Blog Berisi Tentang Rumah dan Kesehatan

advertisement

5 Kunci Desain Rumah Lantai 2 Minimalis


Sahabat Rumah, Perencanaan yang matang menjadi kunci utama dalam meningkat rumah. Karena meningkat tanpa rencana akan menimbulkan pemborosan dan menimbulkan masalah saat proses membangun di kemudian hari. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda persiapkan saat akan membangun rumah tumbuh.
Ketika membangun rumah tumbuh ada baiknya memperhatikan hal-hal di bawah ini.

1. Konsep dan Desain Rumah yang Matang

Design yang menyeluruh dan konsep yang matang sangat berperan penting ketika membangun rumah tumbuh, sehingga penambahan ruangan dan struktur bangunan disesuaikan pada konsep yang sudah ada. Hal ini bertujuan untuk menghindari tambal sulam stuktur bangunan dan Mechanical Engineering, serta bongkaran dinding yang akan membengkakkan biaya pembangunan.
Ada baiknya sebelum dibangun pemilik (dibantu arsitek) sudah menentukan rancangan bangunannya, termasuk ruang-ruang apa saja yang dibutuhkan. Perencanaan konsep dan desain meliputi, tata ruang dan tampilan akhir bangunan yang diinginkan, material yang digunakan, tahapan membangun, dan perkiraan biaya pembangunan.

2. Cek & Ricek Struktur Bangunan Rumah Inti

Hal ini mempunyai untuk meminimalisasi penambahan ruang,  sehingga tidak harus membongkar bagian rumah lama. Selain itu, untuk pola vertikal, perlu dilakukan pengecekan tempat untuk mengaplikasikan kolom-kolom secara efektif sehingga dapat menentukan jumlah kolom yang perlu ditambahkan untuk mendukung seluruh beban lantai dan bangunan baru di atasnya.

3. Waspada Terhadap Perkembangan Harga Material Bangunan

Faktor ini sangat berpengaruh pada perkiraan biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Selalu waspada akan keinakan harga tersebut karena akan membantu menekan biaya pembangunan rumah tumbuh. Harga material sangat berpengaruh pada bujet yang akan dikeluarkan.

4. Tentukan Jenis Konstruksi dan Material Bangunan

Untuk menghindari kemungkinan terjadinya pembongkaran dan pembuatan konstruksi baru, maka lakukan pengecekan kekuatan struktur bangunan. Misalnya, konstruksi rumah yang awalnya tidak dibuat untuk bangunan 2 (dua) lantai, terpaksa membuat struktur dan konstruksi layaknya rumah baru.

5. Perhatikan Kebutuhan Utilitas Rumah

Utilitas ini antara lain meliputi jaringan air bersih, air kotor, dan listrik. Utilitas bangunan baru harus terhubung dengan baik dengan bangunan inti. Tidak lupa untuk selalu menyisakan ruang terbuka untuk sirkulasi cahaya dan udara.
Konsep dan  perencanaan yang matang adalah poin penting dalam membangun rumah tumbuh yang akan memengaruhi aspek material, biaya, dan pola pembangunannya.

Berikut 2 (dua) gambar contoh desain rumah 2 lantai
5 Kunci Desain Rumah Lantai 2 Minimalis
Contoh Gambar Rumah Lantai 2

5 Kunci Desain Rumah Lantai 2 Minimalis
Contoh Gambar Rumah Lantai 2

Visitor