2 Syarat Mengurus IMB Bangunan atau Rumah Minimalis anda


Sahabat Rumah, Mendengar istilah Izin Mendirikan Bangunan ataupun biasa diketahui dengan sebutan IMB pasti tidak asing lagi bagi kita, spesialnya Anda yang sedang dalam proses mendirikan rumah tinggal ataupun bangunan yang lain. Akan namun, pada kenyataannya masih banyak orang – dan mungkin salah satuya merupakan kita – yang belum tahu dan paham mengenai gimana cara mengurus IMB. Akhirnya, memakai jasa pihak ketiga menjadi pilihan terakhir untuk mampu membantu menyelesaikan pengurusan IMB. 

Lalu, apa sih sesungguhnya IMB itu? 


2 Syarat Mengurus IMB Bangunan atau Rumah Minimalis anda
Ijin Mendirikan Bangunan

IMB sendiri sesungguhnya merupakan perizinan yang harus diurus saat akan membangun, melaksanakan perluasan, mengganti, kurangi ataupun mengasuh bangunan. IMB biasanya dikeluarkan oleh pemerintah wilayah. Mengurus IMB itu penting. Memiliki IMB itu wajib. Kenapa? Pertama, karena IMB telah diatur dalam peraturan perundang-undangan. Kedua, dengan memiliki IMB, kita jadi tahu data akan rencana peruntukan lahan yang akan kita bangun. Ketiga, IMB adalah sebuah bukti bahwa bangunan yang kita dirikan itu aman dan sesuai dengan peruntukan lahan yang ditetapkan pemerintah. Keempat, IMB menjadi salah satu prasyarat bagi kita untuk mendapatkan pelayanan umum seperti listrik, air, telepon, dan juga gas. Kelima, bangunan ber-IMB pasti memiliki nilai jual yang lebih besar. tidak hanya itu, tanpa memiliki IMB, kita mampu terkena sanksi. resiko terburuknya merupakan adanya pembongkaran bangunan. Tentu Anda tidak mau berhasil hal itu terjalin pada bangunan Anda bukan? 


Berikut kami akan menjabarkan prosedur pengurusan IMB.

 1. memenuhi persyaratan dokumen administrasi

Beberapa ketentuan dokumen administrasi yang dibutuhkan saat akan mengajukan permohonan IMB antara lain merupakan sebagai berikut.

Data pemohon, yang terdiri atas:

  • Formulir data pemohon yang berisi nama pemohon, alamat pemohon, dan status hak atas tanah.
  • Dokumen bukti diri pemohon, berbentuk fotocopi KTP ataupun bukti diri yang lain dan tulisan kuasa dari pemilik bangunan apabila yang mengajukan permohonan bukan pemiik bangunan.
  • Data tanah, yang terdiri atas:
  • ciri bukti status kepemilikan hak atas tanah ataupun perjanjian pemanfaatan tanah
  • Data kondisi/suasana tanah (letak/posisi dan topografi)
  • tulisan statment bahwa tanah tidak dalam status sengketa
  • tulisan pemberitahuan pajak terhutang bumi dan bangunan (SPPT–PBB) tahun berkenaan.
  • Dokumen analisis mengenai akibat dan kendala terhadap lingkungan ataupun upaya pemantauan lingkungan (UPL)/upaya pengelolaan lingkungan (UKL) bagi yang terkena kewajiban.

 2. memenuhi persyaratan dokumen rencana teknis

Syarat-syarat dokumen rencana teknis yang diartikan merupakan data umum bangunan gedung dan gambar-gambar rancangan, mulai dari gambar rencana arsitektur bangunan, sistem struktur, sistem utilitas, dan sebagainya. Hal ini akan disesuaikan dengan klasifikasi bangunan anda, apakah rumah tinggal ataupun yang lain.

Untuk rumah di bawah 500 m2, pengurusan IMB mampu dilakukan di kecamatan, dengan datang ke loket Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Apabila Anda belum memiliki dokumen teknis seperti gambar arsitektur bangunan, maka petugas akan datang ke rumah anda untuk membantu membuatkan gambar denah.

Dokumen-dokumen tersebut akan ditilik dan dievaluasi oleh pihak pemerintah wilayah, dalam hal ini bupati/walikota. Lama pengecekan dan penilaian merupakan 7-14 hari kerja, tergantung dari kompleksitas bangunan.
Selanjutnya, Anda membayarkan retribusi IMB sesuai yang telah ditetapkan dalam hasil penilaian. 

bila sudah, ciri bukti pembayaran retribusi IMB diserahkan kepada pihak pemerintah wilayah. 

sehabis semua proses dijalankan, maka pemerintah wilayah akan menerbitkan permohonan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dengan waktu paling lama 7 hari kerja terhitung sejak ciri bukti pembayaran retribusi IMB diterima. 

yah, gimana? Mengurus IMB tidak sulit bukan? Jadi, kalau bangunan Anda tercantum yang belum memiliki IMB, mari lekas mengurus IMB bangunan anda. 

(disarikan dari https:// www. arsitag. com/article/cara-mengurus-imb)
Jangan Lupa SHARE YA....

Berlangganan Update Artikel Rumahku Istanaku Gratis: