3 Cara Kredit Rumah tanpa Down Payment


Sahabat Rumah, Walaupun downpayment (DP) alias pembeyaran dimuka dalam kredit kepemilikan rumah (KPR) merupakan hal yang utama, Umumnya calon pembeli rumah yang tidak mampu menyiapkan DP KPR dengan mudah. Alasannya ada banyak, mulai dari sulitnya mengumpulkan uang cash untuk DP, alasannya adalah DP KPR Rumah yang dipersyaratkan oleh Bank bisa mencapai 30 persen dari harga total rumah.

3 Cara Kredit Rumah tanpa Down Payment
Rumah Developer

Sebagai Contoh saja Bambang, 45 tahun, mulai merasa pesimistis untuk mampu mencicil rumah dikarenakan tidak mempunyai uang muka yang cukup. Pria yang bekerja sebagai manajer sebuah Café ini menganggap seharusnya bank mampu memberi support KPR  tanpa harus memberatkan calon nasabahnya dengan uang muka.


Yang niscaya Bambang tidak sendiri. Ada ribuan orang mirip Bambang yang dewasa ini sedang berjuang untuk mempunyai rumah tapi tidak punya modal awal yaitu DP.

Sebenarnya Bambang tidak usah mengalami kegalauan. Ada 3 Cara untuk membeli rumah tanpa membayar DP. Perlu diakui strategi-strategi itu masih harus dipertimbangkan secara masak biar kau tidak salah langkah.

Berikut beberapa cara kredit rumah tanpa DP:

Promosi dari Developer Perumahan

Apakah anda rajin mengunjungi bazar rumah atau promosi rumah di mal atau sentra perbelanjaan? Nah, cari informasi tentang rumah yang dijual tanpa menggunakan DP.

Umumnya rumah tanpa DP menjadi cara developer perumahan berpromosi dalam rangka meningkatkan penjualan rumah mereka. Jika anda beruntung, selain tanpa DP, para developer ini juga sering membebaskan usernya dari biaya KPR.

Promosi rumah tanpa DP ini umumnya dilakukan developer perumahan kecil yang berharap uangnya mampu cepat diputar kembali atau dengan kata lain adalah agar rumahnya cepat laku.

tetapi anda harus hati-hati dan harus mengenal developer perumahan dengan baik. Jangan sampai anda berhubungan dengan developer yang yang tidak bonafid

Menaikkan Patokan Harga Rumah

Sahabat Rumah, Anda dapat saja bekerja sama dengan developer dengan menaikkan patokan harga rumah dan kemudian mengajukan cicilannya ke bank penyalur KPR. Cara ini cukup efektif alasannya adalah anda tetap akan membayar semua angsuran kepada bank, tanpa harus membayar DP. Adapun pihak developer tidak mengalami kerugian apapun.

Suatu misal, sebuah rumah dijual dengan harga Rp200.000.000 dengan DP 30 persen. Maka pihak developer akan mengeluarkan harga penawaran sebesar  Rp260.000.000.

Pihak bank akan membayar 70 persen dari Rp 260.000.000 yakni Rp 200.000.000 yang merupakan harga total rumah. Nah, kau berarti tidak perlu membayar DP.

Untuk hal ini koordinasi dengan pihak developer sangat dibutuhkan. Umumnya pihak developer akan membantu alasannya mereka ingin rumahnya cepat laku. Selain itu cara ini bisa diterima karena setiap rumah mempunyai harga yang berbeda-beda meskipun berada di lokasi yang sama.

Program Diskon Khusus Penjualan Rumah

Sahabat Rumah, Cara ini meminta penggalan harga rumah yang anda minati pada developer. Kalau penggalan harganya mencapai 30 persen dari harga jual, itu berarti anda hanya perlu mengajukan permohonan kredit ke bank penyalur KPR untuk pembayaran sisa dari harga rumah.

Tetapi jikalau harga penggalan tidak menjangkau 30 persen, anda tetap mempunyai keuntungan yaitu anda dapat mencari sisa uang untuk pengganti DP. hal tersebut tentu tidak terlalu berat bukan?


Tentu saja cara ini lagi-lagi membutuhkan kolaborasi dengan pihak developer. umumnya rumah dengan penggalan harga dapat anda jumpai dalam bazar perumahan dikarenakan ketatnya persaingan antar developer perumahan.

Demikian cara kredit rumah tanpa uang muka. Semoga menambah wawasan anda. Silahkan artikel ini anda bagikan ke media social anda jika anda rasa dapat memberi manfaat bagi orang lain

Berlangganan Update Artikel Rumahku Istanaku Gratis: