3 Hal yang Harus Dipedomani Ketika Bangun Rumah

3 Hal yang Harus Dipedomani Ketika Bangun Rumah
3 Hal yang Harus Dipedomani Ketika Bangun Rumah


Sahabat Rumah, Membangun atau merenovasi bangunan rumah ada Hal Yang Harus dipedomani. Jadi, pedomani!

Sahabat Rumah, Anda perlu memperhatikan bahwa mempunyai sebuah lahan bukan berarti Anda boleh membangun seluruh lahan untuk bangunan rumah. mempedomani hal-hal berikut ini akan menciptakan lingkungan rumah tertib, nyaman, aman, dan indah. Ada 3 (tiga) hal pokok aturan terkait dengan hal ini.
Ini dia 3 hal-hal yang harus dipedomani saat bangun rumah.

1. Garis Sempadan Bangunan (GSB) Rumah

Garis Sempadan Bangunan merupakan aturan jarak dinding terluar bangunan dengan batas terluar lahan sehingga antara rumah dengan jalan atau dinding ada ruang terbuka. Lebar Garis Sempadan Bangunan kepada jalan biasanya disesuaikan dengan lebar atau kelas jalan yang ada di depan dan atau samping rumah anda.

2. Koefisien Dasar Bangunan (KDB)

Koefisien Dasar Bangunan merupakan persentase luas dasar bangunan terhadap luas lahan, yakni berapa persentase dari luas lahan yang bisa dilakukan pembangunan.

3. Koefisien Luas Bangunan (KLB)

Koefisien Luas Bangunan  merupakan faktor penentu berapa meter persegi total bangunan diizinkan untuk dilakukan pembangunan, juga menentukan berapa tingkat bangunan rumah yang bisa dibangun. Tentang hal ini bisa ditanyakan ke kantor kelurahan, kecamatan, atau kotamadya/kabupaten di tempat anda. Setiap wilayah mempunyai rincian aturan yang bisa saja tidak sama, tergantung peruntukan suatu wilayah.

semoga bermanfaat…. jangan lupa share ya..

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »