Cara Mengetahui Penyebab dan Pengobatan Kelainan Sindrom Down Pada Anak

Cara Mengetahui Penyebab dan Pengobatan Kelainan Sindrom Down Pada Anak
Cara Mengetahui Penyebab dan Pengobatan Kelainan Sindrom Down Pada Anak


Sahabat Rumah Sehat, Kelainan Sindrom Down atau berkebutuhan khusus merupakan salah satu kelainan genetik yang paling sering ditemukan pada bayi atau anak. Kelainan ini ditemukan oleh seorang dokter bernama Down pada tahun 866 sehingga akhirnya kelainan ini dinamakan sesuai dengan namanya.
Pada Kelainan Sindrom Down didapatkan kromosom tambahan pada sel di dalam tubuhnya. Kromosom adalah bagian kecil dari sel tubuh kita yang membawa sifat genetik dari orang tua. Kromosom tambahan tersebut didapatkan pada kromosom no 21 yang seharusnya berjumlan 2 (dua) menjadi 3 (tiga).

Sehingga Sahabat Rumah Sehat, Kelainan Sindrom Down disebut juga trisomi 21. Bayi dengan sindrom down dapat memiliki kekurangan dalam segi fisik maupun mental. Retardasi mental berat dengan IQ sekitar 50-70 dapat ditemukan pada anak dengan sindrom down. bahkan IQ nya bahkan terkadang lebih rendah (20-35). 



Apa Penyebab Terjadinya Kelainan Sindrom Down?

Penyebab pasti terjadinya Kelainan sindrom down pada janin yang dikandung oleh sorang ibu belum dapat dipastikan. tetapi resiko memiliki anak dengan Sindrom Down akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia ibu sewaktu hamil.

Adakah Cara Mendeteksi Kelainan Sindrom Down Pada janin dalam Kandungan?

Ada, yaitu dengan cara melakukan pemeriksaan kehamilan. pemeriksaan menggunakan USG ditambah dengan pemeriksaan darah (untuk mengukur kadar alfa feto protein) pada trisemester pertama kehamilan sudah dapat menentukan apakah bayi yang dikandung menderita sindrom down atau tidak. ibu dengan kadar alfa feto protein (AFP) yang rendah memiliki risiko tinggi mengandung anak dengan sindrom down

Kelainan apa saja yang ditemukan pada bayi dengan sindrom down?

 Selain permasalahan retardasi/keterbelakangan mental yang sudah disebutkan diatas, pada bayi dengan Kelainan sindrom down akan ditemukan beberapa kelainan fisik seperti dibawah ini :
·        Jarak antar kedua mata sangat jauh dengan kelopak mata yang besar
·        Bagian belakang kepala lebih datar dibanding anak normal
·        Telinga terlihat kecil
·        Tulang hidung datar
·        Lidah terlihat lebih besar dibanding ukuran mulutnyadan kadang terlihat menonjol keluar.
·        Garis pada telapak tangan yang khas (single palmar crease)
 
Ciri Khas sindrom down pada anak di telapak tangan
Ciri Khas Kelainan Sindrom Down di Telapak Tangan
·        Pertumbuhan berat badan dan perkembangan yang lebih lambat dibanding anak seusianya

Apa saja permasalahan yang akan timbul pada anak dengan Sindrom Down?

Pada umumnya bayi dengan Kelainan sindrom down juga akan ditemukan komplikasi kesehatan berupa :
1.   Gangguan Jantung Kongenital
2.   Gangguan Saluran Pencernaan
3.   Sering menderita infeksi
6.   Gangguan Darah

Apakah anak dengan Kelainan Sindrom Down dapat hidup Normal?

Ya dapat, asalkan mendapatkan perawatan dengan penuh perhatian dan kesabaran. anak dengan kelainan sindrom down perlu dilatih dan diusahakan agar dapat hidup semandiri mungkin. seorang anak dengan kelainan sindrom down kategori ringan dapat bersekolah bahakan bekerja dan membina hubungan social yang cukup baik. Anak dengan kelainan sindrom down dapat bersekolah di sekolah biasa, tetapi apabila dirasakan tidak mampu atau bila dokter menganjurkan, maka anak dengan kelainan sindrom down atau dengan kata lain anak dengan kebutuhan khusus perlu bersekolah di Sekolah luar biasa / sekolah khusus

Baca Juga :


Semoga Bermanfaat… Bagikan supaya bermanfaat bagi orang lain…

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »