12 Solusi Jitu Bikin Rumah Anda Bebas Debu

12 Solusi Jitu Bikin Rumah Anda Bebas Debu
12 Solusi Jitu Bikin Rumah Anda Bebas Debu
Sahabat Rumah, Adalah sangat tidak nyaman saat banyak debu bertebaran di rumah anda. Terlebih lagi, bagi Anda yang mempunyai alergi debu. artikel berikut ini berisi 12 solusi jitu agar rumah anda bebas debu.

Sahabat Rumah, saat musim kemarau datang memang mendatangkan keuntungan dan kerugian. Apabila dilihat dari pekerjaan yang ada di rumah yang biasa anda kerjakan, salah satu contoh keuntungannya cucian Anda dapat cepat kering. Namun, musim kemarau juga mempunyai sisi negatif. Salah satunya rumah kedatangan tamu yang tidak diharapkan, yaitu salah satunya adalah debu.

Masalah Debu di dalam rumah terkadang memang membikin Anda jengkel. Debu yang berterbangan di rumah seringkali mendatangkan penyakit antara lain Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) atau penyakit mata. Terlebih lagi, apabila Anda salah satu orang yang memiliki alergi pada debu.

Mengangkut masalah debu, ada beberapa solusi yang dapat membuat rumah anda terbebas dari serbuan debu. Berikut 12 solusi jitunya :

 1.   Lingkupi rumah anda dengan tanaman. Selain membuat nuansa nyaman dan teduh di lingkungan rumah, tanaman kecil dengan rumput berserta tanaman lainnya dapat menjadi filter udara alami yang akan masuk ke rumah Anda. secara logika, debu juga akan tertahan sebelum sampai ke dalam rumah Anda.

 2.   Lakukan penutupan pintu rumah pada siang hari serta jangan buka lebar-lebar jendela yang ada di rumah anda saat disiang hari. Apabila posisi matahari sudah berada tepat di atas kepala Anda, usahakan pintu rumah anda tutup dan jangan buka jendela lebar-lebar. Debu seringkali datang pada waktu siang hari menjelang.
  3.   Lakukan penyiraman area di sekitar rumah Anda. Contohnya, pada carport dan pekarangan rumah. fungsinya, agar dapat memberikan kesan “dingin” dan menahan debu-debu yang akan bertebaran.

  4.   Usahakan tidak memakai bantal dan kasur yang terbuat dari kapuk. Coba saja lakukan penepukan bantal kapuk yang Anda miliki, wush!…tentunya debu pada bantal dan kasur akan beterbangan.

  5.   Lakukan penggantian peralatan penunjang tidur. Misalnya, sprei, sarung bantal dan guling, hingga selimut minimal 1-2 minggu sekali. Selain daripada itu, lakukan penjemuran kasur tidur Anda di bawah sinar matahari. Kegunaannya, agar bakteri yang ada di kasur mati dan debu pun otomatis hilang.

  6.   Usahakan tidak menaruh barang di atas lemari atau tempat yang sulit dijangkau. Cara instan menyimpan barang barang kita ketika Anda malas adalah menaruhnya di atas lemari. Jangan lakukan hal tersebut sekarang ini, karena lokasi tersebut seringkali menjadi tempat menempelnya debu.

  7.   Usahakan menghindari menyimpan mainan milik anak anda yang memiliki banyak bulu. terlebih lagi ketika Anda memiliki anak perempuan yang mempunyai boneka. Bila sudah demikian, lakukan pembersihan dan cuci secara rutin agar debu tak menempel di boneka mainan anak anda.

 8.   Lakukan pembersihan rumah sampai ke sudut-sudut rumah. Lakukan pembersihan di Plafon, sudut-sudut dinding, lubang ventilasi, hingga perabotan rumah tangga Anda. Usahakan jangan terlewat sedikit pun.

  9.   Lakukan pembatasan memajang hiasan-hiasan rumah. Figura foto, lukisan, dan pajangan lainnya seringkali luput dari perhatian kita. karena pajangan-pajangan tersebut jika kita tidak rutin membersihkannya akan menjadi tempat menempelnya debu.
 10.   Usahakan dalam melakukan pembersihan rumah tidak sekedar menyapu saja, usahakan mengepel juga harus dilakukan. umumnya orang beranggapan apabila rumah sudah disapu maka rumah sudah dalam keadaan bersih. apabila anda mempunyai anggapan begitu, Anda salah kaprah. Usahakan setelah menyapu dilanjutkan dengan mengepel lantainya juga agar debu tidak menempel di lantai rumah anda. Selain itu, Anda juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan alat pembersih debu. 

 11. Lakukan pembersihan perabot menggunakan lap basah. Kegunaannya, agar debu dan kotoran lainnya menempel semua pada lap basah yang digunakan. Gunakan cairan pembersih agar perabotan rumah bersih secara optimal.

 12.  Lakukan pembersihan karpet-karpet yang ada di rumah anda. Terlebih lagi apabila Anda memiliki karpet dengan bulu yang tebal, bersihkan secara rutin. Pakailah alat pembersih debu agar bersih-bersih jadi optimal. Apabila karpet tidak digunakan, ada baiknya jika karpet Anda gulung, simpan, dan bungkus dengan plastik secara rapat agar debu tidak menempel di sana.

Semoga bermanfaat….demikian solusi jitu agar rumah anda bebas dari debu. jangan lupa SHARE YA…semoga menjadi manfaat bagi teman dan kolega anda…

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »