Kenali Jenis-jenis Sofa Rumah Minimalis Anda


Sahabat Rumah, Sofa seolah menjadi elemen interior rumah yang wajib ada ketika ini. Keberadaan sofa dalam sebuah ruangan bukan hanya sekedar untuk kalem duduk tetapi ketika ini sudah ada jenis jenis sofa yang dipadukan dengan daerah tidur bahkan ada juga yang difungsikan sebagai daerah penyimpanan. Saat ini ada banyak jenis jenis sofa yang dipakai baik dalam rumah, gedung maupun perkantoran.
Pengklasifikasian sofa dibedakan atas dasar bentuk dan fungsi sofa. Berdasarkan bentuk dan fungsinya dikenal ada beberapa jenis sofa. Berikut ini jenis-jenis sofa yang sering dipakai dalam rumah baik minimalis maupun maksimalis.

Sofa Set Minimalis

Sofa Set Rumah Minimalis
Sofa Set Minimalis

Rancangan sofa set minimalis ini sederhana. Karena jenis sofa ini memang diperuntukkan jenis ruangan yang minimalis. Sebagaimana diketahui dalam desain interior rumah minimalis, fungsionalitas furniture sangat diutamakan. Meski bentuk dan rancangannya sederhana bukan berarti kenyamanan pemakai tidak diperhatikan.
Adapun bentuk sofa set ini statis, artinya tetap dan tidak sanggup diubah. Selain itu, garis lurus yang tegas dan terang merupakan ciri lain dari sofa set minimalis ini. Sehingga tidak banyak dijumpai lengkungan-lengkungan pada bodi sofa set minimalis ini. Sesuai dengan namanya, sofa set minimalis mempuyai bentuk yang minimalis sehingga dibutuhkan sanggup menghemat tempat.
Karenanya, sofa ini sangat pas untuk desain interior rumah modern dan minimalis.
Sifatnya yang sederhana, menimbulkan sofa ini kurang memberi kesan mewah. Namun demikian, sofa set minimalis ini akan bisa menyeimbangkan dengan banyak sekali jenis ruangan bahkan bisa jadi jikalau dipadukan dengan kesederhanaan yang dimiliki menimbulkan keanggunan dalam desain interior rumah minimalis secara keseluruhan.

Sectional Sofa

Sectional Sofa Rumah Minimalis
Sectional Sofa

Berbeda dengan sofa set minimalis yang bentuknya tidak sanggup diubah, sectional sofa justru sanggup diubah sesuai kepentingan pemakainya. Bentuk yang paling pas untuk sofa ini yaitu bentuk L. Jenis sofa ini lebih banyak dipakai pada ruangan dengan rancangan desain interior modern.
Sectional sofa merupakan penggabungan dari dua gaya sofa menjadi satu, yaitu yakni sofa biasa dan loveseat. Bentuk L yang diaplikasikan dalam sectional sofa ini akan memperkuat bentuk dan dimensi sebuah ruangan, dimana sofa ini ditempatkan. Fungsi sofa tidak hanya sebagai daerah duduk bahkan sofa ini sanggup dipakai untuk kalem dan membaca buku.
Lebih dari itu, pada beberapa desain yang muncul sectional sofa ini bahkan sanggup dipakai sebagai storage untuk barang-barang kecil, mirip buku remote control, barang koleksi, atau benda kecil lainnya. Storage tersebut biasanya diletakkan di penggalan bawah bodi sofa.

Sofa Untuk Tidur (Sleeper Sofa)

Slepeer Sofa Rumah Minimalis
Sleeper Sofa

Inilah sofa yang memiliki fungsi ganda. Selain sebagai daerah duduk, sofa ini juga sanggup dibentangkan sehingga menjadi sebuah daerah tidur yang sanggup dipakai untuk tidur. Perbedaan antara sleeper sofa dengan sofa bed yaitu pada rancangan pertama dari kedua jenis sofa tersebut.
Sofa bed memang semenjak awal pembuatannya sudah dirancang sebagai daerah tidur yang sanggup dilipat dan difungsikan sebagai sofa. Sementara sleeper sofa rancangan pertamanya yaitu sofa. Kemudian sofa tersebut sanggup dibentangkan dan difungsikan sebagai daerah tidur.

Recliner

Sofa ini dibentuk sebagai daerah bersantai ketika Anda menyaksikan sebuah film dalam home theatre. Ciri dari sofa recliner ini yaitu fleksibilitas sandaran sofa dan kaki sofa. Anda sanggup mengatur ketinggian sofa sesuai dengan kebutuhan Anda. Kesan glamor dan elegan terlihat dari materi pelapis yang digunakan. Hal inilah yang menimbulkan sofa recliner ini mahal.

Sofa Ruang Tamu

Sofa Ruang Tamu Rumah Minimalis
Sofa Ruang Tamu

Sofa yang Anda letakkan dalam ruang tamu akan membuat kesan tersendiri bagi tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Ruang tamu yaitu salah satu ruang yang sangat penting dalam sebuah rumah. Di ruang inilah pembicaraan baik yang serius dan kalem dengan tamu terjadi. Kenyamanan ruang tamu salah satu ditentukan oleh sofa ruang tamunya.
Karenanya, pemilihan sofa ruang tamu harus Anda perhatikan biar tamu Anda mencicipi jamuan yang berkesan dan tidak bosan berkunjung ke rumah Anda. Meski hal itu tidak gampang tapi dengan sedikit kreasi dan khayalan , Anda pun sanggup menentukan sofa ruang tamu yang sesuai. Hal yang perlu Anda pertimbangkan ketika menentukan sofa ruang tamu antara lain;
Warna sofa, warna sofa ruang tamu perlu Anda perhatikan alasannya yaitu warna sofa sanggup memberi kesan yang berbeda-beda. Warna sofa sanggup membuat kesan sempit, lapang, glamor dan juga elegan. Karenanya, ketika Anda akan menentukan sofa ruang tamu hendaknya warna sofa diadaptasi dengan kesan yang akan Anda ciptakan.
Setelah warna sofa, bentuk sofa juga penting untuk diperhatikan. Standar pemilihan bentuk sofa yaitu sempit luasnya ruangan tamu Anda. Sofa ruang tamu yang minimalis tentu lebih cocok diletakkan di ruangan yang minimalis. Sebaliknya ruangan yang luas akan lebih pas dengan sofa yang besar.

Itulah beberapa sofa yang sering diaplikasikan dalam sebuah ruang tamu. Lalu sofa yang mana yang pas untuk ruanng tamu Anda, tentu saja Anda lebih memahaminya menurut uraian di atas. Ketika sebuah sofa sudah Anda aplikasikan dalam sebuah ruangan, baik ruang tamu maupun ruang keluarga, yang lebih penting berikutnya yaitu perawatan dari sofa tersebut.
Perawatan sofa ini penting alasannya yaitu semewah apapun sofa yang Anda punyai, jikalau tidak dirawat dengan baik sofa tersebut tidak akan menawarkan kenyamanan pada Anda. Baik alasannya yaitu anyir maupun kekotorannya.

Demikian artikel tentang Kenali Jenis-jenis Sofa Rumah Minimalis Anda. Semoga bermanfaat…jika anda berkenan silahkan dibagikan…

(disarikan dari interdesain. com)

Bagikan Ke

Related Posts

Previous
Next Post »