Advertisement

Perhitungan Biaya Pembangunan Rumah Minimalis per meter persegi


Sahabat Rumah, Sebelum membangun rumah minimalis terlebih dahulu kita bertanya berapakah ditaksir biaya yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut, dengan mengenali ditaksir harga rumah maka mampu disiapkan biaya sebelum memulai pembangunan serta sesuai kebutuhan, rencana anggaran biaya ini juga dibutuhkan untuk membuat kontrak kerja konstruksi bila rumah dikerjakan dengan sistem borongan. 

Perhitungan Biaya Pembangunan Rumah Minimalis per meter persegi
Perhitungan Biaya Pembangunan Rumah Minimalis per meter persegi

Lalu bagaimanakah cara menghitung biaya bangun rumah per meter persegi? Berikut ini penjelasan tentang gimana menghitung biaya membangun rumah yang kita rencanakan dengan memakai sistem meter persegi bangunan.

Cara menghitung biaya membangun rumah per meter persegi

Biaya membangun rumah mampu dihitung berdasarkan harga per m2 lantai bangunan, cara ini adalah cara kilat menghitung biaya bangun rumah namun memiliki tingkatan ketelitian yang belum mampu diyakinkan sesuai dengan harga pekerjaan sesungguhnya. 

Harga bangunan per m2 bermacam-macam sesuai posisi pembangunan dan mutu bangunan yang akan dibentuk, untuk rumah tinggal berkisar antara Rp. 1. 000. 000, 00 sampai dengan Rp. 3. 500. 000, 00. 

semisal kita akan membangun rumah simpel 1 lantai dengan dimensi 6 meter x 10 meter pada tanah persegi panjang dengan dimensi 6 meter x 15 meter, rumah ini dibentuk pada suatu wilayah, dengan data ini maka kita mampu menghitung ditaksir biaya bangunan yang dibutuhkan untuk membangun rumah tersebut.


Luas rumah = 6m x 10m = 60 m2. (pada rumah bertingkat dihitung luas masing-masing lantai lalu dijumlahkan keseluruhan luas meter perseginya)

Harga bangunan per m2 = Rp. 2. 000. 000, 00. (harga ini hanya sebagai contoh, diambil rata-rata saja, biaya per m2 berbeda masing-masing wilayah dan kapan waktu pembangunan berlangsung) 

Rencana anggaran biaya rumah = Luas rumah x harga bangunan = 60 m2 x Rp. 2. 000. 000, 00 = Rp. 120. 000. 000, 00

Dari perhitungan biaya rumah diatas mampu kita perkirakan bahwa untuk membangun rumah dengan dimensi 6m x 10m ini membutuhkan biaya sekitar Rp. 120. 000. 000, 00. Untuk dimensi bangunan yang lain mampu disesuaikan dengan luasan bangunan dan harga per meter persegi bangunan sesuai dengan spesifikasi bangunan dan wilayah dimana posisi pembangunan dilakukan. 


tidak hanya cara menghitung biaya bangun rumah ataupun rencana anggaran biaya bangunan per meter persegi terdapat cara lain yang lebih cermat namun juga dibutuhkan kesabaran dan ketilitian sampai-sampai didapatkan hasil perhitungan yang mendekati kebenaran semisal dengan memakai analisa harga satuan pekerjaan ataupun volume pekerjaan dikalikan harga satuan, dari masing-masing harga per item pekerjaan tersebut setelah itu direkap kedalam keseluruhan rencana anggaran biaya untuk satu rumah secara utuh, untuk cara menghitung biaya bangun rumah dengan memakai analisa harga satuan ini mampu dilihat pada informasi tentang rencana anggaran biaya bangunan.

Demikian pembahasan Artikel tentang Cara Menghitung Biaya Pembangunan Rumah Minimalis per meter persegi Semoga Menambah Wawasan Anda..

Jangan Lupa SHARE YA…

Berlangganan Update Artikel Rumahku Istanaku Gratis: