Advertisement

Hal Hal Yang Penting Dalam Merencanakan Dapur Rumah Minimalis Anda


Sahabat rumah, Memilih desain dan nuansa yang cocok untuk dapur di rumah anda (baik rumah tapak maupun apartemen) umumnya bukanlah hal yang gampang, apalagi secara umum rumah di Indonesia mempunyai dimensi rumah yang relatif terbatas untuk dapur. Secara umum dapur yang dimiliki mempunyai luas antara 10-12 meter persegi, malah kebanyakan dapur standar Rumah Di Indonesia hanya seluas 6 meter persegi saja. Simak panduan berikut ini untuk menentukan elemen rancangan dapur impian anda:

Model dapur seperti apa yang sebaiknya saya pilih?

Model Kitchen counter:
Hal Hal Yang Penting Dalam Merencanakan Dapur Rumah Minimalis Anda
model kitchen counter

Desain model ini dibuat sedemikian rupa agar seluruh anggota keluarga dapat duduk bersama dan makan. Desain model ini bisa mengakrabkan dan menciptakan keguyuban antar anggota keluarga karena dapat berbincang bincang saat makan bersama dalam satu  meja.


Model Bar Counter :
Hal Hal Yang Penting Dalam Merencanakan Dapur Rumah Minimalis Anda
Model Bar Counter

Model semacam ini memisahkan Ruang untuk makan namun bagian atas dari ruangan ini kosong dan anda dapat menempatkan makanan dan minuman dari counter seperti layaknya bar.
 




Model Kitchen Island:
Hal Hal Yang Penting Dalam Merencanakan Dapur Rumah Minimalis Anda
Model Kitchen Island

Model Dapur ini memisahkan sepenuhnya antara ruang untuk Cooking dan ruangan untuk makan. Apabila anda sering merasa terganggu dengan bau masakan yang tertinggal di dalam ruangan maka model dapur seperti ini cocok untuk anda.   


Tipikal dapur seperti apa yang cocok untuk rumah saya?  

Tipikal Dapur Linier: 

Tipikal Dapur Linier umum anda temukan di rumah manapun. pilihan yang paling sering dilakukan adalah membeli dapur jadi dan mengaplikasikannya di rumah, cara ini memungkinkan anda untuk menghemat dana dan waktu 

Tipikal Kitchen Island:

Tipikal ini Banyak alternatif murah seperti tipe linear. Dapur tipikal ini dewasa ini sebanyak diminati, tetapi dapur tipikal ini juga membutuhkan sedikit  antar ruang lebih untuk menempatkan satu furnitur dengan lainnya. 

Tipikal Dapur berbentuk L:

Hal Hal Yang Penting Dalam Merencanakan Dapur Rumah Minimalis Anda
Dapur Model L

Tipikal Dapur ini Pas untuk dapur yang berada di sudut ruangan, stabil dan memungkinkan ruang gerak lebih untuk melakukan cooking. Selain itu, umumnya harganya terjangkau. 

Tipikal Dapur berbentuk U:

Hal Hal Yang Penting Dalam Merencanakan Dapur Rumah Minimalis Anda
Dapur Model U

Tipikal dapur ini apabila dilihat dari atas bentuknya mirip huruf U. secara harga cukup mahal tetapi tipikal dapur ini mampu mengakomodir ruang lebih untuk peralatan dapur dan mempermudah akses ke peralatan anda saat proses cooking. pas bagi anda yang hobi memasak.       


Material dasar apa yang sebaiknya saya gunakan untuk meja dapur?  

Material Bahan Kayu
Material jenis ini salah satu yang paling digemari karena terjangkau dan memberikan tampilan unik. Sayangnya jika terkena noda dan air membuatnya kurang tahan lama dibandingkan bahan lain, selain itu perawatannya juga cukup rumit

Material Bahan Marmer 

Material jenis ini harganya umumnya cukup mahal, namun ada harga ada rupa. Bahan Marmer lebih mudah dilakukan pembersihan serta mudah dirawat, selain itu material jenis ini pun lebih tahan lama. Kekurangannya hanya cukup susah dibersihkan jika terkena noda.   

Material bahan Granit  

Mempunyai ciri mirip dengan bahan marmer.  

Material Bahan Keramik  

Material jenis ini bisa diaplikasikan sebagai alas apabila anda menggunakan bahan beton sebagai dasar. Harganya pun murah dan perawatannya pun mudah, motifnya pun beranekaragam. tetapi pemasangannya harus hati-hati, jika tidak akan mudah retak dalam jangka waktu yang tidak lama.

Material Bahan Kaca 

Material jenis ini umumnya digunakan sebagai pelapis bahan kayu sehingga lebih mudah dirawat. Sayangnya bahan material kaca itu sendiri mudah retak dan pecah baik karena benturan maupun karena terpapar panas dan dingin.  

Material bahan Stainless steel 
Material Jenis ini Murah dan mudah dibersihkan daripada bahan marmer atau bahan granit, namun biaya pengaplikasiannya tidak murah. Merupakan konduktor panas yang baik, minusnya mudah rusak karena mudah penyok.  
 

Material bahan Beton  

Material jenis ini secara umum digunakan sebagai material alternatif murah, walaupun tidak secantik bahan material lainnya tetapi beton mempunyai gaya tersendiri. Permukaannya dapat dibuat mulus, tetapi beton bisa juga retak terutama jika sering terpapar suhu tinggi secara langsung.   

Material Bahan Laminasi   

Material jenis ini juga sering jadi alternatif yang digemari karena relatif murah dan motifnya beragam.Bahan  Laminasi pada dasarnya merupakan plastik tebal, gunanya untuk melapisi meja dapur.          

Bagaimana cara memaksimalkan fungsi meja dapur?

Pengelompokan peralatan dapur berdasarkan fungsinya 

Langkah ini akan mempermudah anda untuk menyeleksi peralatan agar tidak berantakan dan tercampur. Anda tidak akan lagi bingung mencari peralatan yang akan anda gunakan, selain itu anda juga akan menghemat waktu karena anda tidak perlu lagi kebingungan meletakkan peralatan dapur.

Manfaatkan area backsplash untuk meletakkan peralatan dapur 

langkah tersebut sangat bermanfaat apabila anda mempunyai area kerja atau tempat penyimpanan terbatas di dapur. Anda bisa melakukan cooking dengan lebih longgar karena area kerja dapat digunakan secara maksimal tanpa peralatan yang berserakan. Peralatan dapur yang dapat ditempatkan di backsplash misalnya pisau dapur (dapat juga dengan menambahkan strip magnet), sendok sup dan. sendok kayu 

Optimalkan kabinet dapur dan laci 

toples kecil yang sama untuk bumbu masak yang pas ditaruh dan mudah diatur di dalam laci misalnya, akan mempermudah anda untuk mengatur kebersihan dan kerapian dapur anda. 

Aplikasikan kreatifitas anda

Sahabat Rumah, sesungguhnya Banyak benda yang tempatnya bukan di dapur dapat menjadi benda yang cantik dan bermanfaat di dapur. Contohnya cat papan tulis (blackboard paint) bisa diaplikasikan menjadi hiasan cantik dan multifungsi yaitu anda dapat menuliskan menu makan malam untuk hari ini.  

Luasan Dapur saya minim, bagaimana cara mengatasinya?    

Aplikasikan furnitur multifungsi  

Karena secara umum dapur di rumah Indonesia memiliki dimensi cukup minim, penting adanya untuk mengaplikasikan furnitur yang mempunyai banyak fungsi sekaligus. Selain untuk menghemat ruangan, furniture multifungsi juga akan mempermudah anda untuk menjaga kebersihannya.   dan kerapiannya

Manfaatkan setiap sudut sebagai tempat penyimpanan
 
Apabila memang sudut tersebut terlalu sempit bahkan untuk rak kecil sekalipun, maka anda bisa memanfaatkan ruang tersebut untuk bangku pendek atau model tempat untuk duduk dimana anda dapat beristirahat sembari menunggu masakan matang.   

Sebagai Tambahan Info tentang harga, Gambar dan bentuk dapur rumah ada di => Jenis dan Harga Kitchen Set

(disarikan dari homify. com)

Demikian artikel Hal Hal Yang Penting Dalam Merencanakan Dapur Rumah Minimalis Anda Semoga menambah wawasan anda. silahkan anda bagikan jika anda rasa bermanfaat bagi orang lain. silahkan jug abaca artikel dibawah ini untuk menambah wawasan anda. Trims

Berlangganan Artikel Rumahku Istanaku Gratis Kirim Ke Email: