aman, maka gunakan petugas PLN untuk memperbaikinya, apabila Anda tak bisa memperbaikinya secara mandiri. Kerusakan pada titik listrik akibat terkena banjir dapat membahayakan bagi penghuni rumah.

Periksa Saluran Pembuangan Air Rumah Anda

Sahabat Rumah, Salah satu penyebab yang utama dalam terjadinya banjir di lingkungan rumah anda adalah saluran air pembuangan yang tidak lancer atau tersumbat. Pasca banjir usai segera periksa saluran air pembuangan di lingkungan rumah Anda.

Apabila terdapat sumbatan sampah, tanah atau lumpur segera lakukan pembersihan. Perhatikan pula ukuran saluran air pembuangan, apakah cukup besar untuk menampung limpasan air hujan. Apabila lubang masih terlalu kecil, Anda bisa rembugan dengan pihak terkait untuk melakukan pelebaran saluran air.

Sahabat Rumah, ada baiknya juga, posisi rumah anda dibuat lebih tinggi dari saluran drainase atau lebih tinggi dari posisi jalan agar jika ada hujan dan banjir, air limpasan dari air hujan tidak masuk ke dalam rumah.

Semoga bermanfaat…. jangan lupa SHARE Ya…

(sumber : disarikan www. properti.liputan6.com/read/2886335/5-bagian-rumah-yang-wajib-diperiksa-setelah-kena-banjir)

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »