5 Cara Memilih Kompor Gas Yang Tepat Untuk Dapur Rumah Anda

5 Cara Memilih Kompor Gas Yang Tepat Untuk Dapur Rumah Anda
Kompor Gas


Sahabat Rumah, Kualitas kompor gas yang handal membuat proses memasak Anda jadi lebih efektif dan Efiesien. Oleh sebab itu berikut ini ada 5 cara memilih Kompor Gas Yang Tepat Untuk Dapur Rumah Anda.

Sahabat Rumah, Kompor gas memiliki beragam jenis dan bentuk. Ada kompor gas free standing, kompor tanam, dan kompor portable (kompor gas konvensional). Meski ketiga kompor gas ini mempunyai fungsi serupa, yakni memasak dan menghangatkan makanan, fitur-fitur yang dipunyai setiap kompor gas berbeda.
5 Cara Memilih Kompor Gas Yang Tepat Untuk Dapur Rumah Anda
Kompor Gas Portable

5 Cara Memilih Kompor Gas Yang Tepat Untuk Dapur Rumah Anda
Kompor Gas Tanam


Mungkin sebagian orang masih bingung dan tidak tahu menahu mengenai fungsi dan penggunaan kompor-kompor gas tersebut. Memilih kompor gas memang terkesan sederhana, tapi bila Anda salah memilihnya, itu diibaratkan seperti efek berantai yang akan membikin runyam aktivitas memasak Anda nantinya.

Oleh karena itu, perhatikan beberapa tip memilih kompor gas ini. Siapa tahu dapat membantu Anda mencari kompor gas idaman anda.

1. Pilih Tipe Burner Kompor Gas yang Pas

Astri, Product Marketing dari Rinnai, menjelaskan setiap burner memiliki kekuatan berbeda-beda, baik dari sisi api, waktu memasak, kadar pengeluaran CO (asap) , maupun pemakaian gasnya. Oleh sebab itu, ketika membeli, kalau sempat selalu tanyakan tipe burner apa yang ada di kompor tersebut.
5 Cara Memilih Kompor Gas Yang Tepat Untuk Dapur Rumah Anda
Bentuk Burner Kompor Gas
 
Tipe dan ukuran burner pun berbeda-beda. Ukuran dan jumlah ring pada burner akan mempengaruhi waktu anda dalam memasak. Semakin banyak jumlah ring burner, maka waktu yang dibutuhkan untuk memasak pun menjadi lebih cepat. Lain halnya dengan ukuran. Semakin kecil ukuran burner output apinya pun semakin kecil.

2. Sesuaikan Kebutuhan Anda dengan Jenis Kompor Gas

Sahabat Rumah, apabila Anda termasuk orang yang suka memasak, pilihlah kompor gas yang mempunyai 4—5 tungku. Namun bila Anda bukan tipe yang suka memasak, kompor gas dengan 2—3 tungku sudahlah cukup. Anda juga harus memperhatikan juga jenis kompor yang akan Anda pilih.

Kompor gas portable lebih praktis jika dikomparasi dengan kompor tanam karena dapat dipindahkan ke mana saja. Sementara itu, kompor free standing memiliki keunggulan yakni keberadaan oven di bagian bawah lemari. Ada pula kompor portable 1 tungku, kompor jenis ini terkesan praktis dan biasanya instensitas penggunaan untuk memasak sedikit.

3. Sesuaikan Jenis dan lebar Kompor Gas dengan Luas Dapur Rumah Anda

Sahabat Rumah, Pemilihan kompor gas juga dapat disesuaikan dengan luas area dapur yang anda punyai. Kompor gas saat ini hadir dalam ukuran yang bervariasi, baik untuk jenis kompor tanam maupun kompor portable. Ukuran-ukuran ini dapat disesuaikan dengan luas lahan yang Anda miliki. Namun, jangan lupa sediakan lahan untuk menaruh tabung kompor gas, karena tanpa tabung ini, aktivitas memasak Anda tidak akan berjalan.

4. Pilih Material Sesuai Bujet

Sahabat Rumah, Material pada kompor gas biasanya terbuat dari kaca atau stainless steel. Kedua material ini sama-sama memiliki keunggulan kuat dan mudah untuk dilakukan pembersihan. Umumnya, kompor gas yang dibentuk dari material kaca memiliki desain yang lebih stylish ketimbang yang berbahan stainless steel.

Material kaca ini umumnya banyak dijumpai pada kompor gas jenis kompor tanam, sedangkan stainless steel banyak digunakan untuk kompor gas jenis portable. Kompor gas dari material ini cenderung tahan lama dan tidak mudah berkarat. Dari sisi harga, kompor gas dengan material kaca cenderung lebih mahal ketimbang stainless steel.

5. Jangan Lupakan Keamanan dalam Pemakaian Kompor Gas

Sahabat Rumah, Pastikan kompor gas yang Anda pilih memiliki perangkat pengamanan terhadap gas LPG. Menurut Desiana Latuconsina, Public Relation dari Modena Indonesia, menjelaskan  perangkat pengaman akan membuat kompor gas Anda aman dari berbagai risiko kebakaran. Perangkat ini berupa sensor yang bertugas mendeteksi panas pada kompor gas.
5 Cara Memilih Kompor Gas Yang Tepat Untuk Dapur Rumah Anda
Alat Sensor Panas


Apabila sensor tersebut tidak mendeteksi adanya panas, maka secara otomatis alat tersebut  akan menghentikan aliran gas ke tungku kompor gas. Dengan adanya perangkat keamanan ini, risiko gas terbuang akan berkurang, begitu juga ledakan yang diakibatkan oleh tabung gas.

Artikel Yang Perlu Anda Baca Terkait Kompor Gas



Demikian artikel 5 Cara Memilih Kompor Gas Yang Tepat Untuk Dapur Rumah Anda. Semoga Bermanfaat bagi anda.

Share Postingan ini ya… semoga menjadi manfaat bagi teman dan kolega anda. terima kasih telah berkunjung ke blog ini. silahkan baca artikel lainnya yang saya yakin bermanfaat bagi anda….

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »