Wajib Tahu!! 4 Tips Agar Rumah Anda Tidak Terasa Panas

Wajib Tahu!! 4 Tips Agar Rumah Anda Tidak Terasa Panas
Balkon Rumah sebagai Penghawaan


Sahabat Rumah yang budiman, Rumah yang terasa panas dan pengap tentunya tidak akan memberi Anda kenyamanan. Anda tidak akan kerasan tinggal berada di dalam rumah tersebut. Apabila sudah begini, salah satu fungsi rumah sebagai tempat berlindung pun tidak terpenuhi. Agar fungsi tersebut kembali, ada 4 tips agar rumah anda tidak terasa panas

Langkah Pertama, anda harus memastikan bahwa arah hadap rumah menghadap selatan. Rumah yang fasad bangunannya menghadap tenggara akan terkena sinar matahari pagi lewat jendela-jendela kaca.

walaupun sebenarnya sinar matahari pagi baik untuk kesehatan, namun akan terasa mengganggu kenyamanan sebab intensitasnya yang tinggi. Lalu, ketika sore hari saat matahari condong ke barat, jendela kaca akan terpapar cahaya panas. Walau matahari sudah tenggelam, udara panas seolah masih tinggal di dalam rumah anda .

Langkah Kedua, pemilihan material bangunan yang dapat meredam panas, misalnya bata merah. Materi yang terbuat dari tanah liat ini ternyata mampu menyerap panas sinar matahari dari luar. Atau, Anda bisa menambahkan pelapis antipanas pada genting atau dinding. contoh, dengan mempergunakan cat antipanas merek Reflecto.

Langkah Ketiga, perhatikan bukaan pada rumah anda. Ventilasi atau bukaan menjadi syarat wajib yang harus Anda penuhi di dalam sebuah rumah untuk mengatur sirkulasi panas dan udara. Tanpa ventilasi atau bukaan yang baik, rumah anda akan terasa panas. Idealnya, ventilasi hadir di setiap ruang yang ada di dalam rumah.

Langkah Keempat, tanamlah tanaman di sekitar rumah anda. Tanaman, khususnya tanaman jenis pepohonan, dapat meredam hawa panas yang ada di rumah. Tanam tanaman khususnya di area barat rumah. Selain menghijaukan, juga untuk meredam panas cahaya matahari di sore hari. sinar matahari di sore hari biasanya lebih panas dari pada sinar matahari saat pagi hari. Anda bisa menanam pohon besar atau membuat tanaman rambat hingga menjulur ke atas.

Dengan memperhatikan 4 Tips agar rumah anda tidak terasa panas, maka rumah Anda akan terminimalisasi panasnya.

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »